Peningkatan Pemahaman Literasi Digital Pada Remaja Milenial Di Desa Tirto

Feri Gunawan, Teddy Dyatmika

Sari


Literasi digital menjadi sebuah hal yang amat penting di era milenial seperti sekarang ini. Tak hanya sekedar membaca atau mengoperasikan perangkat digital melainkan menjadi suatu kesatuan lengkap kecakapan dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat, masyarakat dituntut untuk bisa cakap dalam menggunakan teknologi, tak terkecuali para remaja milenial di Desa Tirto yang dapat dikatakan notabene belum terlalu cakap dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Melalui kegiatan peningkatan pemahaman literasi digital ini diharapkan dapat menjadi sarana peningkatan pemahaman literasi digital pada remaja milenial Desa Tirto. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yakni penyuluhan langsung berupa pemaparan materi dan penerapan literasi digital dalam rangka penyelesaian permasalahan yang tengah dihadapi masyarakatHasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah peningkatan tingkat pemahaman peserta terkait dengan literasi digital, utamanya dalam rangka peningkatan pemanfaatan teknologi digital dalam berbagai aspek diantaranya kesehatan, pendidikan dan ekonomi. sehingga peserta dapat lebih memanfaatkan teknologi sebaik mungkin dan makin cakap digital.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariyanti, S. (2013). Study Of Digital Divide Measurement In Indonesia. Buletin Pos Dan Telekomunikasi, 11(4), 281–292. https://media.neliti.com/media/publications/41183-ID-studi-pengukuran-digital-divide-di-indonesia.pdf

Arrochmah, N. P., & Nasionalita, K. (2020). the Digital Divide Between X and Y Generation in a Government Province of Dki Jakarta. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 3(1), 26–39. https://doi.org/10.17933/diakom.v3i1.97

Cahyono, G., & Hassani, N. (2019). Youtube Seni Komunikasi Dakwah Dan Media Pembelajaran. Al-Hikmah, 13(1), 23. https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v13i1.1316

David, E. R., Sondakh, M., & Harilama, S. (2017). Pengaruh Konten Vlog Dalam Youtube Terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas Sam Ratulangi. Acta Diurna, 6(1), 93363. https://www.neliti.com/publications/93363/pengaruh-konten-vlog-dalam-youtube-terhadap-pembentukan-sikap-mahasiswa-ilmu-kom

Dyatmika, T., Bakhri, S., & Kamal, M. R. (2020). Kemampuan Siswa Dalam Menerima Informasi Hoax Covid-19. An-Nida: Jurnal Komunikasi Islam, 12(2). https://ejournal.unisnu.ac.id/JKIN/article/viewFile/1611/1484

Dyatmika, T., Bakhri, S., & Kamal, M. R. (2021). Hoax dan Literasi Media Internet di Era Covid-19. Sangkep, 4(1), 64–93. https://doi.org/10.20414/sangkep.v2i2.p-ISSN

Fajar, I. (2021). Kesenjangan Digital Tingkat Ketiga pada Pemuda Pedesaan di Kabupaten Cianjur , Indonesia. 10, 44–54. https://doi.org/10.31504/komunika.v9i1.4260

Giovanni, F., & Komariah, N. (2020). Hubungan Antara Literasi Digital Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma Negeri 6 Kota Bogor. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 7(1), 147. https://doi.org/10.21043/libraria.v7i1.5827

Hazizah, Z., Hazizah, Z., & Rigianti, H. A. (2021). Kesenjangan Digital di Kalangan Guru SD dengan Rentang Usia 20-58 Tahun di kecamatan Rajabasa.

Mac, A. (2019). Hoax dan Hate Spaceh di Dunia Maya. Lembaga Kajian Aset Budaya Indonesia.

Simarmata, J., Iqbal, M., Hasibuan, M. S., Limbong, T., & Albra, W. (2019). Hoaks dan Media Sosial: Saring Sebelum Sharing (Issue October). Yayasan Kita Menulis. https://www.researchgate.net/profile/Ms_Hasibuan/publication/336320022_Hoaks_dan_Media_Sosial_Saring_sebelum_Sharing/links/5d9c7600299bf1c363ff46c8/Hoaks-dan-Media-Sosial-Saring-sebelum-Sharing.pdf

Social, W. A. (2021). We Are Social, Indonesia digital 2019.

Syaripudin, A., Ahmad, D., Ningrum, D. W., Banyumurti, I., & Magdalena, M. (2020). Kerangka Literasi Digital. Kemendikbud RI.

Wisnubrata. (2020). Dampak Anak Nonton YouTube, Baik Atau Buruk? Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2020/10/12/07020007/kejahatan-siber-di-indonesia-naik-4-kali-lipat-selama-pandemi

Yodiansyah, H. (2017). Akses Literasi Media Dalam Perencanaan Komunikasi. Jurnal Ipteks Terapan, 11(2), 128. https://doi.org/10.22216/jit.2017.v11i2.966




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i2.10957

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i2.10957.g5522

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License