PENGEMBANGAN PROGRAM BIMBINGAN MENGGUNAKAN TEKNIK SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI MAHASISWA YANG MEMILIKI KECENDERUNGAN ADIKSI JEJARING SOSIAL

Fanny Septiany Rahayu

Abstract


Penelitian dilatarbelakangi sebuah fenomena yang dialami oleh mahasiswa berupa rendahnya komunikasi interpersonal. Oleh sebab itu, permasalahan utama yang menjadi fokus kajian penelitian adalah efektifitas teknik sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desainpenelitian nonequivalent pretest-postest control group design. Sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan subjek penelitian mahasiswa Semester 6 Prodi PGSD FKIP UMC Tahun Akademik 2018-2019. Data yang digunakan dikumpulkan melalui instrumen nontes berupa angket model Likert. Data dianalisis dengan teknik membandingkan antara skor tes awal (pretest) dan tes akhir (postest). Teknik analisis data menggunakan rumus uji-t untuk mengukur uji beda dua rata-rata berpasangan. Penelitian ini secara umummenunjukkan hasil teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal dan mengurangi kecenderungan adiksi jejaring sosialmahasiswa Semester 6 Prodi PGSD FKIP UMC Tahun Akademik 2018-2019 yang berada pada kategori rendah. Adapun rekomendasi hasil penelitian ini ditujukan kepada peneliti selanjutnya agar dapat mengontrol kondisi-kondisi lain yang turut mempengaruhi komunikasi interpersonal sehingga mahasiswa dapat memiliki keterampilan komunikasi interpersonal secara utuh.

Full Text:

PDF

References


Cam, E dan Isbulan, O (2012).A new adiction for teacher candidafest network.TOJET The Turkish Online Journal of Educational Technology. 11, (3), 14-19.

Creswell, W. Jhon. (2012). Educational research: Planning, conducting,and quantitative and qualitative researh (third edition). New Jersey. Pearson Prentice Hall.

Eckloff, (2006).Using sociodrama to improve communication and understanding.Journal jstor Vol. 63, No. 3 (July 2006), pp. 259-269.Online http://www.jstor.org/stable/42579879.

Griffiths MD. (2013).Social networking addiction: emerging themes and issues. J Addict Res Ther 4: e118. doi: 10.4172/2155-6105.1000e11

Hamid, I. (2018). Penerapan Teknik Sosiodrama Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMK Negeri 8 Makassar.Jurnal Mimbar Kesejahteraan Sosial, Edisi I, November 2018. 1-19.

Hartley, P (2001). Interpersonal comuunication.London and New York.Rountledge.

Hwang, Y. (2014). Antecedents of interpersonal communication motives on twitter, hlm. Loneliness and life satisfaction international. Journal of Cyber Society and Education , Vol. 7, No. 1 Pages 49-70

Kellermen, Peter Felix. (2007). Sociodrama and collective trauma.Jurnal of personality and social psychology.London .Jessica Kingsley Publishers.

Marjorsy, dkk. (2013). Hubungan antara ketrampilan sosial dan kecanduan situs jejaring sosial pada masa dewasa awal. Proceeding PESAT (Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur& Teknik Sipil) Vol. 5 Oktober 2013. Bandung, ISSN: 1858-2559.

Natawidjaja, Rochman. (1987). Pendekatan-pendekatan dalam Penyuluhan Kelompok I. Bandung: CV. Diponegoro.

Nurhayati, Rika. (2011). Teknik sosiodrama untuk mengurangi konformitas berlebihan pada siswa.Skripsi.pada UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Suranto.(2011). Komunikasi interpersonal. Bandung. Remaja Rosdakarya

Winkel, W S. (2012).Bimbingan dan konseling di insituisi pendidikan. Yogyakarta:Media Abadi.

Wisnuwardhani dan Mashoedi.(2012). Hubungan interpersonal. Jakarta. Salemba Humanika




DOI: https://doi.org/10.31294/jc.v19i2.5697

ISSN: 2579-3314

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License