Uji Performa Teknik Klasifikasi untuk Memprediksi Customer Churn

Anggito Wicaksono, Anita Anita, Tesa Nur Padilah

Abstract


Perkembangan industri telekomunikasi sangatlah cepat, hal ini dapat dilihat dari perilaku masyarakat yang menggunakan internet dalam berkomunikasi. Perilaku ini menyebabkan banyaknya perusahaan telekomunikasi dan meningkatnya internet service provider yang dapat menimbulkan persaingan antar provider. Pelanggan memiliki hak dalam memilih provider yang sesuai dan dapat beralih dari provider sebelumnya yang diartikan sebagai customer churn. Peralihan ini dapat menyebabkan berkurangnya pendapatan bagi perusahaan telekomunikasi sehingga penting untuk ditangani. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui algoritme klasifikasi terbaik dan sesuai pada permasalahan customer churn. Penelitian ini dilakukan berdasarkan metode CRISP-DM sebagai alur penelitian dengan menerapkan tiga algoritme klasifikasi yaitu Logistic Regression, Decision Tree, dan Random Forest, yang dibantu dengan metode feature selection yaitu Backward Elimination untuk mengurangi variabel yang tidak signifikan. Hasil dari penelitian ini memperoleh bahwa algoritme Logistic Regression dengan Backward Elimination merupakan algoritme terbaik dengan nilai akurasi sebesar 82,23%, recall 57,22%, dan AUC sebesar 0,853 yang termasuk pada pemodelan good classification.

Full Text:

PDF

References


Bisri, A., & Rachmatika, R. (2019). Integrasi gradient boosted trees dengan smote dan bagging untuk deteksi kelulusan mahasiswa. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI), 8(4), 309–314. https://doi.org/10.22146/jnteti.v8i4.529

Chandranegara, D. R., Arifianto, S., & Wibowo, H. (2020). Analisa data pesawat terbang menggunakan metode elimination void data dan smoothing data. Jurnal POROS TEKNIK, 12(1), 1–7.

Drajana, I. C. R. (2019). Prediksi loyalitas pelanggan indihome dengan metode k-nearest neighbor. Jurnal Sistem Informasi dan Teknik Komputer, 4(2), 100–103. https://doi.org/10.4249/scholarpedia.1883

Fadillah, A. P. (2015). Penerapan metode CRISP-DM untuk prediksi kelulusan studi mahasiswa menempuh mata kuliah (Studi kasus universitas xyz). Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 1(3), 260–270. https://doi.org/10.28932/jutisi.v1i3.406

Golestan, F. D., & Hezarkhani, A. (2018). Quadratic investigation of geochemical distribution by backward elimination approach at Glojeh epithermal Au(Ag)-polymetallic mineralization, NW Iran. Journal of Central South University, 25(2), 342–356. https://doi.org/10.1007/s11771-018-3741-8

Herawati, M., Wibowo, I. L., & Mukhlash, I. (2016). Prediksi customer churn menggunakan algoritma fuzzy iterative dichotomiser 3. Limits: Journal of Mathematics and Its Applications, 13(1), 23–35. https://doi.org/10.12962/j1829605x.v13i1.1913

Kaggle. (2018). Telco customer churn [Data file]. San Francisco: Author.

Kavitha, V., Kumar, G. H., Kumar, S. M., & Harish, M. (2020). Churn prediction of customer in telecom industry using machine learning algorithms. International Journal of Engineering Research and Technology (IJERT), 9(5), 181–184. https://doi.org/10.17577/ijertv9is050022

Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2018). Analisa Industri Telekomunikasi Indonesia untuk Mendukung Efisiensi. https://balitbangsdm.kominfo.go.id/publikasi_465_3_199

Khumaidi, A. (2020). Data mining for predicting the amount of coffee production using CRISP-DM method. Jurnal Techno Nusa Mandiri, 17(1), 1–8.

https://doi.org/10.33480/techno.v17i1.1240

Lee, E. B., Kim, J., & Lee, S. G. (2017). Predicting customer churn in mobile industry using data mining technology. Industrial Management and Data Systems, 117(1), 90–109. https://doi.org/10.1108/IMDS-12-2015-0509

Li, X., & Li, Z. (2019). A hybrid prediction model for e-commerce customer churn based on logistic regression and extreme gradient boosting algorithm. International Information and Engineering Technology Association (IIETA), 24(5), 525–530. https://doi.org/10.18280/isi.240510

Machine Learning. (2020). Retrieved from https://developers.google.com/machine-learning/crash-course/training-and-test-sets/splitting-data.

Pamina, J., Beschi Raja, J., Sathya Bama, S., Soundarya, S., Sruthi, M. S., Kiruthika, S., Aiswaryadevi, V. J., & Priyanka, G. (2019). An effective classifier for predicting churn in telecommunication. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 11(1), 221–229.

Ullah, I., Raza, B., Malik, A. K., Imran, M., Islam, S. U., & Kim, S. W. (2019). A churn prediction model using random forest: analysis of machine learning techniques for churn prediction and factor identification in telecom sector. IEEE Access, 7, 60134–60149. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2019.2914999

Utami, Y. T., Shofiana, D. A., & Heningtyas, Y. (2020). Penerapan algoritma C4.5 untuk prediksi churn rate pengguna jasa telekomunikasi. Jurnal Komputasi, 8(2), 69–76.

Wardani, N. W., & Ariasih, N. K. (2019). Analisa komparasi algoritma decision tree C4.5 dan naïve bayes untuk prediksi churn berdasarkan kelas pelanggan retail. International Journal of Natural Sciences and Engineering, 3(3), 103–112.

Yulianti. (2018). Metode data mining untuk prediksi churn pelanggan. Jurnal ICT Akademi Telkom Jakarta, 17, 46–52.

Zhu, C., Idemudia, C. U., & Feng, W. (2019). Improved logistic regression model for diabetes prediction by integrating PCA and k-means techniques. Informatics in Medicine Unlocked, 17, 1–7. https://doi.org/10.1016/j.imu.2019.100179




DOI: https://doi.org/10.31294/bi.v9i1.9992

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/bi.v9i1.9992.g4800

ISSN2338-9761

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License