Pengembangan Kewirausahaan bagi Kelompok Usaha Dasawisma Alpukat 2 Wirobrajan melalui Teknik Pengemasan dan Foto Produk

Fitri Juniwati Ayuningtyas, Nur Puji Rahayu

Sari


Berwirausaha merupakan salah satu cara seseorang dalam mempertahankan hidupnya. Konsep berwirausaha bisa berupa reseller yaitu menjual kembali produk yang dihasilkan oleh penjual lain atau penjual membuat produk sendiri kemudian menjualnya.   Dasawisma Alpukat 2 sebagai bagian dari organisasi Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang beranggotakan 10 – 20 kepala keluarga (KK) yang berlokasi di wilayah Wirobrajan. Terbentuknya dasawisma ini diharapkan mampu berkontribusi dalam meningkatkan taraf hidup ibu rumah tangga serta kualitas kesehatan dan ekonomi melalui pengembangan kewirausahaan untuk usaha ekonomi produktif. Namun terdapat kendala dan hambatan dalam mewujudkan usaha ekonomi produktif diantaranya belum memiliki brand usaha, produk yang dimiliki masih cukup sederhana yang mana belum menggunakan kemasan yang baik, belum terlalu memahami strategi pemasaran secara digital dengan memanfaatkan foto produk, kemasan, dan brand usaha. Tim pengabdian masyarakat berinisiasi untuk menyelenggarakan kegiatan berupa sosialisasi dan pelatihan cara mengemas produk yang tepat, menarik serta higienis, serta pelatihan foto produk dengan menggunakan smartphone guna memberikan solusi atas permasalahan tersebut. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas usaha Dasawisma Alpukat 2. Metode pelaksanaan kegiatan ini berupa ceramah, diskusi/tanya jawab, dan praktek. Hasil dari kegiatan ini adalah peningkatan pemahaman dan keterampilan mitra dalam mengemas produk khususnya makanan dan mitra juga lebih terampil dalam melakukan foto produk dengan smartphone.

Kata Kunci: Ekonomi Produktif, Brand, Pemasaran Digital

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Augustinah, F., Sholichah, N., & Pramudia, I. D. (2017). Manajemen Usaha dan Pembuatan Kemasan serta Labeling Home Industri Kue Basah pada Usaha Kelompok Dasawisma Kri Nanggala Medokan Semampir Surabaya. Universitas Dr. Soetomo Surabaya. Surabaya. Retrieved from http://repository.unitomo.ac.id/515/1/lapkir.pdf

Fuadillah, S., Amalia, A. A., & Nur, K. W. (2021). Pelatihan food photography bagi kelompok UKM kuliner Kecamatan Rappocini Kota Makassar. KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 151. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v4i2.819

Khusna, S. M., Nasyirudin, M., & Rizqia, S. F. (2023). Upaya Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Melalui Digital Marketing Di Desa Ngaglik Kec. Srengat Kab. Blitar. Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services, 4(1), 9–16.

Leonardus, S. (2014). Kewirausahaan : Teori, Praktik dan Kasus-kasus (Edisi 2). Jakarta: Salemba Empat.

Lupita, S., Adib, A., & Wijayanti, A. (2014). Perancangan Desain Kemasan dan Promosi Mr. Froniez Surabaya. Jurnal DKV Adiwarna, 1(4), 1–13.

Nailah, U. F., & Sholihah, D. D. (2023). Peningkatan Social Media Marketing Melalui Pelatihan Fotografi Produk Pada UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif Melalui Produk. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Dan Teknologi, 2(3), 151–162.

Permendagri. Peraturan Menteri Dalam Negeri No 1 Tahun 2013 Tentang Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga (2013).

Setiawan, A., Widowati, R., Damiyana, D., Minggu, & Farida, K. (2021). Aspek Perizinan bagi Wirausahawan UMKM Kader Pkk Ph7 Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Jurnal Abdimas …, 1(2), 9–19. Retrieved from https://plj.ac.id/ojs/index.php/JAPLJ/article/view/531%0Ahttps://plj.ac.id/ojs/index.php/JAPLJ/article/download/531/366

Setyowati, S., & Rahayu, W. (2020). Pengembangan Usaha Ekonomi Produktif pada Dasawisma 2 RT 01 RW 11 Desa Makamhaji Kecamatan Kartosuro Kabupaten Sukoharjo. PRIMA: Journal of Community Empowering and Services, 4(1), 16–21. https://doi.org/10.20961/prima.v4i1.37794

Supriatin, & Restiyani, A. (2021). Pelatihan Digital Marketing Untuk Optimalisasi Pemasaran Usaha Makanan Dasawisma Alamanda Perumnas Minomartani Sleman Yogyakarta. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat, 430–435. Retrieved from https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Verdiany, L. T., Bramantijo, & Sutanto, R. P. (2014). Perancangan Kemasan Produk Rumah Batik Sritanjung Banyuwangi. Jurnal DKV Adiwarna, 1(4), 1–12. Retrieved from http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/download/1944/1743

Yuliani, R., & Widyakanti. (2020). Peningkatan Penjualan Melalui Inovasi Kemasan dan Label pada UMKM. Jurnal Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 2(2), 71–76.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v7i2.17390

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v7i2.17390.g6521

Terindex oleh:

 
 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License