Sosialisasi Budaya Kerja Industri Sebagai Upaya Penguatan Kompetensi Dasar Siswa SMK Negeri 7 Lhokseumawe

Halimatus Sakdiah, Islami Fatwa, Muliani Muliani, Riza Andriani, Amam Taufiq Hidayat

Sari


SMK merupakan jenjang pendidikan yang lulusannya diharapkan dapat langsung terjun di dunia kerja atau dunia industri. Saat ini siswa SMKN 7 Lhokseumawe masih belum memahami dan mampu menerapkan budaya kerja, khususnya budaya kerja 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin). Metode pelaksanaan kegiatan ini dilakukan dalam tiga tahapan yaitu persiapan berupa diskusi dan analisis kebutuhan siswa, pelaksanaan dilaksanakan menggunakan sistem pemberian materi dan sosialisasi materi budaya kerja 5R dan evaluasi yaitu menganalisis peningkatan pemahaman budaya kerja siswa. Evaluasi dilakukan dengan menganalisis hasil pretes-postes terkait materi. Hasil kegiatan ini menunjukkan pemahaman siswa saat pretes sebesar 54,67% dan saat postes sebesar 82,67% ini menunjukkan terjadi peningkatan pemahaman budaya kerja siswa sebanyak 28 poin dan tingkat kepuasan peserta akan kegiatan ini sebesar 88,75% pada kategori sangat memuaskan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aini, & Made Sriasih. (2021). Sosialisasi Pemahaman Budaya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Dan Rajin) di Pt Narmada. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(4), 519–523. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i4.1252

Anthony, M. B. (2020). Pengaruh Budaya 5R dan Kinerja Karyawan terhadap Lingkungan Kerja di Sinter Plant PT.XYZ. Jurnal Media Teknik Dan Sistem Industri, 4(2), 71. https://doi.org/10.35194/jmtsi.v4i2.1031

Faizal, R., Sulaeman, M., & Yulizar, I. (2019). Pengaruh Budaya, Motivasi Kerja Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan. EBA Journal: Journal Economics, Bussines and Accounting, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.32492/eba.v5i1.706

Ilahi, C. W., Hadi, S., & Purnomo, P. (2020). Hubungan Penerapan Budaya Kerja 5R, Persepsi Kompetensi Kepribadian Guru, dan Pemahaman Agama dengan Karakter Kejuruan Siswa Kompetensi Keahlian TKJ di SMK Berbasis Islam. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 77. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13138

Kusumadewi, M. F. (2022). Penerapan Budaya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) Dalam Menunjang Kinerja Gudang. Blogchain: Jurnal Bisnis, Logistik Dan Supply Chain, 2(2), 58–63.

Muliani, Ginting, F. W., & Sakdiah, H. (2022). Pelatihan Asesmen Hasil Belajar Digital Terintegrasi Quizizz Dan Google Form Sebagai Solusi Pembelajaran Di Masa New Normal. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 316–322. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1165

Novita, N., Marhami, M., Sakdiah, H., & Muliani, M. (2021). Pengembangan Kompetensi Literasi Digital Pada Guru Untuk Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 51–58.

Pudiono. (2021). Penerapan 5R/5S di SMK Permudah Lulusan Beradaptasi Budaya Kerja Industri. Radar Semarang.

Rantung, R. H. A., Odi, P. R., & Suoth, L. (2018). Analisis Penerapan Budaya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) Pada Pembangunan Gedung Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi Oleh Pt. Adhi Karya (Persero) Tbk. Kesehatan Masyarakat, 7(5), 1–7.

Sakdiah, H., & Jamilah, M. (2022). Digital Literacy Students Facing To Independent Learning Independet Campus Curriculum. Community Medicine & Education Journal, 3(1), 217–222. https://www.hmpublisher.com/index.php/CMEJ/article/view/180/237

Sari, I. K. (2019). Pengaruh budaya kerja 5R terhadap kinerja pegawai dimediasi motivasi kerja. Management and Business Review, 3(2), 95–103. https://doi.org/10.21067/mbr.v3i2.4671

Sofiyanurriyanti, & Shofi, A. I. A. (2019). Penerapan Budaya Kerja 5R/5S Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Di Cv. Cahaya Mandiri. Matrik, 19(2), 31. https://doi.org/10.30587/matrik.v19i2.727

Sugiri. (2019). Implementasi Program Budaya Industri 5 R ( Ringkas , Rapi , Resik , Rawat , Rajin ) Di SMK Pembaharuan Purworejo. Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan Di Era Revolusi Indistri 4.0, September, 348–354.

Susanto, D. (2021). Analisis Implementasi Budaya 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) dengan Pendekatan Lean Hospital pada Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang. Jurnal Arastirma, 2(1), 27. https://doi.org/10.32493/arastirma.v2i1.16845

Usmaedi. (2021). Education Curriculum For Society 5.0 In The Next Decade. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 4(2), 63–79. https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpd




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i2.15086

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i2.15086.g6058

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License