STRATEGI KREATIF PRODUSER DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI PROGRAM MISSION X TRANSTV

Murtiadi Murtiadi

Sari


Mission X merupakan salah satu program game show yang ditayangkan oleh TRANS TV, tantangan bagi Produser yaitu penonton atau masyarakat yang kian hari semakin cerdas dalam memilih sebuah tayangan. Hal ini menarik peneliti untuk mengetahui bagaimana strategi kreatif produser dalam mempertahankan eksistensi program Mission X pada stasiun televisi TRANS TV. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi kreatif produser dalam mempertahankan eksistensi program Mission X pada stasiun televisi TRANS TV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan penelusuran dokumen dan diakhiri dengan analisis. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu bagi Produser dan tim, komunikasi merupakan hal yang mempengaruhi keberhasilan dalam tim. Seorang Produser dalam menentukan strategi kreatif program Mission X berlandaskan pada elemen-elemen sebagai berikut: target penonton, bahasa naskah, format acara, punching line, gimmick and funfare, clip hanger, time and bumper, penata artistik, music and fashion, ritme dan birama acara, andago dan music track untuk ID tune, general rehearsel (GR), dan interactive program. Eksistensi program Mission X dapat bertahan dikarenakan adanya strategi kreatif yang selalu berinovasi dan komunikasi yang sudah terjalin dengan baik.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bungin, B. (2007). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Gunawan, I. (2013). Metode Penulisan Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, L. J. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Morissan. (2009). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta: Kencana.

Nurudin. (2011). Pengantar Komunikasi Massa (4th ed.). Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprapto, T. (2007). Berkarir Di Bidang Broadcasting. Yogyakarta: Media Pressindo.

Suprapto, T. (2011). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Buku Seru.

Wibowo, F. (2007). Teknik Produksi Program Televisi. Jakarta: Pinus Book Publisher.




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v6i1.5197

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v6i1.5197.g3331

ISSN: 2549-3299

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Dewi Sartika No. 289, Cawang, Jakarta Timur Telp : 021-8010836