Literasi Digital Marketing dan Pemanfaatan Marketplace Dalam Pengembangan Bisnis Online Pemuda Condongcatur

Sheila Lestari Giza Pudrianisa, Adi Gilang Pangestu, Lensy Swandry, Rivan Pandu Adi, Yohanes William Keddy

Sari


Pola bisnis dalam dunia pemasaran kini, mulai berubah. Dari yang berbentuk konvensional menjadi online. Tidak dapat dipungkiri, perkembangan teknologi di era digital membuat persaingan antar penjual untuk menarik minat pembeli kian meningkat. Untuk itu, perlu diimbangi dengan strategi pemasaran digital (digital marketing) bagi pelaku usaha. Namun, masih banyak pelaku usaha yang kurang memahami pemanfaatan tersebut, salah satunya Pemuda di Desa Condongcatur yang kebanyakan menjadi enterpreneur. Minimnya pengetahuan terkait digital marketing dan marketplace membuat bisnis yang dijalani sulit berkembang. Dampak lainnya, strategi marketing yang kurang matang membuat masyarakat kurang aware terhadap produk yang dijual. Dari permasalahan tersebut, Tim Abdimas Universitas Amikom Yogyakarta mencoba memberikan solusi melalui literasi digital marketing dan pemanfaatan marketplace dalam pengembangan bisnis online. Hasil dari kegiatan tersebut dapat memberikan pengetahuan, meningkatkan wawasan serta perspektif baru tentang digital marketing dan pemanfaatan marketplace sebagai strategi promosi bagi pelaku usaha dalam membangun bisnis online agar tepat sasaran, serta lebih efektif dalam menarik minat konsumen.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Binus University. (2019). Perilaku Belanja Online Di Indonesia. Binus University. https://binus.ac.id/bandung/2019/08/perilaku-belanja-online-di-indonesia/

Caesarlita, D. (2015). Masih Banyak Masyarakat Indonesia Khawatir Belanja Online. Sindo News. https://tekno.sindonews.com/berita/954594/133/masih-banyak-masyarakat-indonesia-khawatir-belanja-online

Desfika, T. S. (2021). Selama Pandemi, ALFI: Belanja Online Naik 37%. Investor.Id. https://investor.id/business/276132/selama-pandemi-alfi-belanja-online-naik-37

Dorimulu, P. (2021). Indonesia Sedang Menikmati Bonus Demografi. Berita Satu. https://www.beritasatu.com/ekonomi/740489/indonesia-sedang-menikmati-bonus-demografi

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Haryanti, S., Mursito, B., & Sudarwati, S. (2019). Analisis Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Batik Pada PT. Danar Hadi Surakarta. In Jurnal Ilmiah Edunomika (Vol. 3, Issue 1, pp. 144–151). http://dx.doi.org/10.29040/jie.v3i01.443

Hayati, N., & Jaelani, E. (2021). Risiko Pemasaran Digital: Kajian Literatur. Prosiding Seminar Nasional Inovasi dan Adopsi Teknologi (INOTEK), 1(1), 273–285. https://e-journal.rosma.ac.id/index.php/inotek/article/view/118

Intan, T., Handayani, V. T., & Saefullah, N. H. (2021). Membangun Generasi Kritis Melalui Keterampilan Literasi Digital. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 89–94. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6404

Irawati, R., & Prasetyo, I. B. (2021). Pemanfaatan Platform E-Commerce Melalui Marketplace Sebagai Upaya Peningkatan Penjualan dan Mempertahankan Bisnis di Masa Pandemi (Studi pada UMKM Makanan dan Minuman di Malang). Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN), 6(2), 114–133. https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/544

Lestari, L. D., & Dwijayanti, R. (2022). Pengaruh Fenomena Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) Pada E-Commerce Shopee Melalui Diskon Dan Kemudahan Bertransaksi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 2337–6078. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40989

Nurpratama, M., & Anwar, S. (2020). Penerapan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kelurahan Karangmalang Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu. Jurnal Investasi, 6(2), 87–102.

Okezone. (2021). Tren Belanja Online Naik di Tengah Pandemi, Orang RI Makin Banyak Beli Produk Lokal. Okezone.com. https://economy.okezone.com/read/2021/12/07/622/2513215/tren-belanja-online-naik-di-tengah-pandemi-orang-ri-makin-banyak-beli-produk-lokal

Pranoto, J., & Marayasa, I. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Untuk Peningkatan Perekonomian Anggota Karang Taruna Al Barkah Di Kampung Cicayur - Tangerang. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 1(2), 250. https://doi.org/10.32493/j.pdl.v1i2.2425

Safitri, K. (2020). Dua Generasi Ini Jadi Penyumbang Terbesar Transaksi E-commerce di RI. Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2020/08/04/190000226/dua-generasi-ini-jadi-penyumbang-terbesar-transaksi-e-commerce-di-ri?page=all#:~:text=JAKARTA%2C

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial. Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588

Wati, M., & Indrawati. (2020). Digital Marketing Penulis. In Digital Marketing (Vol. 1). PT. Literindo Bekah Karya. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i1.13723

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i1.13723.g5795

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License