Kritik Sosial Pada Media Sosial (Analisis Semiotika Pada Youtube “TV, Jasamu Tiada…”)

Maylanny Christin, Lenggawati Rahayu

Sari


ABSTRAK

Kritik sosial adalah salah satu bentuk komunikasi dalam masyarakat yang bertujuan atau berfungsi sebagai kontrol terhadap jalannya sebuah sistem atau proses masyarakat. Salah satu channel youtube yang bernama Remotivi mengunggah salah satu video yang berjudul “Tv, Jasamu Tiada…”. Video ini berangkat dari kekecewaan masyarakat terhadap tayangan televisi saat ini. Peneliti ingin meneliti bagaimanakah bentuk kritik sosial yang disampaikan oleh video tersebut dengan menggunakan analisis semiotika dari John Fiske. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan analisis semiotika.  Paradigma yang digunakan adalah kritis dengan teknik pengumpulan data menggunakan kajian dokumentasi dengan menganalisa langsung melalui tayangan video youtube “Tv, Jasamu Tiada…”. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan berdasarkan teori yang dikemukakan oleh John Fiske tentang “The Codes Of Television”. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa: petama, level realitas terdapat dua bidang kritik sosial yang dikritiki yaitu  ditujukan kepada dunia pertelevisian dan dunia pendidikan. Kedua, pada level representasi hal yang paling terlihat adalah pada bagian lirik lagu, serta teknik pengambilan gambar. Ketiga, level ideologi terdapat dua jenis yaitu ideologi kapitalisme untuk pihak televisi yang menyajikan tayangan dan ideologi kepatuhan untuk anak-anak yang menonton tayangan tersebut.

 

Kata Kunci :  Kritik Sosial, Semiotika John Fiske, Video Youtube “Tv, Jasamu Tiada…”.

 

 

ABSTRACT

Social criticism is a form of communication in a society that aims or functioning as the control over the operations of a system or community processes. One Youtube channel named Remotivi uploaded one video titled "Tv, Jasamu Tiada...". This video goes from the disappointment of communities against the today’s tv footage. Researchers want to examine how form of social criticism presented by the video using semiotics analysis of John Fiske. This research used qualitative descriptive approach with a semiotics analysis. The techniques of data collection using the study documentation by analyze directly thr          ough the Youtube video of "Tv, Jasamu Tiada...". Data analysis techniques used in this research was conducted based on the theory by John Fiske about "The Codes of Television". The results of this research reveal that: first, on the reality level; there are two areas of social criticism that are being criticized, which dedicated to the world of television and the world of education. Second, on the level of representation, the most visible thing is on the part of the lyrics, as well as the shooting technique. Third, there are two types of ideological level, namely the ideology of capitalism for the television that serves display and ideological adherence to children who watch the footage.

 

Keywords: Social Criticism, Semiotics John Fiske, A Youtube Video "Tv, Jasamu Tiada...".


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardianto, Elvinaro & Q-Anees, Bambang. (2007). Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Armando, Ade. (2016). Televisi Indonesia di Bawah Kapitalisme Global. Jakarta: Kompas.

Danesi, Marcel. (2010). Pengantar Memahami Semiotika Media. Yogyakarta: Jalasutra

Diani, Amanda. (2015). Representasi Feminisme dalam Film Maleficent (Analisis Semiotika John Fiske mengenai Feminisme dalam Film Maleficent yang diperankan oleh Angelina Jolie). Skripsi pada Universitas Telkom: Tidak Diterbitkan

Eriyanto. (2001). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS.

Eryanty, Novy. (2012). Peran Media Baru Dalam Mengkonstruksikan Kritik Sosial Terhadap Kinerja Pemerintah Dengan Pendekatan Humor. Skripsi pada Universitas Indonesia: Tidak Diterbitkan

Fiske, John. (1987). Television Culture: Popular Pleasures and Politics. Printed in Great Britain by TJ International Ltd, Padstow, Cornwall.

Fiske, John. (2004). Cultural and Communication Studies: Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Penerjemah : Yosal Iriantara dan Idi Subandy Ibrahim. Bandung ; Jakarta.

Fiske, John. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

M. Mas'oed, M. (1999). Kritik Sosial dalam Wacana Pembangunan. Yogyakarta: UII Press.

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial: Prosedur, Tren, dan Etika. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Nugroho, Sarwo. (2014). Teknik Dasar Videografi. Yogyakarta: CV Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.31294/kom.v4i1.1789

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/kom.v4i1.1789.g1406

ISSN: 2549-3299

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Dewi Sartika No. 289, Cawang, Jakarta Timur Telp : 021-8010836