Penyusunan Laporan Perkembangan Anak yang Representatif dan Otentik Bagi Guru TK di Masa Belajar Dari Rumah

Silvie Mil, Novi Andayani Praptiningsih

Sari


Gugus guru Taman Kanak-kanak (TK) Binaan 03 dan Binaan 04 merupakan komunitas Kepala Sekolah dan guru-guru TK yang berada di wilayah Kecamatan Cipayung Jakarta Timur. Komunitas ini secara rutin berkumpul dan melaksanakan tatap muka dan sharing session untuk berbagi pengetahuan dan pengembangan wawasan tentang penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Metode yang digunakan dalam pengabdian ini dengan melakukan workshop secara daring. Subjek dari workshop ini adalah 44 orang peserta yang terdiri dari Kepala Sekolah-Kepala Sekolah dan guru-guru TK Binaan 03 dan Binaan 04 Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan guru-guru dalam menyusun laporan perkembangan anak di TK. Hasil kegiatan pengabdian berupa adanya perubahan cara memberikan asesmen dan penilaian serta mampu menyusun laporan perkembangan anak yang representatif yang dibuktikan dengan guru mampu membuat lembar asesmen, melakukan penilaian serta menyusun laporan perkembangan yang sesuai dengan tahapan usia dan kegiatan pembelajaran anak selama belajar dari rumah (BDR). Selain itu peserta juga mampu melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran sebagai sebagai bahan informasi dalam pengambilan keputusan dan perbaikan mutu pembelajaran di masa mendatang.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Althen, K. K., Newton, E. K., Draney, K., & Mangione, P. L. (2020). Measuring Readiness for Kindergarten Using the Desired Results Developmental Profile. Earlty Education and Development, 31(5), 739–763.

Jaya, P. R. P. (2019). Pengolahan Hasil Penilaian Anak Usia Dini. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 76–83.

Keary, A., Garvis, S., Zheng, H., & Walsh, L. (2020). ‘I’m learning how to do it’: reflecting on the implementation of a new assessment tool in an Australian Early Childhood. International Journal of Inclusive Education, 0(0), 1–15. https://doi.org/10.1080/13603116.2020.1803428

Lam, R. (2020). Writing portfolio assessment in practice: individual, institutional, and systemic issues. Pedagogies, 15(3), 169–182. https://doi.org/10.1080/1554480X.2019.1696197

Lawrence, P. (2021). Dialogue observed in dialogue: entering a ‘Dialogical Approach to Observation’ in early childhood. Early Child Development and Care, 191(2), 292–306. https://doi.org/10.1080/03004430.2019.1617285

Lemay, L., Cantin, G., Lemire, J., & Bouchard, C. (2018). Conception and validation of the Quality of Educators’ Observation and Planning Practices Scale (QEOPPS). Early Years, 5146, 1–17. https://doi.org/10.1080/09575146.2018.1462303

Sari, K. M., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900–912. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478

Sugihartono, & Dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. UNY Press.

Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 1(1), 92–111.

Zaragas, H. K., & Pliogou, V. (2020). Assessment and pedagogical implications of young children’s psychomotor development in Greek kindergarten schools. Education 3.13: International Journal of Primary, Elementary and Early Years Education, 48(2), 239–251. https://doi.org/10.1080/03004279.2019.1684540

Althen, K. K., Newton, E. K., Draney, K., & Mangione, P. L. (2020). Measuring Readiness for Kindergarten Using the Desired Results Developmental Profile. Earlty Education and Development, 31(5), 739–763.

Jaya, P. R. P. (2019). Pengolahan Hasil Penilaian Anak Usia Dini. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 76–83.

Keary, A., Garvis, S., Zheng, H., & Walsh, L. (2020). ‘I’m learning how to do it’: reflecting on the implementation of a new assessment tool in an Australian Early Childhood. International Journal of Inclusive Education, 0(0), 1–15. https://doi.org/10.1080/13603116.2020.1803428

Lam, R. (2020). Writing portfolio assessment in practice: individual, institutional, and systemic issues. Pedagogies, 15(3), 169–182. https://doi.org/10.1080/1554480X.2019.1696197

Lawrence, P. (2021). Dialogue observed in dialogue: entering a ‘Dialogical Approach to Observation’ in early childhood. Early Child Development and Care, 191(2), 292–306. https://doi.org/10.1080/03004430.2019.1617285

Lemay, L., Cantin, G., Lemire, J., & Bouchard, C. (2018). Conception and validation of the Quality of Educators’ Observation and Planning Practices Scale (QEOPPS). Early Years, 5146, 1–17. https://doi.org/10.1080/09575146.2018.1462303

Sari, K. M., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900–912. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478

Sugihartono, & Dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. UNY Press.

Zahro, I. F. (2015). Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 1(1), 92–111.

Zaragas, H. K., & Pliogou, V. (2020). Assessment and pedagogical implications of young children’s psychomotor development in Greek kindergarten schools. Education 3.13: International Journal of Primary, Elementary and Early Years Education, 48(2), 239–251. https://doi.org/10.1080/03004279.2019.1684540




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i2.11913

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i2.11913.g5527

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License