Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Shopping Emotion dan Impulse Buying

Roby Irzal Maulana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Promosi dan store atmosphere terhadap shopping emotion dan impulse buying di AEON Mall Serpong. Penelitian ini berbentuk asosiatif dan dilakukan di AEON Mall Serpong. Sampel yang digunakan berjumlah 100 orang dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan program SPSS 13.00 for windows. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh hipotesis diterima. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap shopping emotion, store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap shopping emotion, promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying,shopping emotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying, shoppingemotion berpengaruh positif dan signifikan dalam memediasi promosi terhadap impulse buying dan shopping emotion berpengaruh positif dan signifikan dalam memediasi pengaruh store atmosphere terhadap impulse buying.


Keywords


Promosi, Store Atmosphere, Shopping Emotion, Impulse Buying

References


Amiri, F., Jalal, J., Mohsen, S., and Tohid, A. 2012. Evaluation of Effective Fashionism Involvement Factors on Impulse Buying of Costumers and Condition of Interrelation between These Factor. Journal of Basic and Applied Scientific Research. 2(9), pp. 9413-9419.

Anggoro, Sandra Puspasari. 2012. Analisis Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Melalui Emotional Response Di Matahari Department StoreTunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Nasional. 1(3).

Astuti, R. D. dan Fillippa, M., 2008, Perbedaan Pembelian Secara impulsive Berdasarkan Tingkat Kecenderungan, Kategori Produk, dan PertimbanganPembelian. Jurnal Ichsan Gorontalo, 3(1) , pp: 1441-1456.

Chang, Hyo Jung,et al. 2013. Moderating Effects of Situational Characteristics on Impulse Buying .International Journal of Retail & DistributionManagement.Vol. 42 No. 4.

Cummins, Julian dan Mullin, Roddy. 2004. Sales Promotion. Jakarta: PPM

Engel, J.,Roger D. Blackwell and Paul W. Miniard. 2008. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa: Budyanto. Jilid I.. Jakarta: Binarupa Aksara Publisher.

Fahd, Faishal. 2015. Analisis Pengaruh Promosi Dan Atmosfer Gerai Terhadap Impulse Buying Melalui Emosi Positif Sebagai Variabel Intervening (StudiPada Toko Busana Muslim Kharisma Banyumanik Semarang). SkripsiMahasiswa Universitas Diponegoro Fakultas Ekonomika Dan Bisnis

Gilbert, D. 2003. Retail Marketing Management. England: Prentice Hall. Graa, Amel, Dani-Elkebir , Maachou, Bensaid, Mohamed. 2014. The Impact ofEnvironmental Factors on Impulse Buying Behavior Using the Mehrabianand Russell’s Framework.Leonardo Journal of Sciences.pp: 101-114.

Griffin, Ricky W., dan Ebert, Ronald J. 2002. Business 5th Edition. Prentice Hall International Inc.

Hetharie, Jondry Adrin. 2011. Peran Emosi Positif sebagai Mediator Stimulus Lingkungan Toko dan Faktor Sosial terhadap Impulse Buying Tendency padaMatahari Departement Store kota Ambon. Journal Aplikasi Manajemen.10 (4): 890-898.

Hussain, Riaz dan Ali,Mazhar. 2015. Effect of Store Atmosphere on Consumer Purchase Intention. International Journal of Marketing Studies.Vol. 7, No. 2.

Iqbal, Anam, Akhtar, Shahzad, Lodhi, Rab Nawaz. 2014. Determinants of Impulsive Buying for Clothing In Pakistan.British Journal of MarketingStudies.Vol.2,No.8.

Kartajaya, Hermawan. 2006. Hermawan Kartajaya on Marketing Mix Seri 9 Elemen Marketing. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Kharis, Ismu Fadli. 2010. Studi Mengenai Impulse Buying Dalam Penjualan Online. Jurnal Nasional.

Kurniawan, Denny dan Kunto, Yohanes Sondang. 2013. Pengaruh Promosi Dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying Dengan Shopping Emotion SebagaiVariabel Intervening. Jurnal Nasional. 1(2) pp: 1-8.

