Kajian TIK dan Karakteristik Organisasi : Perbedaan Optimalisasi Internet pada Aktivitas Operasional Lembaga Amil Zakat

Hanifah Permatasari, Indah Nofikasari

Abstract


Lembaga Amil Zakat (LAZ) menerima tuntutan untuk dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat, guna mewujudkan transparansi, akuntabilitas, pelayanan dan jangkauan citra lembaga. LAZ memiliki beberapa kantor perwakilan dan kantor layanan yang tersebar di berbagai daerah. Seluruh kegiatan operasional LAZ tidak hanya berada di kantor pusat saja, melainkan di kantor perwakilan juga. LAZ perlu berbagi data, dan meletakkan data-data tersebut secara terpusat. Internet menjadi salah satu alat yang memungkinkan LAZ dapat mengupayakan hal tersebut. Namun demikian, ternyata ada perbedaan karakteristik organisasi sehingga mempengaruhi perbedaan dalam optimalisasi internet. Penelitian ini telah menganalisis pemanfaatan internet pada kegiatan operasional LAZ, dan memaparkan temuan-temuan yang diperoleh ketika penelitian. Penelitian ini bersifat kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan pendekatan interpretif, dan wawancara dengan teknik snowball sampling pada enam LAZ.  Hasilnya, adanya perbedaan kebutuhan organisasi menyebabkan adanya perbedaan pemanfaatan internet. Adapun perbedaan kebutuhan ini dipicu oleh kondisi perkembangan LAZ dan jumlah jangkauan relawan LAZ.

Full Text:

PDF

References


Anggraini, D. S. (2018). PERAN MEDIA TERHADAP STRATEGI FUNDRAISING VIA ONLINE DI LAZ NURUL HAYAT CABANG SEMARANG. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG.

Anheier, H. K. (2005). Nonprofit Organizations: Theory, Management, Policy. In Social Policy (Vol. 2printing). http://books.google.com/books?id=s_uzg-KoVyIC&pgis=1

Anwar, A. S. H. (2012). Model Tatakelola Badan Dan Lembaga Amil Zakat Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (Studi Pada Badan/Lembaga Amil Zakat Di Kota Malang). Jurnal Humanity, 7(2), 1–13.

Bayu, M. R., & Firdaus, D. W. (2015). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Dalam Peningkatan Akuntabilitas dan Mutu Pengelolaan Zakat, Infaq dan Sedekah. 109.

Canggih, C., Fikriyah, K., & Yasin, A. (2017). Potensi Dan Realisasi Dana Zakat Indonesia. Al-Uqud: Journal of Islamic Economics, 1(1), 14–26. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/jie.v1n1.p14-26

Creswell, J. (1998). W.(1998). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Traditions, 2.

Dumont, G. E. (2013). Transparency or accountability? The purpose of online technologies for nonprofits. International Review of Public Administration, 18(3), 7–29. https://doi.org/10.1080/12294659.2013.10805261

Eveland, V. B., & Crutchfield, T. N. (2007). Understanding why people do not give: strategic funding concerns for AIDS-related nonprofits. International Journal of Nonprofit and Voluntary Sector Marketing, 12(1), 1–12. https://doi.org/10.1300/J054v12n01

Ghatak, P., Sachet, G., & Tham, J. (2009). Promoting Nonprofit Organisations ’ IT Enablement in Singapore White Paper : Promoting Nonprofit Organisations ’ IT Enablement in Singapore.

Gufroni, A. I., Wisandani, I., & Sukmawati, H. (2014). Sistem Informasi Unit Pengumpul Zakat Terintegrasi ( Studi Kasus : BAZNAS Kota Tasikmalaya ). Jnteti, 3(4), 236–241. ejnteti.jteti.ugm.ac.id/index.php/JNTETI/article/view/109

Hamidi, N. (2013). Analisis Akuntabilitas Publik Organisasi Pengelola Zakat Berdasarkan Aspek Pengendalian Intern Dan Budaya Organisasi (Survei pada Organisasi Pengelola Zakat di Indonesia). VIII(1), 13–34.

Hart, T. R. (2002). ePhilanthropy: Using the Internet to build support. International Journal of Nonprofit and Voluntary Sector Marketing, 7(4), 353–360.

Hatten, M. L. (2018). Strategic Management in Not-For-Profit Organizations Author ( s ): Mary Louise Hatten Published by : Wiley Stable URL : https://www.jstor.org/stable/2486151 REFERENCES Linked references are available on JSTOR for this article : You may need to log in to J. 3(2), 89–104.

Hedelin, L., & Allwood, C. M. (2002). IT and strategic decision making. Industrial Management and Data Systems, 125–139. https://doi.org/10.1108/02635570210421318

Hikmet, N., Bhattacherjee, A., Menachemi, N., Kayhan, V. O., & Brooks, R. G. (2008). The role of organizational factors in the adoption of healthcare information technology in Florida hospitals. Health Care Management Science, 11(1), 1–9. https://doi.org/10.1007/s10729-007-9036-5

Indonesia, R. (2011). Undang-Undang No. 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat. Lembaran Negara RI Tahun.

