Sikap dan Perilaku Konsumen Minyak Goreng Curah dan Kemasan di Kota Pekanbaru

Yeni Kusumawaty, Susy Edwina, Nurny Sofwah Sifqiani

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap dan perilaku belanja konsumen untuk produk minyak goreng curah dan kemasan. Penelitian dilakukan di Kota Pekanbaru, dengan pertimbangan merupakan ibu kota Provinsi Riau serta adanya perbaikan tingkat ekonomi dan perkembangan ritel modern dan tradisional yang lebih lengkap. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen minyak goreng yang ada di Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan jumlah sampel 100 orang. Data dianalisis menggunakan model sikap, model norma subjektif dan Theory of Reasoned Action (TRA). Hasil penelitian menunjukan sikap konsumen positif terhadap minyak goreng curah dan kemasan. Secara keseluruhan sikap konsumen cukup baik terhadap atribut minyak goreng curah dan sikap baik terhadap atribut minyak goreng kemasan. Atribut utama yang menentukan sikap konsumen terhadap minyak goreng curah adalah harga yang murah, sedangkan pada minyak goreng kemasan adalah higienis. Perilaku konsumen terhadap pembelian minyak goreng curah dan kemasan adalah 1.248,76 dan 2.060,77, artinya perilaku konsumen terhadap minyak goreng kemasan lebih baik dibandingkan minyak goreng curah.


Kata Kunci


Minyak Goreng; Konsumen; Sikap; Perilaku

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amalia, F., Retnaningsih, dan Irni R. J. 2010. Perilaku Penggunaan Minyak Goreng Serta Pengaruhnya terhadap Keikutsertaan Program Pengumpulan Minyak Jelantah di Kota Bogor. Jur. Ilm. Kel. & Kons. Vol. 3 No. 2: 184-189.

Aminah, S. 2010. Bilangan Peroksida Minyak Goreng Curah dan Sifat Organoleptik Tempe pada Pengulangan Penggorengan. Jurnal Pangan dan Gizi Vol. 01: 7-13.

Azwar. S. 2012. Penyusunan Skala Psikologis. Pustaka Pelajar Offset. Yogyakarta.

Bukhori, M dan Tutik E. 2017. Faktor-faktor yang Dipertimbankan dalam Keputusan Pembelian Minyak Goreng Bimoli pada Ibu Rumah Tangga Desa Kebonagung Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan. JIBEKA Vol. 11 No. 2: 11-20.

Departemen Perdagangan Republik Indonesia. 2009. Siaran Pers: Pemerintah Luncurkan Secara Resmi “Minyakita” di Yogyakarta dan Surakarta. Kementrian Perdagangan. www.kemendag.go.id. Diakses tanggal 15 Januari 2019.

Fitriana. 2015. Analisis Perbandingan Sikap Konsumen dalam Memilih Produk Minyak Goreng Kemasan dan Curah (Studi Kasus Ibu Rumah Tangga di Kota Pekanbaru). JOM FEKON Vol. 2 No. 1: 1-14.

Gitosudarmo. 2007. Manajemen Pemasaran. BPFE. Yogyakarta.

Haryanti, R., Ferry F. K., Karina B. L., dan Yulius Y. R. 2014. Analisis Preferensi Konsumen terhadap Warna Minyak Goreng di Salatiga. 3rd Economics & Business Research Festival. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana hal: 257-266.

Kotler, P. dan Amstrong, G. 2007. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 12. Erlangga. Jakarta.

Kotler, P. dan Keller K.L. 2010. Manajemen Pemasaran. Erlangga. Jakarta.

Lempang, I. R., Fatimawali, dan Nancy C. P. 2016. Uji Kualitas Minyak Goreng Curah dan Minyak Goreng Kemasan di Manado. PHARMACON Jurnal Ilmiah Farmasi Vol. 5 No. 4: 155-161.

Manossoh, A., Lisbeth M., dan Agus S.S. 2015. Analisis Perbandingan Sikap Konsumen terhadap Penggunaan Produk Shampoo Clear dan Shampoo Pantene di Winangun. Jurnal EMBA Vol. 3 No. 3: 74-80.

Qorima, R. S., Fembriarti E. P., dan Adawiyah, R. 2014. Tingkat Kepuasan dan Loyalitas Ibu Rumah Tangga dalam Mengonsumsi Minyak Goreng Kemasan di Kota Bandar Lampung. JIIA Vol. 2 No. 3: 285-294.

Randang, W. 2013. Kualitas Produk, Atribut Produk dan Ekuitas Merek Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng. Jurnal EMBA Vol. 1 No. 13: 701-709.

Rasmikayati, E., Pandi P., Hepi H., Risyad M.I., dan Bobby R.S. 2017. Kajian Sikap dan Perilaku Konsumen Dalam Pembelian Kopi Serta Pendapatnya Terhadap Varian Produk dan Potensi Kedainya. Mimbar Agribisnis. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis Vol. 3 No. 2: 117-133.

Sangadji, E.M. dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen – Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Penerbit Andi. Yogyakarta.

Tarmizi, A. 2017. Analisis Sikap Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk Sepeda Motor Honda Merk Vario pada PD. Daya Motor Sungai Bahar Muaro Jambi. Journal of Economics and Business Vol. 1 No. 1: 18-31.

Tjiptono, F. dan Diana, A. 2016. Pemasaran, Efisiensi & Aplikasi. Penerbit ANDI. Yogyakarta.

Umar, H. 2000. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Umar, H. 2003. Metodologi Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. PT Gramedia Pustaka. Jakarta.

Wahyuni, D. 2008. Pengaruh Produk, Harga, Promosi dan Layanan terhadap Keputusan Konsumen membeli Sepeda Motor Kawasaki. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 1 No. 1: 25-46.

Weldy. 2010. Pengetahuan Pedagang Gorengan dan Pengelola Warung Makan Tenda tentang Minyak Jelantah. Karya Tulis Ilmiah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.




DOI: https://doi.org/10.31311/jeco.v3i2.5476

##submission.license.cc.by4.footer##

ISSN: 2549-8932

DIPUBLIKASIKAN OLEH LPPM UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA

JL. DEWI SARTIKA NO. 289, CAWANG, JAKARTA TIMUR TELP : 021-8010836, EXT. 202
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License