Jurnal Imu Komunikasi

Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk J-IKA?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Pengiriman naskah Jurnal Ilmu Komunikasi dilakukan melalui Online/ejournal dan tidak dikirimkan melalui email.  Namun, untuk informasi/pemberitahuan revisi, diterima atau ditolaknya Naskah dikirim melalui email, dan hasil koreksi/ perbaikan naskah dari redaksi dan Mitra Bestari harus dimasukan kembali ke Jurnal Online J-IKA (tidak melalui email).

Petunjuk untuk Penulis / Penyerahan Naskah Online atau sebagai Pembaca Jurnal:

  1. Pengunjung diwajibkan memiliki "user name" dengan terlebih dahulu (klik) "daftar" dan membuat kata sandinya (sendiri) agar bisa masuk/akses ke J-IKA serta mengisi Profil lengkap. Penulis perlu 'Mendaftar'  dengan Jurnal J-IKA sebelum menyerahkan Naskahnya.  Namun, jika sudah terdaftar, maka lakukan langkah  login dan mulai proses lima langkah memasukan naskah.
  2. Memulai Penyerahan Naskah Baru
    Klik Disini Masuk ke langkah pertama dari lima langkah proses penyerahan naskah.
    Langkah 1. Memulai Penyerahan Naskah

    (1) Mulai; (2) Unggah Naskah; (3) Masukkan Metadata
    (4) Unggah File Tambahan;  (5) Konfirmasi
  3. "Login" diperlukan untuk 'Pembaca' yang menginginkan naskah lengkap dan bisa diunduh PDF-nya atau Para Penulis yang ingin menyerahkan naskah serta bisa mengecek status naskah yang dikirimkannya hingga sampai diterbitkannya, sedangkan informasi naskah yang di review akan diberitahukan  melalui email;
  4. Jika hanya ingin mencari atau melihat Isi Jurnal baik nama atau naskah yang pernah dimuat di Jurnal J-IKA, silahkan pilih menu 'CARI'.

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Artikel harus orsinil dan berupa hasil penelitian lapangan atau hasil pemikiran konseptual, yang berkaitan dengan sosial dan pembangunan; dan Artikel tidak sedang dalam proses pengajuan publikasi di Jurnal Lain  dan belum pernah dipublikasikan pada Prosiding dan atau Jurnal Ilmiah lain.
  2. Artikel ditulis dengan bahasa Indonesia, sesuai dengan kaidah penggunaan bahasa yang berlaku. Artikel diketik dengan spasi 1 (satu) pada kertas A4  dengan menggunakan program pengolah kata MS-Word for Windows, menggunakan huruf “Times New Romans”  11 font, tanpa pemenggalan kata (hard-hyphenation), dan panjang tulisan 3500-5.500 kata.
  3. Judul artikel  ditulis secara spesifik dan efektif, tidak lebih dari 12 kata. Dengan ukuran 18 font
    Identitas Penulis dituliskan nama lengkap dan tidak mencantumkan gelar. Cantumkan alamat afiliasi/institusi dan alamat email penulis sesuai dengan contoh di bawah ini:

    1) Riska Aryanti, 2) Widarti, dan 3) Siti Marlina

    1) Universitas Bina Sarana Informatika,riska.rts@bsi.ac.id
    2) Universitas Bina Sarana Informatika, widarti.wdr@bsi.ac.id
    3) STIMIK Nusa Mandiri Jakarta, siti.smr@bsi.ac.id
  4. Artikel dilengkapi dengan abstrak dalam bahasa Inggris dan Indonesia (dua bahasa), masing-masing berisi 100 s.d 250 kata,  disertai  3 s.d 5 kata kunci.
  5. Naskah dibuat dalam bentuk 2 (dua) kolom, kecuali judul utama, nama penulis dan abstrak.
  6. Sistematika penulisan J-IKA, sebagai berikut:
    •  Di dalam penulisan artikel, hindari penggunaan dot point,  pengabjadan, atau penomoran seperti contoh berikut ini:
    1.  ......................
    2.  ......................
    Tetapi  ditulis dalam rangkaian kalimat, sebagai berikut: (1) ….; (2) ….

    Artikel ditulis dalam bentuk essay, sehingga tidak ada format numeric (atau abjad) yang memisahkan antarbab/bagian, ataupun untuk menandai bab / bagian baru;  Kesimpulan tidak dirinci dalam poin-poin, tetapi berupa paragraph.

