Pelatihan Pembukuan dan Operasional Koperasi Madrasah Ibtidaiyah Dalam Rangka Perbaikan Kesejahteraan Guru Se-Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang

Yustirania Septiani, Rr Retno Sugiharti, Supanji Setyawan

Sari


Faktor utama keberlangsungan Koperasi Sekolah adalah pengelolaan yang baik. Pengelolaan dalam koperasi sekolah melingkupi pengelolaan dari sisi pengorganisasian baik struktur organisasi maupun keuangan. Program Kemitraan Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pelatihan kepada Guru Madrasah Ibtidaiyah se–Kecamatan Secang yang juga berperan sebagai pengelola Koperasi Sekolah terkait struktur organisasi dalam koperasi sekolah, penggunaan pembukuan menggunakan apliksai serta sirkulasi operasional koperasi sekolah yang baik. Harapannya Madrasah Ibtidaiyah se–Kecamatan Secang yang sudah memiliki koperasi sekolah mampu mengelola koperasi tersebut menjadi lebih terstruktur dan sistematis. Meskipun pada dasarnya tujuan Koperasi Sekolah bertujuan untuk kepentingan pendidikan namun diharapkan pula pada akhirnya keberadaan Koperasi Sekolah akan dapat memberikan kontribusi pada peningkatan kesejahteraan guru sekolah tersebut. Pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat ini dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, tutorial, dan diskusi yang diberikan intensif selama 3 kali pertemuan. Dari kegiatan ini diketahui bahwa rata-rata Koperasi Sekolah yang sudah ada belum berjalan dengan maksimal. Kendala utama yang dihadapi adalah kurangnya sumber daya pengelola koperasi. Terbatasnya jumlah guru di masing-masing sekolah membuat masing-masing guru telah mengemban tugas yang cukup banyak, sehingga pengelolaan koperasi sekolah sering terbengkalai. Namun dengan adanya otomatisasi pembukuan yang disampaikan pada kegiatan ini memudahkan guru sebagai pengelola koperasi sekolah untuk melakukan pencatatan transaksi di koperasi sekolah. Dari hasil evaluasi kegiatan, kegiatan pelatihan ini telah meningkatkan kemampuan pengelola koperasi sekolah dalam hal ini guru dalam melakukan pengelolaan koperasi khususnya dalam hal pembukuan keuangan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Sudarsono dan Edilius. 2008. Manajemen Koperasi Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta.

Sukidjo, Sukidjo; Muhson, Ali; Mustofa, Mustofa. Cooperative Student for Developing Students Character. Jurnal Economia, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 122-134, oct. 2016. ISSN 2460-1152. Available at: . Date accessed: 19 sep. 2019. doi:https://doi.org/10.21831/economia.v12i2.7958. Suryobroto. 2006. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sari, D. (1). Efektivitas Peran Koperasi Sekolah Sebagai Unit Pembelajaran Kewirausahaan Di Smp Negeri 1 Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Economic Education Analysis Journal, 2(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/view/1434

Tjiptono, F dan A. Diana. 2001. Total Quality Management. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 tahun 1992 Pasal 1 dan 3 Tentang Koperasi Indonesia

Widayanti, N. 1992. Dinamika Koperasi. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Umum.

Zubaidah. 2007. Manajemen Syariah Koperasi. Disampaikan dalam Pelatihan Manajemen Bisnis untuk Ikatan Pengusaha Aisyiyah (IPAS) yang Diselenggarakan oleh Majelis




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i1.6534

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i1.6534.g3760

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License