Rancang Bangun Sistem Informasi Pembayaran Administrasi Berbasis Desktop Pada STMIK Mahakarya
Abstract
Abstrak - Meskipun penerapan teknologi informasi terus berkembang pada kenyataannya masih terdapat instansi–instansi yang belum tersentuh dengan adanya teknologi informasi itu sendiri, seperti halnya pembayaran administrasi pada STMIK Mahakarya masih menggunakan proses pencatatan untuk menangani proses pembayaran administrasi mahasiswa, sehingga timbul suatu permasalahan dalam hal keefektifan dan efisiensi pengelolaan data menjadi sebuah informasi dalam proses manajemen kampus. Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam pengelolaan lembaga ini sangat diperlukan agar pengelolaan terhadap institusi ini lebih efektif dan efisien. Sistem yang dibut berbasis desktop dapat berjalan secara independent, tanpa menggunakan browser dan tidak membutuhkan internet sehingga prosesnya lebih cepat. Pada dasarnya sebuah lembaga maupun organisasi yang memanfaatkan teknologi informasi secara optimal yang dapat bertahan dalam era global ini, karena lewat pemanfaatan teknologi informasi sebuah lembaga atau organisasi dapat mengaskses informasi dengan cepat, tepat dan akurat serta dapat memberikan pelayanan yang efektif dan efisien. Melihat permasalahan yang ada, maka penelitian ini dibuat untuk merancang sistem sistem informasi pembayaran administrasi pada STMIK mahakarya berbasis desktop, metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah waterfall yang merupakan metode pengembangan perangkat lunak tertua sebab sifatnya yang natural. Penelitian ini mengumpulkan data dengan metode studi pustaka, observasi serta wawancara. Sistem dibuat menggunakan Embarcadero Delphi XE2 dan database Microsoft Accesss 2007. Sistem yang direncanakan bertujuan menyelesaikan permasalahan menyangkut sistem pembayaran administrasi pada STMIK Mahakarya, sistem yang dibuat sesuai dengan perancangan berdasarkan pengujian black box, dan dapat diterima user dengan hasil sangat setuju berdasarkan pengujian user acceptance test dengan nilai performance 96%.
Kata Kunci : Sistem Informasi, Pembayaran Administrasi, Kampus, Embarcadero Delphi XE2
Abstract - Although the application of information technology continues to grow, in fact there are still institutions that do not yet exist with the technology itself, such as payment for administrative information at STMIK Mahakarya still using the recording process to handle the student administration payment process, so there is a problem in terms of effectiveness and efficiency of management. data into information in the campus management process. Utilization of Information Technology in the management of this institution is very necessary so that the management of this institution is more effective and efficient. Basically an institution or organization that utilizes information technology optimally can survive in this global era, because through the use of information technology an institution can access information quickly, precisely and accurately and can provide effective and efficient services. Seeing the problems that were advertised, this research was made to design an administrative payment information system at the desktop-based STMIK masterpiece, the software development method used was waterfall which is the oldest software development method because it is natural. This research collects data by using literature study, observation and interview methods. The system is made using Embarcadero Delphi XE2 and Microsoft Access 2007 database. The planned system aims to solve the problem of the administrative payment system at STMIK Mahakarya, the system is made according to the design based on black box testing, and can be accepted by the user with the results strongly agreeing based on the user acceptance test. with a performance value of 96%.
Keywords: Information Systems, Administration Payments, Campus, Embarcadero Delphi XE2
Full Text:
PDFReferences
Alqodri, A. A. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Administrasi Keuangan Siswa Berbasis Dekstop. Universitas Teknologi Yogyakarta.
Fauziah, I. (2020). Sistem Informasi Pembayaran Administrasi Mahasiswa Menggunakan Metode User Centered Design (Studi Kasus: Stai Bunga Bangsa Cirebon). Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 1(1), 21–29.
Hidayat, C. (2021). Pengertian Metode Waterfall dan Tahap-Tahapnya. Ranahresearch.Com. https://ranahresearch.com/metode-waterfall/
Ian, S. (2011). Software engineering. Addison-wesley.
Rochman, A., Sidik, A., & Nazahah, N. (2018). Perancangan Sistem Informasi Administrasi Pembayaran SPP Siswa Berbasis Web di SMK Al-Amanah. Jurnal Sisfotek Global, 8(1).
Rosa, A. S., & Salahudin, M. (2015). S., dan Shalahuddin. Bandung: Informatika.
Supriatna, R. (2019). Implementasi Dan User Acceptance Test (UAT) Terhadap Aplikasi E-Learning pada Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Kota Banda Aceh. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Supriyono, S. (2020). Software Testing with the approach of Blackbox Testing on the Academic Information System. IJISTECH (International Journal of Information System & Technology), 3(2), 227–233.
Wahidin, A. J. (2021). Pengembangan Sistem Informasi SMS Gateway Dalam Meningkatan Layanan Pada STMIK Mahakarya. Sebatik, 25(2), 581–589. https://doi.org/https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1612
DOI: https://doi.org/10.31294/bi.v10i2.12110
DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/bi.v10i2.12110.g5676
ISSN: 2338-9761