MAKNA TANDA NOVELA ANTOINE DE SAINT-EXUPÉRY

Angga Intueri Mahendra

Abstract


ABSTRACT

The work of fiction has many signs and meanings are different for each reader. Signs could reflect what might happen in real life, such as the about communication. Similarly as novella titled The Little Prince by Antoine de Saint-Exupéry which have a lot of interpretations. As a result of the extensive interpretation, a lot of readers do not understand what the thing to be conveyed by the author. Therefore, this study looked for signs that confuse the reader and interpret it using semiotics by Charles Sanders Peirce. The study also outlines the signs associated with intrapersonal and interpersonal communication in real life, especially studied of Symbolic Interaction Theory and Coordinated Management of Meaning.

 

ABSTRAKS

Karya fiksi memiliki banyak tanda dan makna yang berbeda untuk setiap pembaca. Tanda dapat mencerminkan apa yang mungkin terjadi dalam kehidupan nyata, seperti tentang komunikasi. Demikian seperti novella berjudul The Little Prince karya Antoine de Saint-Exupéry yang memiliki banyak interpretasi. Sebagai hasil dari interpretasi yang luas, banyak pembaca tidak mengerti apa hal yang ingin disampaikan oleh penulis. Oleh karena itu, penelitian ini mencari tanda-tanda yang membingungkan pembaca dan menafsirkannya menggunakan semiotika oleh Charles Sanders Peirce. Studi ini juga menguraikan tanda-tanda yang terkait dengan komunikasi intrapersonal dan interpersonal dalam kehidupan nyata, terutama yang dipelajari tentang Teori Interaksi Simbolik dan Manajemen makna terkoordinasi.


Full Text:

PDF

References


Books:

de Saint-Exupéry, Antoine (2011). Le Ptit Prince: Pangeran Cilik. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

DeVito, Joseph A (2011). Komunikasi Antarmanusia. Tangerang. Karisma Publishing Group.

Kriyantono, Rachmat (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Ruben, Brent D., Lea P. Stewart (2014). Komunikasi dan Perilaku Manusia. Depok. Rajagrafindo Persada.

Santosa, Puji (2013). Ancangan Semiotika dan Pengkajian Susastra. Bandung. Angkasa.

Sobur, Alex (2013). Semiotika Komunikasi. Edisi Pertama. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Sobur, Alex (2015). Analisis Teks Media. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Book chapter:

Ardial, H (2014). Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi. Jakarta. Bumi Aksara.

Bajari, Atwar (2015). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung. Simbiosa Rekatama Media.

Ricoeur, Paul (2014). Teori Interpretasi: Membelah Makna dalam Anatomi Teks. Yogyakarta. IRCiSoD.

Ruliana, Poppy (2014). Komunikasi Organisasi: Teori dan Studi Kasus. Depok. Rajagrafindo Persada.

Vera, Nawiroh (2014). Semiotika dalam Riset Komunikasi. Bogor. Ghalia Indonesia.

Wibowo, Indiwan Seto Wahyu (2013). Semiotika Komunikasi: Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Jakarta. Mitra Wacana Media.




DOI: https://doi.org/10.31294/jc.v21i1.9712

ISSN: 2579-3314

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License