Khaerany, R. (2013). Akuntabilitas dan Transparansi Lembaga Pengelola Zakat Terhadap Kualitas Lembaga Amil Zakat (Pandangan Muzakki dan Amil Zakat pada Dompet Dhuafa Sulsel). Doctoral Dissertation. http://repository.unhas.ac.id/bitstream/handle/123456789/4804/SKRIPSI RIZKY.pdf?sequence=2

Lee, T. E., Chen, J. Q., & Zhang, R. (2001). Utilizing the Internet as a competitive tool for non-profit organizations. Journal of Computer Information Systems, 41(3), 26–31.

Lestari, P., Pratiwi, U., Ulfah, P., Ekonomi, F., Bisnis, D., Jenderal, U., & Purwokerto, S. (2015). Identifikasi Faktor Organisasional dalam Pengembangan " E-Governance " pada Organisasi Pengelola Zakat. 31(1), 221–228.

Lubis, M., Bilal, M., Lumpur, K., Yaacob, N. I., Omar, Y., Dahlan, A. a, Muharman Lubis, Nurul Ibtisam Yaacob, Yusoff Omar, & Abdurrahman A. Dahlan. (2011). Enhancement of Zakat Distribution Management System : Case Study in Malaysia. International Management Conference 2011 Proceedings, 1–10. http://irep.iium.edu.my/4261/1/IMAC2011_EnhancementZakatDistribution.pdf

Mubarok, A., & Fanani, B. (2014). Penghimpunan Dana Zakat Nasional (Potensi, Realisasi dan Peran Penting Organisasi Pengelola Zakat). Permana, 5(2), 7–16. http://e-journal.upstegal.ac.id/index.php

Nuraini, H., & Ridla, M. R. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Lembaga dan Religiusitas terhadap Minat Muzakki untuk Menyalurkan Zakat Profesi. Jurnal MD, 1(2), 207–228.

O’Hanlon, R., & Chang, V. (2007). Towards a Model of Internet Technology Adoption for Not-for-profit Organisations. ACIS 2007 Proceedings, Paper 6.

Pollach, I., Treiblmaier, H., & Floh, A. (2005). Online Fundraising for Environmental Nonprofit Organizations. Proceedings of the 38th Annual Hawaii International Conference on System Sciences, 00(C), 178b-178b. https://doi.org/10.1109/HICSS.2005.470

Pratomo, F. E. K. A. (2016). PADA PEMBERDAYAAN EKONOMI MUSTAHIK JURUSAN EKONOMI SYARI ’ AH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI.

Putra, D. A. D., Jasmi, K. A., Basiron, B., Huda, M., Maseleno, A., Shankar, K., & Aminudin, N. (2018). Tactical steps for e-government development. International Journal of Pure and Applied Mathematics, 119(15).

Rahman, T. (2015). Akuntansi Zakat , Infak dan Sedekah (PSAK 109): Upaya Peningkatan Transparansi dan Akuntabilitas Organisasi Pengelola Zakat (OPZ). Jurnal Muqtasid, 6(109), 141–164.

Rini. (2016). Penerapan Internet Financial Reporting Untuk Meningkatkan Akuntabilitas Organisasi Pengelola Zakat. Akuntansi Multiparadigma JAMAL, 7(2), 288–306. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18202/jamal.2016.08.7022

Salganik, M. J., & Heckathorn, D. D. (2004). Sampling and Estimation in Hidden Populations Using Respondent-Driven Sampling. American Sociological Methology, 34(2004), 193–239.

Sartika, M. (2008). Pengaruh Pendayagunaan Zakat Produktif terhadap Pemberdayaan Mustahiq pada LAZ Yayasan Solo Peduli Surakarta. Jurnal La Riba (Jurnal Ekonomi Islam), 2(1), 75–89. https://doi.org/10.20885/lariba.vol2.iss1.art6

Shi, W. (2017). Social Media and Stakeholders ’ Relationship in Nonprofit Organizations. 157.

Spencer, T. (2002). The potential of the Internet for non-profit organizations. First Monday, 7(8).

Waters, R. D., Burnett, E., Lamm, A., & Lucas, J. (2009). Engaging stakeholders through social networking: How nonprofit organizations are using Facebook. Public Relations Review, 35(2), 102–106. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2009.01.006

Yuliafitri, Indri; Khoiriyah, A. N. (2016). PENGARUH KEPUASAN MUZAKKI, TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT TERHADAP LOYALITAS MUZAKKI. Jurnal Ekonomi Islam, 7(2), 205–218.




DOI: https://doi.org/10.31294/bi.v9i2.11169

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/bi.v9i2.11169.g5098

ISSN2338-9761

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License