Penggunaan Sastra Lingkungan Untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah Peduli Lingkungan

R. Agus Budiharto, Tjitra Ramadani

Sari


Abstrak

Kondisi lingkungan kita sangat mengkwatirkan karena banyak orang enggan berfikir untuk peduli lingkungan, enggan berfikir akan dampak negatif dari masalah lingkungan. Jika hal ini di biarkan dan tidak ada tindakan dari generasi muda maka ini akan menjadi ancaman bagi ketahanan lingkungan manusia dan juga akan menjadi ancaman bagi masa depan bangsa ini khususnya bagi masa depan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa yang kelak nanti diharapkan dapat memelihara dan menjaga lingkungan atau alam ini. Melalui pengabdian ini, tim dosen bahasa Inggris Universitas Madura berusaha memberikan pengetahuan kepada anak SDN Pagendingan Pamekasan kelasa rendah tentang peduli lingkungan dengan melihat  film “Avatar” dan “Wall-E” sebagai bagian dari sastra lingkungan, dengan tujuan untuk membentuk karakter anak sadar dan peduli lingkungan. Adapun hasil perubahan karakter anak akan di bahas di bab hasil dan pembahasan.

 

Kata kunci : lingkungan, film “Avatar”, film “Wall-E”.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buell et al. (2011). Literature and Environment. The Annual Review of Environment and Resources

Santora, Linda A. (2013). Assessing Children’s Literature. Anti-Defamation League 605

Third Avenue, New York, NY 10158

Slattery, P., & Rapp, D. (2003). Ethics and the foundation of education. Boston: Allyn &

Bacon.

Amanda, M. (2008). A Story Book for Sustainability. Sydney: Australia.

http://digitalcollections.sit.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1057&context=isp_collection




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.3930

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i2.3930.g2481

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License