Pemanfaatan Carousell untuk Bisnis Online pada Ibu-Ibu di Sekitar PKBM Ar Rosyid Purwokerto

Anisa Nur Andina, Adita Miranti, Siti Barokah, Arista Apriani Girsang, Rizki Aprilia Nur Afifah

Sari


Berjualan online saat ini telah menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Disamping menghemat waktu, berjualan online juga lebih mudah dan murah. Dikatakan murah karena penjual tidak perlu mempunyai toko fisik yang jelas menghemat biaya untuk sewa ruang, dikatakan mudah karena penjual bisa kapan pun berjualan tanpa terbatas waktu. Carousell merupakan salah satu marketplace yang belum banyak dikenal oleh masyarakat di Indonesia. Dalam hal ini penjualan melalui online sangat diminati oleh masyarakat, disamping mudah juga lebih cepat pada target sasaran. Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di PKBM Ar Rosyid adalah untuk memperkenalkan Carousell kepada ibu-ibu agar bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk berjualan secara online dengan mudah dan cepat. Metode yang digunakan adalah sosialisasi dan pelatihan yang dilakukan oleh tim dosen bersama mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu-ibu di lingkungan Ar Rosyid sangat antusias dalam belajar berjualan online menggunakan Carousell dan sudah merasakan manfaatnya secara langsung. Ada beberapa ibu yang sudah berhasil menjual barang melalui aplikasi Carousell.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Cravens, David. W., dan Piercy, Nigel F. (2013). Strategic Marketing. New York: McGraw-Hill International Edition.

Hasan, Ali. (2010). Marketing dari Mulut ke Mulut. Yogyakarta: Media Pressindo.

Hawkins, Del I., David L. Mothersbaugh, and Roger J. (2007) Best. Consumer Behavior, 10th ed. New York: McGraw-Hill/Irwin.

Jony, Wong. (2010). Internet Marketing for Beginners. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Pearson Prentice Hall, Inc.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education, Inc.

Lovelock, CH., J. Wirtz, dan Jayanta Chatterjee. (2011). Service Marketing: People, Technology, Strategy. USA: Prentice Hall.

Mulyono, F. (2012). Faktor demografis dalam perilaku pembelian impulsif. Jurnal

Administrasi Bisnis, 8(1).

Park,Eun Joo., Eun Young Kim., Judith Cardona Forney. (2005). “A Structural Model of Fashion-Oriented Impulse Buying Behavior”,Journal of Fashion Marketingand Management,Vol.10,No 4, pp.433-446

Shimp, Terence A. (2010). Advertising Promotion and Other Aspects of Integrated Marketing Communication. Canada: Nelso Education, Ltd.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.7149

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.7149.g4609

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License