PENERAPAN ALGORITMA C4.5 UNTUK MENENTUKAN KEPUASAN PELANGGAN DALAM KUALITAS PELAYANAN PENGIRIMAN BARANG (Studi Kasus : PT Nusantara Card Semesta Cabang Kemanggisan)
Abstract
PT Nusantara Card Semesta merupakan sebuah perusahaan jasa pengiriman logistik baik paket dan dokumen dengan julukan the best for express dalam pelayanan pengiriman barang untuk menentukan kepuasan pelanggan, Penentuan akar pohon keputusan untuk menganalisis kepuasan pelanggan dalam pengiriman barang menggunakan algoritma C4.5, dalam hal ini pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara memberikan link google kuesioner sebanyak 50 responden untuk menetukan kepuasan pelanggan dalam pelayanan pengiriman barang, menghasilkan 5 rules Algoritma C4.5 dari 50 responden kuesioner dimana data klasifikasi dari atribut yang mempengaruhi pohon keputusan ( node 1 ) yaitu Ketepatan Waktu dengan Gain sebesar 0,4131 dengan tepat waktu sebanyak 39 serta tidak tepat waktu sebanyak 11 , ( node 1.1 ) yaitu Pelayanan dengan Gain sebesar 0,2473 dengan baik sebanyak 32 serta kurang baik sebanyak 7 dan ( node 1.2 ) yaitu Lokasi dengan Gain sebesar 0,4696 dengan mudah ditemukan sebanyak 3 serta sulit ditemukan sebanyak 4, maka peranan dari Algoritma C4.5 penting digunakan untuk menganalisa data serta mengetahui kepuasan pelanggan dalam pengiriman pada PT Nusantara Card Semesta cabang Kemanggisan untuk memperbaiki kualitas pelayanan agar pelanggan merasa puas yang di pengaruhi oleh ke 3 klasifikasi yang mempengaruhi akar dari pohon keputusan yaitu : Ketepatan Waktu, Pelayanan dan Lokasi.
Kata Kunci : Algoritma C4.5, Kepuasan Pelanggan, Data Mining
Full Text:
PDFReferences
Adriansa, M., Yulianti, L., & Elfianty, L. (2022). Analisis Kepuasan Pelanggan Menggunakan Algoritma C4. 5. Jurnal Teknik Informatika UNIKA Santo Thomas, 115–121.
Azwanti, N., & Elisa, E. (2020). Analisa Kepuasan Konsumen Menggunakan Algoritma C4. 5. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 3, 126–131.
Faisal, S. (2019). Klasifikasi data minning menggunakan algoritma c4. 5 terhadap kepuasan pelanggan sewa kamera cikarang. Techno Xplore: Jurnal Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 4(1), 38–45.
Febriani, S., & Sulistiani, H. (2021). Analisis Data Hasil Diagnoga Untuk Klasifikasi Gangguan Kepribadian Menggunakan Algoritma C4. 5. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(4), 89–95.
Lubis, F. S., Rahima, A. P., Umam, M. I. H., & Rizki, M. (2019). Analisis Kepuasan Pelanggan dengan Metode Servqual dan Pendekatan Structural Equation Modelling (SEM) pada Perusahaan Jasa Pengiriman Barang di Wilayah Kota Pekanbaru. SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, 17(1), 25–31.
Ningtiyas, T. S. (2020). Pengaruh persepsi harga, lokasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada jasa pengiriman barang. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN, 2(1).
Rohaeni, H., & Marwa, N. (2018). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ecodemica, 2(2), 312–318.
Sumbaryadi, A., Iriadi, N., & Yuliasari, F. I. (2021). Analisa Pengaruh Pelayanan Terhadap Kepuasan Customer Dalam Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Di Jne Pondok Kelapa. Jurnal Infortech, 3(1), 59–64. https://doi.org/10.31294/infortech.v3i1.10481
Takalapeta, S. (2018). Penerapan Data Mining Untuk Menganalisis Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Algoritma C4. 5. JIMP (Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan), 3(3).
DOI: https://doi.org/10.31294/bi.v12i1.17263
DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/bi.v12i1.17263.g6549
ISSN: 2338-9761