Pemanfaatan Model View Controller Sebagai Rancangan E-Enrollment Pada Taman Kanak-kanak Islam Terpadu

Sopiyan Dalis, Siti Nurmah, Heru Purwanto

Abstract


Penerimaan peserta didik baru merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan oleh setiap lembaga pendidikan setiap tahun ajaran baru. Setiap calon orangtua peserta didik baru TKIT Sholahuddin diharuskan untuk melewati prosedur penerimaan peserta didik baru, mulai dari pendaftaran, observasi, hingga diterima sebagai peserta didik baru. Penggunaan sistem penerimaan peserta didik baru yang masih manual menyebabkan beberapa masalah pada bagian administrasi. Untuk itulah penulis tertarik untuk merancang sistem informasi penerimaan peserta didik baru agar memudahkan bagian administrasi dalam mengelola data peserta didik baru. Dalam pengembangan perangkat lunak penulis menggunakan model Rapid Application Development (RAD), sedangkan untuk pengumpulan data penulis melakukan penelitian di TKIT Sholahuddin. RAD merupakan salah satu metode alternatif dari System Life Cycle yang seringkali digunakan untuk mengatasi keterlambatan yang terjadi dalam metode lain, sehingga dalam model ini tahapan dalam perancangan sistem lebih dipersingkat dan menghasilkan sistem informasi yang baik. Dalam pembuatan situs web ini penulis juga menerapkan metode MVC sebagai opsi dalam pengembangan sistem. Model View Controller (MVC) untuk mengklasifikasikan pengkodean pada database, tampilan dan kontrol logika aplikasi untuk memfasilitasi pengembangan lebih lanjut dari pola yang telah ditetapkan. Penelitian ini dilakukan untuk memaksimalkan pemanfaatan teknologi informasi berbasis web dengan menggunakan metode Customer Relationship Management (CRM) sehingga sistem e-Enrollment siswa baru di TKIT Sholahuddin dapat lebih efektif dan efisien.


Kata kunci: Sistem Informasi, RAD, MVC, CRM


Full Text:

PDF

References


Afrina, M., & Ibrahim, A. (2013). Rancang Bangun Electronic Costumer Relationship Management (E-CRM) Sebagai Sistem Informasi Dalam Peningkatan Layanan Perpustakaan Digital Fakultas Ilmu Komputer Unsri. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 5(NO. 2), 629-644. Diambil kembali dari http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/index

Al-Fatta, H. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Baran, R., Zerres, C., & Zerres, M. (2014). Customer Relationship Management. Chicago: bookbon.com.

Buttle, F. (2007). Customer Relationship Management (manajemen hubungan pelanggan) concept and Tools. Jakarta: Bayumedia.

Cahyana, N. H., Prasetyo, E. Y., & Himawan, H. (2013). APLIKASI PENERIMAAN SISWA BARU BERBASIS WEB (SMK Negeri 3 Yogyakarta). TELEMATIKA, 10(1), 1-8.

Deacon, J. (2009). Model-View-Controller (MVC) Architecture. Dalam J. Deacon, JOHN DEACON Computer Systems Development, Consulting & Training (hal. 1-6). New York: http://www.johndeacon.net/.

Hidayati, N. (2018). Penggunaan Rapid Application Development Dalam Rancang Bangun Program Simpan Pinjam Pada Koperasi. INTENSIF, 2(2), 87-97.

Hutahaean, J. (2014). Konsep Sistem Informasi. Yogyakarta: Deepublish.

Ladjamuddin, A.-B. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ramadhani, N. A. (2011). Pembangunan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Di Sekolah Menengah. Journal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 3(3), 35-43. doi:https://doi.org/10.3112/SPEED.V3I3.1258

Sukamto, R., & Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak : Terstruktur dan Berorientasi Objek Edisi Revisi. Bandung: Informatika.

Sutrisno, T. A., Prahasto, T., & Suhartono. (2012). Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Customer Relationship Management Menggunakan Teknologi Short Message Service (SMS). Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 03, 160-168. Diambil kembali dari http://ejournal.undip.ac.id/index.php/jsinbis

Tunggal, W. A. (2008). Balance Scorecard: Mengukur Kinerja Bisnis. Jakarta: Harvarindo.




DOI: https://doi.org/10.31294/bi.v7i1.6015

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/bi.v7i1.6015.g3334

ISSN2338-9761 (media online), 2338-8145 (media cetak)

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License