Kurniawati, Devi dan Restuti, Sri. 2014. Pengaruh Sales Promotion Dan Store Atmosphere Terhadap Shopping Emotion Dan Impulse Buying PadaGiantPekanbaru. 6(3) pp: 24-37.

Kotler, P. 2001. Manajemen Pemasaran di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi Ke-Sebelas. Jilid 2. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Indeks.

Lee, Grace Yuna dan Yi, Youjae. 2008. The Effect of Shopping Emotions andPerceived Risk on Impulsive Buying: The Moderating Role of Buying Impulsiveness Trait. Seoul Journal of Business.Vol. 14, No. 2.

Levy, M., & Weitz, B. A. 2001. Retailling Management (4th ed.). Richard D. Irwin Inc.

Lovelock, Christopher and Wirtz, Jochen. 2004. Service Marketing fifth edition. Pearson Prentice Hal.

Madjid, Rahmat. 2014. The Influence Store Atmosphere Towards Customer Emotions and Purchase Decisions. International Journal of Humanitiesand Social Science Invention. Vol. 3 Issue 10 pp: 11-19.

Mangkunegara, A.A.Anwar Prabu. 2002. Perilaku Konsumen. Bandung : PT. Refika Aditama.

Mowen, John C. dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Alih Bahasa: Dwi Kartini Yahya. Jilid2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Muruganantham, G. dan Bhakat, Ravi Shankar. 2013. A Review of Impulse Buying Behavior.International Journal of Marketing Studies.Vol. 5, No. 3; 2013.

Naentiana, Putu Vera dan Setiawan, Putu Yudi. 2014. Peran Positive Emotion Dalam Memediasi Pengaruh Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying,Jurnal Nasional. pp: 2314-2332.

Nasir, Khoirun. 2010. Pengaruh Promosi Penjualan Dan Respon Emosi Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif. Skripsi Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang Fakultas Ekonomi Dan Bisnis.

Park, Eun Joo, Kim, Eun Young, Forney, Judith Cardona. 2006. A Structural Model of Fashion-Oriented Impulse Buying Behavior. Journal of Fashion Marketingand Management, 433 – 446.

Putra, Brian Permana. 2014. Analisis Pengaruh Promosi, Emosi Positif Dan Store Environment Terhadap Perilaku Impulse Buying, Skripsi Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Fakultas Ekonomi Dan Bisnis.

Ratnasari, Vika Ary, Kumadji, Srikandi dan Kusumawati, Andriani. 2015. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Hedonic Shopping Value Dan Impulse Buying.Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 1 No. 1.

Rittipant, Nattharika, et al. 2013. Thai Consumer Response To Sales Promotions For Personal Care Products. International Conference on Engineering, Project,and Production Management .pp: 700-709.

Simamora, Bilson. 2007. Panduan Riset Dan Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sutisna, dan Pawitra, Teddy 2001. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Swastha, Basu dan Sukotjo, Ibnu. 1993. Pengantar Bisnis Modern(Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern),Edisi ketiga. Yogyakarta: Liberty.

Tendai, Mariri dan Crispen, Chipunza. 2009. In-store environment and impulsive buying. African Journal of Marketing Management. Vol. 1(4) pp. 102-108.

Theresia, Vanny Meilany. 2014. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Pembelian Impulsif Pada Remaja Gereja GMIM Wilayah Manado Winangun. JurnalRiset Bisnis dan Manajemen. Vol.2 ,No.4, 2014:60-72.

Utami, Christina Whidya. 2010. Manajemen Ritel. Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Vishnu, Parmar dan Raheem, Ahmed Rizwan. 2013. Factors Influencing Impulse Buying Behavior.European Journal Of Scientific Research. Vol. 100 No.3.

Yistiani, Ni Nyoman Manik. 2012. Pengaruh Atmosfer Gerai Dan Pelayanan Ritel Terhadap Nilai Hedonik Dan Pembelian Impulsif Pelanggan Matahari Department Store Duta Plaza Di Denpasar. Tesis Mahasiswa Pasca SarjanaUniversitas Udayana Program Magister Program Studi Manajemen.




DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v2i2.4152

Copyright (c) 2018 Roby Irzal Maulana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License