  7. Setiap kutipan harus menyebutkan sumber pustaka yang termutakhir secara lengkap dan ditulis dengan sistem running note,  misalnya:

    buku:
    ... hal ini dikemukakan pula oleh Alamsyah (2015) bahwa ketiga kekuasaan itu harus dibagi sedemikian rupa sehingga terpisah dari yang lainnya.

    journals:
    ...”Globalisasi yang mengarah pada homogenisasi” (Ramdhani, 2012).

    Daftar pustaka diutamakan terbitan lima tahun terakhir, disusun dengan sistem APA Style, menggunakan urutan alfabetis. Untuk setiap sumber rujukan, cara penulisan daftar pustaka adalah sebagai berikut:

    Journals:

    Boesoirie, M.T.S. (2010). An Innovative Performance Measurement Method for Supply Chain Management.  International Journal of Supply Chain Management,  Vol. 8, No.3, pp. 209–223.

    Buku:
    Muttaqin, E.Z. & Wiradipradja. E.S.  (2010).  Supply Chain Management: Strategy, Planning and Operations, Third Edition, Prentice Hall.

    bagian dari buku:

    Manan, B. (2010). Managing Innovation in the Information Age, in: Soelaiman, T.M. (Ed.) Seeing Differently: Insight on Innovation, Harvard Business Review Book, pp.193-202.

    conference paper (proceedings):

    Dahlan, M.D. & Tirtosudiro, A. (2010). Quality System Based on ISO 9000 Combined with QFD Proceedings. World Innovation & Strategy Conference 1998 incorporating 4th International Symposium on Quality Function Deployment, 2-5 August, Sydney Australia, pp.1-8.

    internet
    (bila ada) disusun dengan menyebutkan nama, judul artikel dan alamat situs web dalam kurung siku serta waktu mengakses. Contoh: R. Ceha (2010). Fenomena Anak Jalanan. (http://www.mailarchive.com/kimia ui.html+anak+jalanan&hl)  diunduh pada 1 Januari 2012.

  8. Untuk penulisan Tabel
    Tabel diberikan nomor (1, 2, dan seterusnya) sesuai urutan dalam main text. Setiap tabel diberi judul pendek yang menjelaskan keterkaitan isi dalam main text, dan dituliskan pada atas tabel dengan Bold.

    Untuk penulisan Gambar
    Setiap ilustrasi, apakah berbentuk diagram atau foto dapat dimasukkan dalam gambar dan diberi nomor berurutan (1, 2, etc.). Setiap gambar diberi judul pendek yang menjelaskan keterkaitan isi dalam main text, dan dituliskan pada bagian bawah diagram atau foto dengan huruf miring/italic.

  9. Penulis harus mengutip minimal 2 (dua)  artikel yang relevan dari Jurnal J-IKA, sebagai rujukannya.
  10. Naskah yang telah di peer reviewer dan dinyatakan layak dimuat harus menyerahkan bukti bebas plagiat dan tidak dikenakan biaya untuk pengganti biaya online.
  11. Untuk lebih memudahkan Penulisan artikel, silahkan gunakan Template Artikel yang sudah disediakan (Template), dengan syarat telah LogIn sebelumnya.

 

Pemberitahuan Hak Cipta

Kebijakan yang diajukan untuk jurnal yang menawarkan akses terbuka

Syarat yang harus dipenuhi oleh Penulis sebagai berikut:

  1. Penulis menyimpan hak cipta dan memberikan jurnal hak penerbitan pertama naskah secara simultan dengan lisensi di bawah Creative Commons Attribution License yang mengizinkan orang lain untuk berbagi pekerjaan dengan sebuah pernyataan kepenulisan pekerjaan dan penerbitan awal di jurnal ini.
  2. Penulis bisa memasukkan ke dalam penyusunan kontraktual tambahan terpisah untuk distribusi non ekslusif versi kaya terbitan jurnal (contoh: mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan penerbitan awalnya di jurnal ini.
  3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mem-posting karya mereka online (contoh: di repositori institusional atau di website mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena dapat mengarahkan ke pertukaran produktif, seperti halnya sitiran yang lebih awal dan lebih hebat dari karya yang diterbitkan. (Lihat Efek Akses Terbuka).

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal yang sudah disebutkan dan tidak akan dibuat  untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.

Penulis menyatakan dengan sesungguhnya bahwa naskah yang dikirimkan ke Jurnal J-IKA bebas dari plagiarisme dan belum pernah dipublikasikan pada jurnal manapun.