E-GOVERNMENT: STUDY FENOMENOLOGI RW-NET SEBAGAI PELAYANAN PUBLIK YANG TRANSPARAN DAN AKUNTABEL DENGAN OPTIMALISASI FUNGSI E-GOVERNMENT DI PEMERINTAH KOTA BANDUNG

Viky Ferdiansyah, Dasrun Hidayat

Sari


Abstrak - Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui makna  Program RW-Net  dalam peningkatan layanan publik yang dapat diterima secara transparan dan dapat dipertanggung jawabkan kepada masyarakat. Pada pelaksanaanya, RW-Net sebagai sarana dalam menerapkan fungsi dari E-Government di pemerintah kota Bandung sangat diperlukan untuk membantu pelaksanaan pemerintahan. Penelitian ini fokus pada  pembahasan tentang makna Program RW-Net dan Pola Layanan Publik dalam Program RW-Net sebagai wujud fungsi E-Government. Hasil penelitian yang diperoleh adalah RW-Net  memberikan  kemudahan  berkomunikasi dan berinteraksi antara warga dengan  pemerintah, atau warga dengan warga lainnya. Pemerintah Kota Bandung bisa menyampaikan  informasi tanpa perantara yang biasanya memakan waktu. Jika program ini sudah berjalan secara maksimal, maka keterbukan dan akuntabilitas antara pemerintah dengan warga akan sangat terasa, sehingga  memudahkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa  pengembangan e-government menghasilkan kedekatan dan interaksi atau keterlibatan masyarakat semakin besar, luas dan cepat. Pola interaksi berubah dari  one  stop  service menjadi  non-stop service. Namun, Pola pelayanan dalam RW-Net tergantung dari bagaimana budaya kerja organisasi dan kesiapan teknologi serta sumber daya manusia yang dapat mempengaruhi pelaksanaan pemerintahan secara transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.


Kata Kunci: RW-Net, Pola Layanan Publik, Transparan, Akuntabel.

 

Abstract - The purpose of the study was to determine the meaning of RW-Net Program in improving services that can be received in a transparent and accountable to the public. In the implementation, RW- Net as a means to implement the function of E-Government in city government is needed to assist the implementation of the government. This research focuses on the discussion of the meaning of RW-Net Programs and Patterns of Public Service in RW-Net program as a form of E-Government. The results obtained are RW Net provides ease of communication and interaction between citizens and government, or people   with other people. Bandung City Government can convey information without intermediaries who usually takes. If the program is already running optimally, then openness and  accountability between government and citizens will be felt, making it easier for public confidence in the government. The final conclusion is that the development of e-government interactions or generate closeness and greater community involvement, wide and fast. Interaction patterns changed from one stop service to non-stop service. However, the pattern of the RW-Net services depends on how the work culture of the organization and readiness of technology and human resources that could affect the implementation of government transparent and accountable.

Keywords: RW-Net, Patterns Of Public Service, Transparent, Accountable


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Barata, Atep. 2004. Dasar- dasar Pelayanan

Prima. Jakarta: Elex Media. Komputindo.

Batinggi, A.. 2004.Pembangunan Aspek

E-Government di Kabupaten/Kota Se Sulawesi Selatan.

Budiardjo, Miriam. 2008. Dasar-Dasar Ilmu

Politik.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Dwiyanto, A.. 2006.Mewujudkan Good

Governance Melalui Pelayanan Publik.

Yogyakarta: UGM-Press

.

Hardjosoekarto, Sudarsono. 1994.Beberapa

Perspektif Pelayanan Prima, Bisnis dan

Birokrasi, Jurnal Ilmu Administrasi dan

Organisasi, Nomor 3/VolumeII/September 1994, Universitas

Indonesia.

Indrajit, ER. 2005.E-Government, In Action.

Yogyakarta: Andi Offset.

Lukman, S.. 2004.Manajemen Kualitas

Pelayanan.Jakarta: LAN.

Kuswarno, Engkus. 2009. Metodologi

PenelitianFenomenologi; Konsepsi,

Pedoman, dan Contoh Penelitiannya.

Bandung: Widya Padjajaran.

Mohamad, Ismail, 2003, Aktualisasi

Pelayanan Prima Dalam Kapasitas PNS

sebagai Abdi Negara dan Abdi

Masyarakat, Makalah, disampaikan

dalam Diskusi Panel Optimalisasi Peran

PNS pada Pelaksanaan Tugas Pokok

sebagai Abdi Negara dan Abdi

Masyarakat, yang diselenggarakan oleh

Unit KORPRI POLRI Pusat, pada

tanggal 23 Oktober 2003, Jakarta.

Mulyana, Deddy. 2001. Metode Penelitian

Kualitatif: Paradigma Baru Penelitian

Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya.

Bandung: Remaja Rosdakarya

Prasojo, E.. 2006.Kinerja Pelayanan Publik.

Jakarta: Yappika.

Ratminto & Atik Septi Winarsih.2006. Manajemen Pelayanan.

Jakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2002.Metode Penelitian

Administrasi.Bandung: Alfa Beta.

Supardan, Dadang. 2011. Pengantar Ilmu

Sosial: Sebuah Kajian Pendekatan

Struktural. Jakarta: Bumi Aksara.

Tjokroamidjojo, B.. 2004.Reformasi

Nasional Penyelenggaraan Good

Governance danMewujudkan Masyarakat

Madani. Jakarta: STIA-LAN.

Sumber Lain:

———————, 1995, Kebijaksanaan Pembinaan

Organisasi Publik Pada PJP II, Percikan

Pemikiran Awal, Makalah Pelatihan Analisis

Kebijakan Sosial Angkatan III, Yogyakarta.

————.―Religion without God: Methodological

Agnoticism and the Future of Religious

Studies‖, The Hibbert Lecture, Herriot-Watt

University, 13 April 2003.

————. Expressing the Sacred: An Introduction to

the Phenomenology of Religion. Harare:

University of Zimbabwe, 1992.

Effendi, Sofian, 1993, Strategi Administrasi dan

Pemerataan Akses pada Pelayanan Publik

Indonesia, Laporan Hasil Penelitian, Fisipol

UGM, Yogyakarta.

Fathul Wahid, Kolom Analisis SKH

Kedaulatan Rakyat, 13 April 2012

Makalah tidak diterbitkan. Bastian (2003)

Pengembangan E-Government di Indonesia.

Harian Sinar Harapan.

Mustopadidjaja AR. 2002.Kompetensi Aparatur

Dalam Memikul Tanggung Jawab Otonomi

Daerah Dalam Sistem Administrasi

Negara Kesatuan Republik Indonesia,

Ceramah Perdana Pada Program Magister

Manajemen Pembangunan Daerah,

Kerjasama STIA-LAN, Pemerintah Prov.

Kaltim, dan Universitas Mulawarman, 15

Januari, 2002. Samarinda.

Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang

Pelayanan Publik

Wallis, W. Allen (eds). International Encylopedia of

Social Sciences, Vol. 11 dan 12. New York:

Macmillan, 1972

Wirausaha: Penerjemah: Abdul Rosyid &

Ramelan. Jakarta: PPM.




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v1i1.221

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v1i1.221.g192

ISSN: 2549-3299

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Dewi Sartika No. 289, Cawang, Jakarta Timur Telp : 021-8010836