PENGARUH KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PT. BPRKS CABANG DAGO BANDUNG

Windry Setyaning Warsito

Abstract


Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. BPRKS Cabang Dago Bandung”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan, loyalitas nasabah, dan untuk mengetahui pengaruhnya atas Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. BPRKS Cabang Dago Bandung.  Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan analisis asosiatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, yaitu dengan melakukan observasi serta menyebarkan kuesioner kepada responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah lembar angket teknik sensus. Ukuran sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 responden. Penelitian ini membuktikan bahwa Kepuasan Nasabah pada PT. BPRKS Cabang Dago Bandung berdasarkan analisis deskriptif, menunjukan tingkat pencapain sebesar 126.3. Hal ini menunjukan kondisi Kepuasan yang baik. Loyalitas Nasabah pada PT. BPRKS Cabang Dago  Bandung, berdasarkan analisi deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 30 Orang menunjukan tingkat pencapaian sebesar 123.2. Hal ini menunjukan kondisi Loyalitas Nasabah yang baik, dengan koefisien korelasi Rank Spearman yang di dapat sebesar (+) 0.503. Artinya semakin Tinggi Kepuasan  Nasabah maka akan semakin Tinggi Loyalitas Nasabah.


Full Text:

PDF

References


Bambang S. Soedibjo ,2005 Pengatar Metode Penelitian untuk Jurusan Manajemen STIE PASIM

Basu Swastha DH, 2002. Pengantar Bisnis Modern. Edisi 3. Yogyakarta : Liberty.

Djaslim Saladin dan Yevis Oesman, 2003. Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaa, Pelaksanaan dan Pengendalian. Bandung : Linda Karya

Gasper SZ, V . ( 2005 ) Total Quality Management, Jakarta : PT . Gramedia Pustaka Utama.

Griffin, Jill, 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan, Erlangga, Jakarta.

Irawan, Handi, 2008. Membedah strategi Kepuasan pelanggan. Cetakan pertama. Jakarta : Pradnya Paramitha, h. 45. Kelompok Gramedia.

Lupiyoadi, Rambat. 2001, Manajement Pemasaran Jasa Teori dan Praktik Jakarta : Penerbit Salemba Empat.

Kotler, Philip, 2005. Manajemen Pemasaran, Alih Bahasa Benjamin Molan, Jakarta : Prenhallindo.

Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Indeks : Jakarta

Kotler, P. and Amstrong, G. 2010,” principles of marketing ”, 13th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Sugianto, T. (2009), Pengaruh Pemberian Kredit Umum Pedesaan Sebagai kredit Mikro Terhadap Pencapaian Laba di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Majalaya Unit Nagreg, Bandung : Skrpsi pada STIE Kridatama, tidak diterbitkan.

Zeithaml, Valerie A., marry to Bitner, and Dwayne D. Gremler (2009) Srvice Marketing : Integrating customer across the firm, 6th ed. Irwin Mc Graw Hill




DOI: https://doi.org/10.31294/widyacipta.v2i2.4350

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/widyacipta.v2i2.4350.g2612

 dipublikasikan oleh LPPM UBSI

Jl. Kamal Raya No. 18 Cengkareng, Jakarta Barat

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License