Optimalisasi Digital Marketing melalui Facebook Ads di Kelurahan Purwanegara

Siti Barokah, Oryz Agnu Dian Wulandari, Mulat Triwinoto Sari, Ivan Fadhil Yuditama

Sari


Saat ini dunia periklanan menggunakan media sosial menjadi salah satu strategi yang dianggap efektif dan efisien untuk melakukan pemasaran secara digital karena dirasa dapat mengurangi anggaran dalam mempublikasikan produk atau jasa. Selain itu, media sosial juga terbukti menjadi media promosi yang ampuh karena interaktif, fleksibel, dan menyajikan fitur-fitur mendukung promosi produk maupun jasa itu sendiri. Salah satu fitur yang ditawarkan oleh Facebook adalah Facebook Ads, yaitu fitur yang ditawarkan oleh Facebook untuk mengiklankan halaman Facebook dengan jangkauan yang dapat ditentukan dan dapat diatur oleh pemasang iklan tersebut. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan dan memotivasi para pegiat bisnis online di Kelurahan Purwanegara dalam memanfaatkan dan mengoptimalkan pemasaran secara digital melalui Facebook Ads. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah dan diskusi menggunakan power point dengan alat bantu LCD proyektor. Luaran yang diharapkan dengan adanya kegiatan pengabdian ini adalah para pegiat bisnis online dapat lebih mengenal dan mengoptimalkan fungsi fitur-fitur yang telah disediakan oleh media sosial Facebook untuk kegiatan promosi bisnis yang sedang digeluti.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifah, L., Najamuddin, M., & Humaeira, B. (2019). Efektivitas Media Promosi Pada Produk Sandwich Goreng Merek Royal Sandwich. Agribusiness Journal, 13(1), 1–17. https://doi.org/10.15408/aj.v13i1.11868

Aprinta, G. (2016). Pemanfaatan Facebook Ads Untuk meningkatkan Brand Awareness pada Produk Lokal. Jurnal The Messenger, 8(1), 68. https://doi.org/10.26623/themessenger.v8i1.310

Asnawi, M., Widiarsih, D., Murialti, N., Darwin, R., Hidayat, M., & Hadi, M. F. (2017). Tingkatkan Omset Dengan Facebook Ads. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 1(1), 67–71. https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i1.38

Asse, Azlam, R., & Ambo. (2018). Strategi Pemasaran Online (Studi Kasus Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank di Makassar). Jurnal Komunikasi, 7(2), 219–231.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran (I dan II). PT. Indeks.

Purwanti, A. E. (2010). Pemanfaatan Facebook Sebagai Sarana Promosi Perpustakaan: Studi Kasus Perpustakaan Forum Indonesia Membaca.

Rahmawati, A. (2017). Education Method of Lectures and Discussionstoward Health Cadre Ability in Early. Jurnal Ilmiah Pemenang, 51–56.

Stanton, W. (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran (3rd ed.). Erlangga.

Taylor, D. G., Lewin, J. E., & Strutton, D. (2011). Friends, fans, and followers: Do ads work on social networks? How gender and age shape receptivity. Journal of Advertising Research, 51(1), 258–275. https://doi.org/10.2501/JAR-51-1-258-275

Waters, R. D., Canfield, R. R., Foster, J. M., & Hardy, E. E. (2011). Applying the dialogic theory to social networking sites: Examining how university health centers convey health messages on Facebook. Journal of Social Marketing, 1(3), 211–227. https://doi.org/10.1108/20426761111170713

Yunus, Ulani, & R. (2017). Advertising & Branding (1st ed.). Edu Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.7085

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.7085.g4608

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License