Manajemen, Ekonomi, Sekretaris, SDM

Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Widya Cipta - Jurnal Sekretari dan Manajemen?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Redaksi menerima naskah berupa artikel, hasil penelitian atau karya ilmiah yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya pada media-media lainnya melalui laman http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta.

Petunjuk Umum Penulisan

Artikel belum pernah dipublikasikan dalam media lain dan tidak ada unsur plagiat. Pernyataan bebas plagiat dapat disertakan dalam dokumen yang ditandatangani penulis dan diunggah pada supplementary file (step 4), atau dapat juga dengan melampirkan hasil cek plagiarism.

Format penulisan 2 kolom dengan lebar sama rata, jarak kolom 1 cm menggunakan ukuran kertas A4 (21x29,7cm) Margin teks dari kiri dan atas 3 cm, kanan dan bawah 2 cm. Naskah ditulis dalam Microsoft Word, spasi tunggal, Times New Roman 10pt dan minimal 6 halaman. Pengaturan paragraph dengan jarak 6pt pada spacing after dan tidak menggunakan First Line Indent.

Judul artikel harus mendeskripsikan isi dan merupakan kemungkinan penggunaan kata paling sedikit. Hindari penggunaan kata yang membuat menjadi terlalu panjang seperti "Sebuah Studi dari...", "Investigasi tentang..", "Pelaksanaan...", "Pengamatan pada...", "Pegaruh...", "Analisis...", "Desain...", dll. Pencarian artikel tergantung pada keakuratan judul, disamping itu kata kunci juga membantu dalam referensi pencarian.

Pendahuluan harus mendeskripsikan latar belakang yang jelas, pernyataan yang jelas dari masalah, literatur yang relevan terhadap subjek, pendekatan atau solusi yang diusulkan, dan nilai baru dari penelitian yang memuat inovasi.

Pengelolaan dan kutipan dari daftar pustaka yang dibuat dalam gaya APA (Sanjaya, Ramdhani, & Prasetio, 2016). Istilah dalam bahasa asing ditulis cetak miring (italic). Tulisan artikel disajikan dalam struktur bagian: Pendahuluan – Metode Penelitian/ Algoritma (opsional) - Hasil dan Pembahasan - Kesimpulan.

Tinjauan pustaka dapat digunakan oleh penulis dalam bab "Pendahuluan" untuk menjelaskan perbedaan penelitian dengan artikel lainnya, bahwa tulisan merupakan inovasi terbaru.

Jika penelitian memiliki orisinalitas tinggi, yang mengusulkan metode atau algoritma baru, bab tambahan setelah "Pendahuluan" dan sebelum "Metode Penelitian" dapat ditambahkan untuk menjelaskan secara singkat metode atau algoritma yang diusulkan. Bab Pendahuluan juga dapat memuat teori-teori pendukung dari metode yang diusulkan untuk pemecahan suatu masalah dan/atau pengembangan dari metode tersebut, yang didasarkan referensi yang jelas (buku, jurnal, prosiding dan artikel ilmiah lainnya).

Format Tampilan Dokumen

Format penulisan abstrak ditulis dalam satu paragraf dan dicetak miring jika menggunakan bahasa Inggris serta menggunakan perataan kiri dan kanan. Sedangkan naskah dari Pendahuluan sampai Referensi dibuat dalam model dua kolom. Judul pada Tabel dan Gambar menggunakan nomor urut Tabel 1, Tabel 2, dst. Atau Gambar 1, Gambar 2, dst. Bentuk tabel hanya menggunakan desain garis horizontal untuk setiap isian data,

Metodologi Penelitian

Menjelaskan kronologis penelitian, termasuk desain penelitian, prosedur penelitian (dalam bentuk algoritma, Pseudocode atau lainnya), bagaimana untuk menguji dan akuisisi data. Deskripsi dari program penelitian harus didukung referensi, sehingga penjelasan tersebut dapat diterima secara ilmiah.

Hasil dan Pembahasan

Pada bagian ini, dijelaskan hasil penelitian dan pada saat yang sama diberikan pembahasan yang komprehensif. Hasil dapat disajikan dalam angka, grafik, tabel, dan lain-lain yang membuat pembaca memahami dengan mudah. Pada bagian ini ditekankan nilai baru dari penelitian yang memuat inovasi, serta implikasinya. Pembahasan dapat dibuat dalam beberapa sub-bab.

Kesimpulan

Memberikan pernyataan bahwa apa yang diharapkan, seperti yang dinyatakan dalam "Pendahuluan" akhirnya dapat mengakibatkan "Hasil dan Diskusi", sehingga ada kompabilitas. Selain itu dapat juga ditambahkan prospek pengembangan hasil penelitian dan prospek penerapan studi lanjutan. Hindari Data Statistik dan Sampaikan pula rekomendasi untuk penelitian berikutnya berdasarkan sumber.

Referensi

Referensi utama adalah jurnal internasional dan jurnal nasional terakreditasi. Semua referensi harus yang paling relevan dan merupakan sumber terbaru. Referensi yang ditulis dalam gaya APA menggunakan software Mendeley. Setiap kutipan harus ditulis dalam urutan Ascending (A-Z). Tidak perlu dikelompokkan berdasarkan buku, jurnal, dll. Referensi dari website/url internet dapat diperoleh dari sumber yang terpercaya.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Penulis melaulukan penyerahan naskah secara online melalui ojs
  2. Dokumen yang diunggah adalah versi Word (doc atau docx)
  3. Penulis melengkapi formulir untuk penulis secara lengkap termasuk Judul, Abstrak, dan Referensi
  4. Penulis mengunggah Surat Pernyataan Orisinalitas dari naskah yang dikirimkan
  5. Proses review oleh reviewer akan dilakukan jika naskah telah sesuai dengan template. Hasil Proses Review akan diserahkan kembali kepada penulis untuk direvisi dan diunggah oleh penulis.
  6. Naskah yang telah memenuhi syarat akan dipublish di bulan Maret atau September
 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan yang telah dinyatakan jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk tujuan lain atau pihak lain.