Pengukuran Kualitas Layanan Website EF2 Menggunakan Metode Webqual 4.0

Fuad Nur Hasan, Kartika Handayani, Noor Hasan

Abstract


Penyebaran COVID-19 menyembabkan pembatasan pada berbagai aspek kehidupan. Salah satunya adalah pendidikan. Pembelajaran secara daring merupakan perubahan yang harus dilakukan. Tujuannya agar kualitas pendidikan tetap terjamin dengan baik. Penggunakan website dalam pembelajaran daring menjadi salah satu pilihan. Penggunaan website dalam media pembelajaran daring digunakan pada mata kuliah entrepreneurship di Universitas Bina Sarana Informatika. Website Entreprenuer Fair atau website EF2 digunakan sebagai penilaian proposal bisnis kelompok mahasiswa pada mata kuliah tersebut. Perlu dilakukan evaluasi dan  pengembangan sehingga dilakukan pengukuran kualitas website. Webqual 4.0 digunakan untuk penilaian kualitas website EF2. Variabel Webqual yang digunakan adalah Kualitas Informasi, Kualitas Interaksi Layanan, Kualitas Antar Muka Pengguna, Usability dan Tingkat Kepuasan. Dari data yang didapatkan, terdapat 472 responden yang mengisi kuesioner dengan pertanyaan yang diajukan sebanyak 25 pertanyaan. Dalam mengolah data penelitian menggunakan aplikasi smatPLS untuk mengetahui tingkat validitas dan reabilitas dari data yang didapat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  kualitas interaksi layanan, kualitas antar muka pengguna dan usability memiliki efek yang positif pada tingkat kepuasan, sedangkan kualitas informasi tidak berpengaruh positif pada tingkat kepuasan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahwa  kualitas interaksi layanan, kualitas antar muka pengguna dan usability mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna website EF2. Sedangkan kualitas informasi perlu dilakukan perbaikan lebih lanjut.

Kata Kunci : Website, Entrepreneur, Covid-19 dan Webqual

 

The spread of COVID-19 causes restrictions on various aspects of life. One of them is education. Online learning is a change that must be made. The goal is that the quality of education is guaranteed to be good. The use of websites in online learning is an option. The use of websites in online learning media is used in entrepreneurship courses at Bina Sarana Informatika University. The Entrepreneur Fair website or the EF2 website is used as an assessment of student groups' business proposals for these courses. It is necessary to evaluate and develop so that the quality of the website is measured. Webqual 4.0 is used to assess the quality of the EF2 website. The Webqual variables used are Information Quality, Service Interaction Quality, User Interface Quality, Usability and Satisfaction Level. From the data obtained, there were 472 respondents who filled out a questionnaire with 25 questions asked. In processing research data using the SMATPLS application to determine the level of validity and reliability of the data obtained. The results showed that the quality of service interaction, user interface quality and usability had a positive effect on the level of satisfaction, while the quality of information did not have a positive effect on the level of satisfaction. So it can be concluded that the quality of service interaction, user interface quality and usability affect the level of satisfaction of EF2 website users. Meanwhile, the quality of information needs to be improved further.

Keywords: Website, Entrepreneur, Covid-19 and Webqual


Full Text:

PDF

References


Argaheni, N. B. (2020). Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99. https://doi.org/10.20961/placentum.v8i2.43008

Diana Novita, A. R. H. (2020). Plus Minus Penggunaan Aplikasi-Aplikasi Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Unimed Medan, June, 1–11.

Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/ijes/article/view/659

Handayani, K., Juningsih, E. H., Riana, D., Hadianti, S., Rifai, A., & Serli, R. K. (2020). Measuring The Quality of Website Services covid19.kalbarprov.go.id Using The Webqual 4.0 Method. Journal of Physics: Conference Series, 1641, 012049. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1641/1/012049

Hasan, F. N., Handayani, K., & Hasan, N. (2022). Pengukuran Kualitas Layanan Website EF2 Menggunakan Metode WebQual 4.0.

Kurniasih, A., Santoso, A. K., Riana, D., Kadafi, A. R., Dari, W., & Husin, A. I. (2020). TAM Method and Acceptance of COVID-19 Website Users in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1641(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1641/1/012020

Marliana, R. R. (2019). Partial Least Square-Structural Equation Modeling Pada Hubungan Antara Tingkat Kepuasan Mahasiswa Dan Kualitas Google Classroom Berdasarkan Metode Webqual 4.0. Jurnal Matematika, Statistika Dan Komputasi, 16(2), 174. https://doi.org/10.20956/jmsk.v16i2.7851

Nugraha, R. A., Andriyanto, D., Riana, D., & Khasanah, S. N. (2020). Analysis of Factors Affecting Quality of corona.jatengprov.go.id Website Towards User Satisfaction using Webqual 4.0 Method. Journal of Physics: Conference Series, 1641, 012066. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1641/1/012066

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sitohang, H., Rosmiati, & Elisa, Era Sinaga, S. (2021). Aplikasi E-Learning Berbasis Web untuk Pembelajaran Jarak Jauh. JSAI : Journal Scientific and Applied Informatics, 4(01), 106–115. https://doi.org/10.36085/jsai.v4i1.1334




DOI: https://doi.org/10.31294/bi.v10i1.12646

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/bi.v10i1.12646.g5347

ISSN2338-9761

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License