Pengenalan Bulliying dan Dampaknya Pada Pelaku dan Korban

Ety Nurhayaty, Ade Sri Mulyani

Sari


Akhir-akhir ini, kita di kejutkan kembali dengan maraknya fenomena bullying, baik yang dilakukan di lingkungan masyarakat maupun di lingkungan sekolah, dimana nampaknya para pelaku ini menikmati tindakannya, yang dibuktikan dengan proses perekaman yang seolah-olah kondisinya telah direncanakan dengan baik. Tanpa mereka sadari, bahwa perilaku bullying dapat memberikan dampak jangka pendek dan juga jangka panjang, khususnya bagi korban bully.  

Risiko yang paling berat adalah jika perilaku bully ini menimpa anak-anak, karena mereka akan  lebih berisiko mengalami berbagai masalah kesehatan, baik secara fisik maupun mental seperti kegelisahan, depresi  yang mungkin akan sulit dilupakan sampai mereka dewasa bahkan yang lebih dikhawatirkan adalah tak jarang mereka yang awalnya adalah korban, suatu saat bisa menjadi pelaku, sehingga memiliki efek berantai yang sulit terputus.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini  dilakukan dengan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Kegiatan ini dimulai dari mencari permasalahan yang umumnya terjadi dikalangan peserta, didiskusikan kemudian dirangkai menjadi solusi.

Permasalahan peserta didapat pada saat diskusi kemudian pemecahan masalah

disajikan pada akhir kegiatan. Hasil kegiatan ini  menunjukkan peserta sudah paham akan makna dari bullying, dan dampaknya bagi pelaku maupun korban, sehingga mereka berusaha untuk tidak melakukannya baik terhadap teman di sekolah, di rumah maupun dilingkungan masyarakat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sari, Y. P., & Azwar, W. (2018). Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 10(2), 333–367. https://doi.org/10.24042/ijpmi.v10i2.2366

Shidiqi, M. F., & Suprapti, V. (2013). Pemaknaan Bullying pada Remaja Penindas ( The Bully ). Jurnal Psikologi Kepribadian Dan Sosial, 2(2), 90–98. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-jpksd3ed32a0002full.pdf

Yuyarti. (2018). Mengatasi bullying melalui pendidikan karakter. Jurnal Kreatif, 8(2), 168–173. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/viewFile/16506/8397




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.8013

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i2.8013.g4193

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License