Pemanfaatan Aplikasi VN sebagai Media Pembelajaran IPS di Jenjang Sekolah Dasar

Adam Mudinillah, Melisa Rezi, Wita Vricela

Abstract


Berdasarkan hasil penelitian yang saya lakukan  pemanfaatan media pembelajaran berbasis video menggunakan aplikasi VN editor ini memiliki dampak positif dalam proses pembelajaran di jenjang sekolah dasar. berdasarkan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi VN sangat bermanfaat dalam proses belajar peserta didik di jenjang sekolah dasar. Terkhusus dalam penelitian ini pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial ini dapat dirasakan pemanfaatan ketika mnggunakan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan serta menciptakan motivasi bagi peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran. Media pembelajaran yang berbasis video yang menampilkan beragam gambar yang didukung dengan suara penjelasan dan nada musik yang mengiringi video. Kelebihan yang dapat dimanfaatkan dari aplikasi VN ini pada proses pembelajaran mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial seperti, menambah motivasi peserta didik dalam memahami materi, karena didukung dengan gambar animasi yang menarik. Dalam proses penilaian secara langsung guru mengamati adanya perubahan positif. Dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitaif.


Full Text:

PDF

References


Agustini, K., & Ngarti, J. G. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model R & D. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(April 2020), 62–78. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/18403/14752

Agustiningsih. (2013). “ video"sebagai alternatif media pembelajaran dalam rangka keberhasilan penerapan kuikulum 2013 di sekolah dasar Agustiningsih 8. 4, 55–68.

Ardi, R. F. P., Purmadi, A., Wibawa, R., Maulachela, A. B., Juliansyah, A., & Kumoro, D. T. (2021). Pemanfaatan Aplikasi VN Untuk Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Telepon Pintar Kepada Guru PAUD/TK Gugus 3 Kota Mataram. Bakti Sekawan, 1(1), 25–28.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Dalyono, B., & Agustina, D. A. (2016). Guru profesional sebagai faktor penentu pendidikan bermutu. Polines, 2, 13–22. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/bangun_rekaprima/article/view/453.

Dek Ngurah Laba Laksana, & Fransiska Wawe. (2015). Using Media Based Local Genius in Science Learning To Improve Learning Activity and Understanding Concept of Elementary School Students. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 27–37. https://doi.org/0000-0003-4695-5403

Desilawati, & Amrizal. (2014). Guru Profesional di Era Global. Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(77), 1–4. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/3415

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Farmawati, E., Ramli, A., & Rahmatullah, R. (2018). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Ekonomi Pada Sma Negeri Di Kota Makassar. JEKPEND: Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 1(2), 23. https://doi.org/10.26858/jekpend.v1i2.7267

Garris Pelangi. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jurnal Sasindo Unpam, Vol 8, No 2, Desember 2020 PEMANFAATAN, 8(2), 79–96.

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs, 1(15), 96–102.

Hapsari, G. P. P., & Zulherman. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.

Haris Budiman. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.

Hikmah, V. N., & Purnamasari, I. (2017). Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar, 4(2), 182–191. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i2.6352

Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2(1), 17–26.

Liliasari, Supriyanti, S., & Hana, M. N. (2016). Students ’ Creative Thinking Enhancement Using Interactive Multimedia of Redox Reaction. Jurnal Pengajaran MIPA, 21, 30–34.

Miftah, M. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Untuk Peningkatan Kualitas Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 2(1), 1. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v2i1.11

Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. (2018). Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah? WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 43. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10939

Mu’ah, M., Suyanto, U. Y., Romadhona, D., Hidayati, N., & Askhar, B. M. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Digital dalam Pembelajaran Interaktif bagi Siswa Sekolah Dasar di Era New Normal. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 1(2), 122–128. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/manage/article/view/3986

Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64–72. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index

Nurwahidah, C. D., Zaharah, Z., & Sina, I. (2021). Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1). https://doi.org/10.31000/rf.v17i1.4168

Qoyimah, N. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Vn Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Smp. J I M P - Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 5(2), 12–18. https://doi.org/10.37438/jimp.v5i2.263

Resmini’, S., Satriani, I., & Rafi, M. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Abdimas Sliwangi, 04(02), 335–343.

Ria. (2019). Aplikasi Pembelajaran Budaya Nusantara Untuk Sekolah Dasar (Sd) Berbasis Android. 2(9), 1689–1699.

Riani, S., Hindun, I., & Krisno Budiyanto, M. A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Bioteknologi Modern Siswa Kelas Xii Sma. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(1), 9–16. https://doi.org/10.22219/jpbi.v1i1.2298

Said, A. A. (2016). Desain Multimedia Pembelajaran. In: Seminar Nasional “Revitalisasi Pendidikan Seni dan Desain Sebagai Basis Pengembangan SDM”, 19 November 2016, Makassar. Repositori Universitas Negeri Makasar, 1–9. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4156

Situmorang, R. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran di Lingkungan Sekolah Dengan Menggunakan Aplikasi Autoplay Terhadap Minat Belajar di SMK 1 Padang Sidimpuan. 1(1), 23–27.

Suhery, S., Putra, T. J., & Jasmalinda, J. (2020). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting Dan Google Classroom Pada Guru Di Sdn 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 129–132. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.90

Susanti, M. D. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Anak Tk. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 646–650. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i2.12358

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113




DOI: https://doi.org/10.31294/jc.v22i1.11546

ISSN: 2579-3314

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License