Pemanfaatan Aplikasi Bank Sampah Untuk Pemberdayaan Masyarakat Pada Bank Sampah Komunitas Cinta Lingkungan

Dewi Ayu Nur Wulandari, Sunarti Sunarti, Ratnawaty Marginingsih

Sari


Sampah masih menjadi permasalahan serius yang dihadapi di semua daerah termasuk kota Depok. Untuk mengatasi masalah sampah perlu keterlibatan dan peran aktif semua pihak dalam penanganannya. Bank sampah Komunitas Cinta Lingkungan (BS KCL) berdiri pada akhir tahun 2015 berlokasi di Perumahan Sawangan Permai Depok, dengan dilatarbelakangi keresahan warga karena semakin penuhnya TPA Cipayung. Permasalahan yang dihadapi bank sampah KCL adalah proses pencatatan tabungan sampah nasabah yang meliputi jenis/kategori sampah yang disetorkan oleh nasabah, harga masing-masing jenis sampah, hasil penimbangan sampah dan jumlah tabungan nasabah yang dilakukan ketika nasabah menyetorkan sampah saat ini masih menggunakan kertas yang kemudian direkap ke dalam Microsoft Excel, sehingga kemungkinan terjadinya human error juga sangat besar. Pencatatan arus kas masuk dan keluar pada bank sampah masih dicatat oleh beberapa pengurus di Microsoft Excel sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama ketika ingin mengetahui jumlah kas bank sampah yang tersedia karena harus merekap dari beberapa pengurus. Metode pelaksanaan kegiatan adalah dengan melakukan pendampingan dan pelatihan penggunaan aplikasi bank sampah berbasis website untuk penginputan transaksi penerimaan sampah dan transaksi keuangan bank sampah yang terintegrasi dengan aplikasi bank sampah berbasis website. Penggunaan aplikasi bank sampah berbasis website meningkatkan pelayanan bank sampah KCL kepada anggota dimana aplikasi sudah dapat mencatat data penerimaan sampah anggota, sehingga anggota bisa melihat saldo tabungan sampah secara realtime. Pencatatan arus kas bank sampah juga sudah terintegrasi pada aplikasi bank sampah berbasis website. Pengurus bank sampah dapat melihat saldo kas bank sampah tersedia secara realtime sehingga manajemen bank sampah khususnya dalam hal pelaporan keuangan bank sampah meningkat. 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustina, N., Irianty, H., & Wahyudi, N. T. (2017). Hubungan Karakteristik Petugas Kebersihan Dengan Pengelolaan Sampah Di Puskesmas Kota Banjarbaru. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, 4(2), 66–74. https://doi.org/10.20527/jpkmi.v4i2.3843

Apriliani, D., & Maesaroh. (2021). Efektivitas Pengelolaan Sampah Kota Semarang Melalui Program SILAMPAH (Sistem Lapor Sampah). Journal of Public Policy And Management Review, 10(1), 1–14. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/view/29869/24970

Clasissa Aulia, D., Kiswanto Situmorang, H., Fauzy Habiby Prasetya, A., Fadilla, A., Safira Nisa, A., Khoirunnisa, A., Farhan, D., Nur, D., Nindya, aini, Purwantari, H., Octaviani Dwi Jasmin, I., Aulia Akbar, J., Mesrina Cicionta Ginting, N. B., Fadhilah Lubis, R., Pangestiara Program Studi Ilmu Kesehatan Maskarakat, Z. G., & Kesehatan Masyarakat, F. (2021). Peningkatan Pengetahuan dan Kesadaran Masyarakat tentang Pengelolaan Sampah dengan Pesan Jepapah. Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat (Pengmaskesmas), 1(1), 62–70.

David, D., & Marfuah, M. (2022). Profile Matching untuk Menentukan Besaran Kenaikan Gaji Karyawan pada PT. Eka Mandiri Sukses. Journal of Applied Science and Technology, 2(1), 26. https://doi.org/10.30659/jast.2.01.26-33

Defitri, M. (2022). Potensi Dibalik 51,47% Sampah Anorganik Tidak Terkelola. 16 Juli 2022.

Elamin, M. Z., Ilmi, K. N., Tahrirah, T., Zarnuzi, Y. A., Suci, Y. C., Rahmawati, D. R., Dwi P., D. M., Kusumaardhani, R., Rohmawati, R. A., Bhagaskara, P. A., & Nafisa, I. F. (2018). Analysis of Waste Management in The Village of Disanah, District of Sreseh Sampang, Madura. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 10(4), 368. https://doi.org/10.20473/jkl.v10i4.2018.368-375

Fantara, F. P., Syauqy, D., & Setyawan, G. E. (2018). Implementasi Sistem Klasifikasi Sampah Organik dan Anorganik dengan Metode Jaringan Saraf Tiruan Backpropagation. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 2(11), 5577–5586.

Hidayat, A., Muslihudin, M., & Utami, I. T. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Menentukan Lokasi Cafe Baru Suncafe Sebagai Destinasi Wisata Kuliner Di Kabupaten Pringsewu Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (Saw). Jurnal TAM ( Technology Acceptance Model ), 6(1), 71–79. http://www.ojs.stmikpringsewu.ac.id/index.php/JurnalTam/article/view/64

Lanoke, I. P. (2018). Pemilahan Sampah: Satu Tahap Menuju Masyarakat Mandiri Dalam Pengelolaan Sampah. Berdikari : Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 6(2), 184–194. https://doi.org/10.18196/bdr.6245

Meyrena, S. D., & Amelia, R. (2020). Analisis Pendayagunaan Limbah Plastik Menjadi Ecopaving Sebagai Upaya Pengurangan Sampah. Indonesian Journal of Conservation, 9(2), 96–100. https://doi.org/10.15294/ijc.v9i2.27549

Mildawati, R., Anas, P., Dewi, S. H., Ahmadi, H., Ardianto, M. F., & Erlanda, G. Y. (2022). Upaya Pencegahan Pencemaran Akibat Limbah Rumah Tangga di Desa Empat Balai Kec. Kuok Kab. Kampar. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6), 1681–1688. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i6.11897

Muhammad, A., Amin, A., Yusti, E., Saputra, R., Hafiz, F. Al, Rifai, B., & Informasi, S. (2020). Sistem Informasi Berbasis web Aplikasi E-Trash Bank Sampah. 1(2), 74–81.

Nagong, A. (2021). Studi Tentang Pengelolaan Sampah Oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Samarinda Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Samarinda Nomor 02 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Sampah. Jurnal Administrative Reform, 8(2), 105. https://doi.org/10.52239/jar.v8i2.4540

Sasoko, M. D. (2020). Bank Sampah, Sebuah Upaya Mengurangi Jumlah Produksi Sampah Rumah Tangga (Studi Kasus Bank Sampah Barokah, Rw.07 Kompleks Perumahan Bdn-Rangkapan Jaya Baru-Pancoran Mas-Kota Depok). Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 5(I), 62–77.

Sukadaryati. (2021). Upaya pengelolaan Minim Sampah Rumah Tangga. Jurnal Silva Tropika, 5(2), 419–432.

Zuliani, Z., & Nunsina, N. (2022). Sistem Informasi Bank Sampah Untuk Masyarakat Bireuen Berbasis web. Device : Journal of Information System, Computer Science and Information Technology, 3(2), 16–22. https://doi.org/10.46576/device.v3i2.2697




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i2.16770

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i2.16770.g6111

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License