Pendampingan Redesign Kemasan dan Pencatatan Laporan Keuangan Bandeng Lelaki

Siska Ernawati Fatimah, Ida Rosnidah, Siti Nur Hadiyati

Sari


Gaya hidup modern yang mengakomodir makanan serba instan dalam tampilan menarik, sehingga pelaku umkm berlomba-lomba untuk melakukan inovasi produknya, termasuk salah satunya adalah olahan dari ikan bandeng, yaitu bandeng isi yang dilakukan oleh umkm Bandeng Lelaki, sebagai mitra dalam melakukan pengabdian masyarakat khususnya pendampingan yang berada di Kota Cirebon. Permasalahan yang dihadapi oleh umkm Bandeng Lelaki adalah kemasan masih dibuat secara sederhana, pelaku umkm belum sepenuhnya memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana promosi produknya, pengelolaan keuangan belum tertib. Metode dalam kegiatan pengabdian ini menggunakan observasi secara langsung pada lokasi UMKM Bandeng Lelaki. Selanjutnya kegiatan melakukan pertemuan dalam bentuk sosialisasi dan pendampingan. Hasil dari kegiatan pendampingan yang telah dilakukan kepada pelaku UMKM Bandeng Lelaki adalah sebagai berikut: pelaku usaha mampu mengidentifikasi bahan baku untuk kemasan sesuai kebutuhan, pelaku umkm mampu meciptakan ide desain kemasan dengan warna yang menarik,  mampu membuat laporan keuangan secara mandiri, mampu membuat promosi digital melalui instagram untuk produknya menjadi lebih menarik.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adi Patra, A. D. (2017). Pengolahan Ikan Bandeng (Chanos-Chanos) Cabut Duri. RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.35906/jipm01.v1i1.244

Amstrong, K. (2018). Princeples of Marketing.

Hadiratul Kudsiah, Joeharnani Tresnati, S. A. A. (2018). IbM Kelompok Usaha Bandeng Segar Tanpa Duri di Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan . Jurnal Panrita Abdi, 2(1), 55–63.

Jamaludin, Harahap, M. K., & Afri, E. (2020). Penggunaan Albanto ( Alat Bandeng Presto ) untuk Meningkatkan Nilai Olahan Ikan Bandeng Desa Batang Kilat – Medan. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 3(1), 136–142.

Kington, H., Chapman, M., Clarke, C., & Beesley, S. (2018). Principles of marketing. In BSAVA Manual of Small Animal Practice Management and Development. https://doi.org/10.22233/9781910443156.25

Kotler, P., Armstrong, G., Harris, L. C., & He, H. (2020). Principles of Marketing.

Kustini, K., Yuniningsih, Y., & Winarti, S. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Limbah Duri Bandeng Sebagai Bahan Pembuatan Krupuk Stik Di Kelurahan Gunung Anyar Tambak Kecamatan Rungkut Surabaya. Peduli, 2(2), 56–65.

Sri Winarti, Y. N. (2020). Pelatihan Pengemasan Dan Pelabelan Bandeng Sapit. 4(1).

Sudiyono, S. (2020). StudiI Tentang Bandeng Presto Crispy Pada. 3, 18–24.

Sukmana, N. C. (2020). Pelatihan dan penyuluhan pemanfaatan potensi ikan bandeng desa gumeno kabupaten gresik sebagai produk bernilai abon ikan bandeng. 5(2), 65–70.

Winangsih, R., Widyastuti, N. W., & Widyastuti, Y. (2019). Membangun Kemandirian Pangan Melalui Manajemen Komunikasi Pemasaran Sate Bandeng Sebagai Produk Unggulan Kota Serang. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 5(1), 105. https://doi.org/10.32528/pengabdian_iptek.v5i1.2268




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i2.10453

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i2.10453.g4960

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License