Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Mild
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan apakah keputusan pembelian konsumen rokok Sampoerna A Mild terpengaruhi oleh bauran pemasaran yang rokok Sampoerna A Mild lakukan. Permasalahan tersebut didasari dengan Peraturan Pemerintah nomor 109 tahun 2012 (PP No 109 Th 2012) tentang pengamanan bahan yang mengandung zat adiktif berupa produk tembakau bagi kesehatan dalam usahanya untuk mengurangi konsumsi rokok di Indonesia. Tetapi, meskipun pemerintah menetapkan peraturan untuk membatasi rokok, rokok Sampoerna A Mild bisa menjadi penguasa pangsa industri rokok di Indonesia berdasarkan laporan keuangan mereka dari tahun 2007 sampai tahun 2015. Di Kota Bandung, pada tahun 2016, hampir 30% pangsa pasar rokok Mild dikuasai oleh Sampoerna A Mild. Metode penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perokok aktif di Bandung. Jumlah sampel yang didapat adalah 100. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Rokok Sampoerna A Mild mempunyai kekuatan dalam bauran pemasaran di sub-variabel tempat. Dengan begitu, dapat diketahui bahwa konsumen dapat dengan mudah mengakses rokok Sampoerna A Mild. Rokok Sampoerna A Mild memiliki kelemahan didalam harga dimana konsumen tidak dapat menjangkau harga dari rokok Sampoerna A Mild dikarenakan harga rokok sendiri memang telah diatur oleh peraturan pemerintah. Konsumen lebih terpengaruh dalam memutuskan untuk membeli karena produk rokok Sampoerna A Mild yang terkenal akan kualitasnya dan mudahnya tempat untuk mengakses pembelian.
Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian
ABSTRACT
This research is motivated by whether the consumer purchase decision Sampoerna A Mild cigarette marketing mix are affected by what Sampoerna A Mild do. Those problems constituted with Government Regulation No. 109 of 2012 (PP No. 109 Th 2012) on securing material containing addictive substances such as tobacco products for health in their efforts to reduce tobacco consumption in Indonesia. But, despite the government set rules to restrict smoking, Sampoerna A Mild cigarette could be the ruler of the share of tobacco industry in Indonesia based on their financial statements from 2007 to 2015. In Bandung, in 2016, nearly 30% cigarette Mild market share held by Sampoerna A Mild. The method used in this research is quantitative method. The population in this study were active smokers in Bandung. The number of samples is 100. The samples obtained in this study using nonprobability sampling using purposive sampling technique. Data were analyzed using descriptive analysis and multiple linear regression analysis. Sampoerna A Mild cigarettes have strength in the marketing mix in a sub-variables. By doing so, it can be seen that the consumer can easily access the Sampoerna A Mild cigarettes. Sampoerna A Mild cigarettes have a weakness in the price consumers can not reach the price of Sampoerna A Mild cigarette smoking because the price itself is already regulated by government regulations. Consumers are more influenced in deciding to buy as Sampoerna A Mild cigarette products renowned for their quality and how easy it is to access your purchase..
Keywords: Marketing mix, Purchasing decisions
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Dio. 2016. 30 persen warga Bandung Perokok. http://www.tcsc-indonesia.org/30-persen-warga-bandung-perokok/
Herliyani. 2016. Perokok aktif di Kota Bandung capai 33,4% dari jumlah penduduk. http://www.galamedianews.com/index.php?menu=bandung-raya&id=25101&judul=walah-perokok-aktif-di-kota-bandung-capai-334-persen-dari-jumlah-penduduk
Koestanti, Erika Dwi. (2015). Faktor-faktor Bauran Pemasaran, yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Untuk Membeli Produk Kosmetik Oriflame. ISSN : 2355-0295
Kotler, Philip & Armstrong, Gary. (2014). Principles of Marketing (Global Edition, 15th ed). England : Published by Pearson Education
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing Management (15e). Harlow : Pearson
Madhalena, Ellen. (2016). Pengaruh Event Marketing Terhadap Brand Image Rokok Djarum Super Mild PT. Djarum. ISSN: 2355-0295, e-ISSN: 2528-2255
Say, Michael Reza. 2016. Sampoerna Melaporkan Hasil yang Solid pada Kuartal ke 3. http://www.sampoerna.com/id_id/media_center/press_releases/Pages/Sampoerna-Melaporkan-Hasil-Yang-Solid-pada-Kuartal-ke-3.aspx
Schiffman, Leon & Kanuk, Leslie Lazar. (2008). Perilaku Konsumen (Edisi Tujuh). Jakarta : PT Indeks
Sultan, Rahmayanti. (2014). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ponsel Pintar Samsung (Studi kasus pada mahasiswa di Kota Makassar)
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung : Alfabeta
Sunyoto, Danang. (2015). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : CAPS
Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta : ANDI
Indonesia. Data dan Informasi PT. Sampoerna Tbk. (2015). Laporan Tahunan 2005 sampai dengan 2015. Retrieved from:
http://www.sampoerna.com/id_id/investor_information/disclosures_and_reports/pages/annual_reports.aspx (diakses 10 September 2016)
Indonesia. Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. (2014). Perilaku Merokok Masyarakat Indonesia Berdasarkan Riskesdas 2007 dan 2013. Retrieved from: http://www.depkes.go.id/resources/download/pusdatin/infodatin/infodatin-hari-tanpa-tembakau-sedunia.pdf
Herliyani. 2016. Perokok aktif di Kota Bandung capai 33,4% dari jumlah penduduk. http://www.galamedianews.com/index.php?menu=bandung-raya&id=25101&judul=walah-perokok-aktif-di-kota-bandung-capai-334-persen-dari-jumlah-penduduk
Peraturan Pemerintah Nomor 109 Tahun 2012 (PP No. 109 Th 2012)
DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v1i2.1332
Copyright (c) 2017 Fazza Ilham Fachriza, Nadya Moeliono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932
-----------------------
Indexed by:
![]() | ![]() | ![]() | ![]() | |
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License