Pelatihan Program Inspiring Teaching Bagi Guru-Guru SDN Sangkanwangi 1 Dalam Mengatasi Kesulitan Pembelajaran Daring

Ajeng Mulia Sari, Didin Saprudin, Salman Sunardi, Yeni Sulaeman

Sari


Berdasarkan hasil observasi guru di SDN Sangkanwangi 1 Kecamatan Leuwidamar, mereka kesulitan mengajar secara online. Hasil observasi server menunjukkan bahwa keterampilan mengajar  dalam aspek pengetahuan, keterampilan maupun sikap, sangatlah  penting dan menjadi keterampilan dasar yang harus dimiliki guru dalam menjalankan fungsinya, ternyata perlu dilatih kembali untuk meningkatkan motivasi mengajar. Masih ada guru yang kesulitan menggunakan dan menggunakan pembelajaran berbasis teknologi karena kurangnya keterampilan dan pengetahuan atau Gaptek. Melalui program pelatihan dan pembinaan yang inspiratif bagi para guru untuk mengatasi kesulitan belajar online tersebut, para guru di SD Negeri 1 Sangkanwangi diharapkan mampu memodifikasi metode pengajarannya sesuai dengan kondisi dan keadaan, selanjutnya mereka berharap guru lebih fleksibel. dan terampil dalam mengajar sesuai dengan perkembangan zaman. Penerima pengabdian ini adalah para guru SDN Sangkanwangi 1 Kecamatan Leuwidamar. Metode yang digunakan adalah observasi, survey sekolah dan wawancara dengan pimpinan sekolah. Program tersebut disampaikan dengan memberikan pelatihan dan kemudian melanjutkan pendidikan terkait topik yang dibutuhkan mitra untuk mempersiapkan guru mengatasi permasalahan pembelajaran online. Hasilnya adalah pemahaman semua guru dalam menerapkan metode pengajaran inspiratif kepada siswa di kelas.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Puslit, XII(7).

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Kahfi, A. (2020). Tantangan Dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19. Dirasah, 03(2), 137–154. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir

Morrison, G. R., Ross, S. M., & Kemp, J. E. (2001). Designing effective instruction (3rd ed.). John Wiley.

Pamela Sammons , Ariel Mariah Lindorff , Lorena Ortega, A. K. (2014). Inspiring teaching: learning from exemplary practitioners. Jiurnal of Professional Capital & Community.

Rohani, S. (2013). Menjadi Guru Yang Inspiratif Pada Sekolah Islam Al Syukro Universal. 30.

Shen, T. (2012). Inspiring the Creativity and Imagination of University Students During Creative Curriculum by Teaching Design. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 45, 615–620. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.599

Slameto, S. (2015). Pembelajaran berbasis riset mewujudkan pembelajaran yang inspiratif. Satya Widya, 31(2), 102–112.

Sutarman, A., Wardipa, I. G. P., & Mahri, M. (2019). Penguatan Peran Guru di Era Digital Melalui Program Pembelajaran Inspiratif. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 229. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2097

Williams, L., Nixon, S., Hennessy, C., Mahon, E., & Adams, G. (2016). Inspiring to inspire: Developing teaching in higher education. Cogent Education, 3(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2016.1154259




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.11510

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.11510.g5232

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License