Pelatihan Keterampilan Penulisan Dasar Untuk Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Penelitian

Rizki Firdausi Rachma Dania, Christian Wiradendi Wolor, Suherdi Suherdi

Sari


Penelitian menjadi kegiatan pilar dari Tridarma perguruan tinggi yang wajib dilakukan Apalagi pada masa globalisasi ini, di mana penelitian diharapkan bisa mengahasilkan artikel berkualitas yang tembus publikasi internasional. Namun, kurangnya pengetahuan dan skill membuat pelaksanaan penelitian menjadi momok yang menakutkan. Banyak kasus di mana dosen masih kurang percaya diri melaksanakan penelitian atau sudah melaksanakan penelitian, tetapi kualitas belum memadai. Fenomena ini bisa terjadi karena masih kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan penelitian dan publikasi ilmiah. Maka dari itu, kegiatan pengabdian ini ditujukan untuk para dosen agar bisa memberi solusi semua permasalahan yang dihadapi dalam penelitian. Kegiatan pengabdian yang dilakukan ialah pelatihan keterampilan penulisan dasar. Kegiatan pelatihan ini diadakan dengan metode pendekatan ceramah dan diskusi dengan topik sekitar pencarian jurnal berkualitas, teknik penulisan paraphrase, penulisan referensi dengan memanfaatkan Mendeley, hingga pemanfaatan Grammarly untuk menerjemahkan artikel ke dalam bahasa Inggris. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dua kali secara online selama bulan Juli-Agustus secara online dengan melibatkan tiga universitas berbeda sebagai mitra yaitu Stebi Global Mulia, UHAMKA,serta politekkik Tempo. Setelah kegiatan pengabdian ini dilaksanakan, diketahui ada kenaikan presentase mengenai pemahaman materi-materi penulisan dasar yang diajarkan melalui pelatihan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Basori. (2017). Efektifitas komunikasi pembelajaran online dengan menggunakan media e-learning pada perkuliahan body otomotif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 07, 39–45.

Duff, P. A. (2020). The Routledge Handbook of Research Methods in Applied Case study research Making language learning complexities visible (Vol. 10057). https://doi.org/10.4324/9780367824471-13

Fidowaty, T., & Kurniati, P. S. (2016). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Dosen Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM). JIPSI - Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi UNIKOM, 5(2).

Fitriana, R. (2020). Meningkatkan Keterampilan Pelajar Melalui Pelatihan. Jurnal Masyarakat Mandiri, 4(2), 2–6.

Gunawan W., Kurniawan E., Muniroh R. D. D., Ramadhini T. M., & Wahyuni I. T. (2021). Pelatihan Penulisan Abstrak : Upaya Peningkatan Kompetensi Dosen Dan Mahasiswa Dalam Publikasi Karya Ilmiah Internasional. DIMASATRA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(April), 71–78. https://ejournal.upi.edu/index.php/dimasatra/article/view/39333

Harsasi, M., Hutagaol, M. P., Baga, L. M., & Sailah, I. (2021). How to Improve Scientific Publication Performance of Private University Lecturers. An Empirical Analysis on Individual and Institutional Factors, 17(2), 164–179. https://doi.org/10.33830/jom.v17i2.2055.2021

Kemendikbudbrin. (2021). pedoman pelaksanaan kurikulum. Keputusan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 719/P/2O2O Tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pada Satuan Pendidikan Dalam Kondisi Khusus.

Mukti, A. (2015). Workshop Peningkatan Kualitas Publikasi , Dosen Dituntut Membuat Jurnal Internasional Berkualitas. Tribunnews.

Putra, I. G. J. E., & Pemayun, A. G. D. A. W. (2019). Renstra Sistem Informasi Pengukuran Kinerja Dosen Dengan IT Balanced Scorecard. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komputer, 5(1), 10–20. https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jutik/article/view/632

Rahmiati, R. (2015). Analisis Kendala Internal Mahasiswa dalam Menulis Karya Ilmiah. Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan, 4(2), 327–343.

Retnowati, T. H., Mardapi, D., & Kartowagiran, B. (2018). Kinerja Dosen di Bidang Penelitian dan Publikasi Ilmiah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 215–225.

Rohmah, N., Y, M. H. A., & Kusmintardjo, K. (2016). Strategi Peningkatan Kemampuan Dosen Dalam Penulisan Karya Ilmiah (Studi Multi Kasus Pada UNISDA dan STAIDRA Di Kabupaten Lamongan) (Vol. 1, Issue 7, pp. 1312–1322).

Suchaina, S., Kartika, D., Ayunin, K., & Fitriyah, F. (2019). Pendampingan ekstrakurikuler menjahit untuk meningkatkan soft skill dan kesiapan berwirausaha siswa Madrasah Aliyah (MA) Sunan Ampel Keraton Pasuruan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(2), 115–124. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i2.1722

Tafonao T., Widjaja F. I., Simanjuntak F., Tinggi S., Real T., & Ilmiah K. (2021). Pembinaan Karir Dosen: Trik Dan Tips Menulis Karya Ilmiah Dalam Meningkatkan Kompetensi Dosen Di Sekolah Tinggi Teologi Nias. Prosiding Seminar Penelitian dan Pengabdian, 1(1), 1109–1118. https://prosiding.rcipublisher.org/index.php/prosiding/article/view/273




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i1.14367

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i1.14367.g5814

Terindex oleh:

 
 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License