Service Community Collaboration: Peningkatan Minat Kunjungan Wisatawan Telaga Jonge Gunung Kidul Melalui Digital Marketing

Yudas Tadius Andi Candra, Ika Wulandari, Martinus Budiantara, Diana Airawaty

Sari


Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini merupakan kolaborasi antara Universitas Mercu Buana Yogyakarta dan UPSI Malaysia. Tujuan dari kegiatan ini adalah sharing informasi dan pengetahuan mengenai digital marketing kepada para pelaku UMKM khususnya di Telaga Jonge dan pengurus Pokdarwis Jonge Raya. Sebagai salah satu destinasi wisata di kabupaten Gunung Kidul, Telaga Jonge mempunyai potensi yang bagus untuk dikembangkan dan diperkenalkan kepada masyarakat luas. Sebagian besar pengunjung Telaga Jonge masih didominasi oleh masyarakat lokal. Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada bulan April 2021 dengan jumlah peserta dari Indonesia sebanyak 35. Metode yang digunakan berupa pelatihan baik secara offline maupun online. Hasil dari kegiatan, peserta pelatihan memahami tentang manfaat dan cara menggunakan digital marketing untuk meningkatkan jumlah kunjungan. Telaga Jonge juga sudah memiliki website sendiri walaupun masih sederhana yang dapat diakses melalui https://jongerayapokdarwis.wixsite.com/my-site. Pasca kegiatan dan dilakukan evaluasi, terjadi peningkatan jumlah konten yang dibuat melalui facebook, instagram, tik tok dan youtube tentang destinasi wisata Telaga Jonge. Sampai dengan bulan September 2021 jumlah konten meningkat sebanyak 221%. Secara keseluruhan kegiatan berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif terhadap upaya untuk memperkenalkan Telaga Jonge secara global. 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agusra, D., Lussianda, E. O., & Afriyeni, Y. (2019). Strategi Promosi Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Pada Agrowisata Tenayan Raya Pekanbaru Provinsi Riau. Akuntabel, 16(1), 54-61.

Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie) . Khasanah Ilmu : Jurnal Pariwisata dan Budaya, 12(1), 65-71.

Fauzzia, W., Andriani, R., Bramantyo, E., & Handayani, R. D. (2019). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Villa Kancil Majalaya. ABDIMAS BSI, 2(1), 118-124.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 62-78.

Gumilang, R. R. (2017). Implementasi Digital marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen, 10(1), 9-14.

Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus-kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS.

Mahendrayani, I. G., & Suryawan, I. B. (2018). Strategi Pemasaran Daya Tarik Wisata Untuk Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Ke Daya Tarik Wisata Sangeh Kabupaten Badung Provinsi Bali . Jurnal Destinasi Pariwisata, 5(2), 240-247.

Manafe, J. D., Setyorini, T., & Alang, Y. (2016). Pemasaran Pariwisata Melalui Strategi Pomosi Objek Wisata Alam, Seni dan Budaya (Studi Kasus di Pulau Rote NTT). Bisnis, 4(1), 102-123.

Masrin, I., & Akmalia, O. K. (2019). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Kedatangan Wisatawan. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 5(2), 2014-2016.

Heryati, Y. (2019). Potensi Pengembangan Obyek Wisata Pantai Tapandullu Di Kabupaten Mamuju . Growth : Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(1), 56-74.

Prastiani, N., & Pratiwi, R. Z. (2020). Promosi dan Pemasaran Pariwisata Objek Wisata Tirta Sinongko Dalam Upaya Menarik Wisatawan . Profesi Humas, 5(1), 38-57.

Suprihatin, W. (2020). Analisis Perilaku Konsumen Wisatawan Era Pandemi Covid-19 ( Studi Kasus Pariwisata di Nusa Tenggara Barat ). Jurnal Bestari, 19(1), 56–66.

Sutrisno, T., & Trisnawarman, D. (2018). Pembuatan dan Implementasi Website Desa Pandowoharjo. Jurnal Bakti Masyarakat, 1(2), 211-220.

Wibisono, G., & Susanto, W. E. (2015). Perancangan Website Sebagai Media Informasi dan Promosi Batik Khas Kabupaten Kulonprogo. Jurnal Evolusi, 3(2), 64-69.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i2.11664

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i2.11664.g5574

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License