Penguatan Masyarakat di Bidang Kelistrikan Melalui Diklat Pemberdayaan Masyarakat di Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun

Dara Aulia Feryando, Akhwan Akhwan, Agustinus Prasetyo Edy Wibowo, Santi Triwijaya, Andri Pradipta

Sari


Kelistrikan untuk penerangan rumah adalah contoh penggunaan energi listrik yang hampir semua orang menggunakannya. Sehingga, pengetahuan dasar tentang listrik sangat diperlukan untuk penggunaan dan pemeliharaan listrik yang tepat, serta meminimalkan peluang terjadinya kecelakaan akibat penggunaan listrik yang tidak tepat. Dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, pelatihan instalasi listrik sederhana dilakukan untuk memberikan penguatan kepada masyarakat. Penguatan yang dimaksud adalah peningkatan pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam hal instalasi listrik sederhana, pemeliharaan komponen kelistrikan rumah, serta keselamatan kerja dalam penggunaan dan pemeliharaan peralatan listrik rumah. Sasaran dari kegiatan ini adalah masyarakat yang berdomisili di Madiun. Metode pelatihan yang digunakan adalah berupa pemberian materi dan praktik. Materi pelatihan diambil dari buku PUIL 2011. Adapun metode evaluasi yang digunakan adalah dalam bentuk pre-test, post-test, praktik, dan testimoni. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test 1, terlihat bahwa nilai peserta mengalami peningkatan sebesar 86,9%. Sementara itu, berdasarkan hasil post-test 2, para peserta memiliki rata-rata nilai 83. Berdasarkan kegiatan praktik, para peserta mampu melakukan instalasi listrik dengan benar, sesuai prosedur, dan selesai dalam waktu kurang dari 3,5 jam. Sedangkan berdasarkan hasil testimoni yang didapatkan dari kelompok praktik terbaik, mereka menyampaikan bahwa mereka senang mengikuti pelatihan ini, serta pelatihan ini sangat bermanfaat dalam menambah wawasan dan keterampilan mereka. Dari beberapa hasil evaluasi yang diperoleh, hasil tersebut mengindikasikan bahwa metode pelatihan yang digunakan sudah baik. 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Z., Bachri, A., & Laksono, A. B. (2021). Sosialisasi K3 Kelistrikan Rumah Tangga dan Upaya Penghematan Energi di Desa Kuluran Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan. Abdi Kami, 4(2), 137–145.

Fatkhurrozi, B., Nawawi, I., & Trihasto, A. (2017). Penyuluhan dan Pelatihan Instalasi Listrik Rumah Tangga Bagi Masyarakat Desa Madusari Kec. Secang Kab. Magelang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 13–20.

Harahap, Raja dkk. (2022). Keselamatan Pemakaian Energi Listrik Rumah Tangga yang Benar di Desa Bandar Rahmat Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara. Journal of Electrical Technology, 7, 11–16.

Kamelia, Lia dkk. (2018). Pelatihan Instalasi Listrik dan Sound System untuk Menumbuhkan Jiwa Entrepreneurship Santri di Pondok Pesantren Roudlotul ’Ulum Bandung Barat. Al-Khidmat, 1(2), 25–34.

Mulyani, D., & Hartono, D. (2018). Pengaruh Efisiensi Energi Listrik pada Sektor Industri dan Komersial Terhadap Permintaan Listrik di Indonesia. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, 1.

Naufal, M. Heiza. (2021). Analisis Pengaruh Jumlah Pelanggan, Pendapatan , dan Harga Listrik Terhadap Konsumsi Listrik Rumah Tangga Indonesia Tahun 1990-2020. Jurnal Ilmiah Mahasisa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, 9(2).

Novianta, M. A. (2018). Penyuluhan Potensi Bahaya Listrik Di Rumah Tangga. Jurnal Dharma Bakti-LPPM IST AKPRIND, 1(2), 186–195.

Nur, A. Ibrahim, & Kurniawan, A. D. (2021). Proyeksi Masa Depan Kendaraan Listrik di Indonesia: Analisis Perspektif Regulasi dan Pengendalian Dampak Perubahan Iklim yang Berkelanjutan. Jurnal Hukum Lingkungan Indonesia, 7(2), 197–220.

Parera, L. M., Tupalessy, J., & Kastnaja, R. (2019). Pengembangan Listrik Tenaga Surya bagi Pedagang Kuliner. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 46–52.

Parinduri, L., Yusmartato, & Parinduri, T. (2018). Kontribusi Konversi Mobil Konvensional ke Mobil Listrik dalam Penanggulangan Pemanasan Global. Journal of Electrical Technology, 3(2), 116–120.

Pinilas, R., Gosal, R., & Kasenda, V. (2017). Partisipasi Generasi Muda Dalam Pelaksanaan Pembangunan (Studi Kasus di Desa Damau Kecamatan Damau Kabupaten Talaud). Jurnal Eksekutif, 2(2), 8.

Pradani, R. F. E., Purnomo, B. H., & Suyadi, B. (2014). Dampak Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Desa Binor. Artikel Ilmiah Mahasiswa, I(1), 1–6.

Sudjoko, C. (2021). Strategi Pemanfaatan Kendaraan Listrik Berkelanjutan Sebagai Solusi untuk Mengurangi Emisi Karbon. Jurnal Paradigma: Jurnal Multidispliner Mahasiswa Pascasarjana Indonesia, 2(2), 54–68.

Wardany, K., dkk. (2021). Sosialisasi Dasar Teknik Instalasi Listrik Rumah Tangga di Kelurahan Kecamatan Trimurjo. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 3(2), 41–48.

Yufron, A. (2016). Tingkat Pemahaman Masyarakat Terhadap Instalasi Rumah Tinggal Dikampung Baru Blitar. Jurnal Qua Teknika, 6(2), 14.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i2.14697

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i2.14697.g6052

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License