TELAAH HUBUNGAN CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN

Riris Roisah, Dwiza Riana

Sari


Abstract - In this study independent variable that used are brand image and the quality of product, while dependent variable is purchasing decision This study aims to know the description and the influence between brand image variable and the quality of product toward purchasing decision. The research method use is quantitative by using statistic analysis. Whereas the research design used in this study are descriptive and verificative method. Sample of the study is 99 respondent by using purposive sampling technicque. The analysis method used are multiple linear regression analysis, determination test, t-test, and F-test, the perception of brand image and the quality of product are proven significantly influence purchasing decision. It means that brand image and the quality of product influence purchasing decision simultaneously with the contribution is 43,3%; R2= 0,433; F(3,1359)= 36,688; p >0,01. In the test of partially, only the quality of product variable that has positive effect and significant with the value of t (3,1359)=6,766; p > 0,05, it means that the quality of product influences positive and significantly toward purchasing decision partially; while for brand image from the result of t-test is obtained the value of t result (1,985)= 0,0567; p < 0,05.

 

Keywords : Brand Image, Quality of Product, Purchasing Decision.

 

Abstrak - Dalam penelitian ini variabel independen yang digunakan adalah citra merek dan kualitas produk, sedangkan variabel dependennya adalah keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran dan pengaruh antara variabel citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik. Sedangkan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan verifikatif. Sampel yang digunakan sebanyak 99 responden dengan penggunaan teknik purpose sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi liner berganda, uji determinasi, uji-t dan uji f. Berdasarkan hasil penelitian Melalui uji regresi liner berganda, persepsi citra merek dan kualitas produk terbukti sangat signifikan mempengaruhi keputusan pembelian dengan kontribusi sebesar 43,3 %; R2 = 0,433; F (3,1359) = 36,688; p <0,01. Artinya citra merek dan kualitas produk secara bersamaan mempengaruhi keputusan pembelian. Dalam pengujian secara parsial hanya variabel kualitas produk yang memiliki pengaruh positif dan signifikan t (3,1359)= 6,766; p > 0,05, artinya kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial, sedangakan untuk citra merek dari hasil uji t didapatkan hasil t (1,985)= 0,0567; p < 0,05.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alamsyah, D. P., & Angliawati, R. Y. 2015. Buying Behavior Of Organic Vegetables Product: The Effects Of Perceptions Of Quality And Risk. International Journal of Scintific & Technology Research, 4/12, Pp. 28-35

Arlan, T. R. (2006). Brand Trust Dalam Kontek Loyalitas Merek: Peran Karakteristik Merek, Karakteristik Perusahaan, Dan Karakteristik Hubungan Pelanggan Merek. Manajemen, 6(1).

Ferrinadewi. (2008). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli dan keputusan Pembelian Konsumen . 165.

Gusniar, B. (2012). Pengaruh Citra Merek (Brand Image), Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Merek Citra. Semarang Universitas Dian Nuswantoro.

Kanuk, Schiffman Leon;&Leslie Lazar. (2008). Consumer Behaviour (7th (Perilaku Konsumen) ed.). Jakarta: PT Indeks.

Kasuma, Nila Dewi; Gus Andri dan Sepris Yonaldi. (2012). Pengaruh Iklan, Citra Merek, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Menggunakan Vaseline Hand And Boody Lotion di Kota Padang.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

www.topbrand-award.com. (2015, Februari 13). Retrieved 2015

Xian, Gou Li, dkk. (2011). corporate, product, and user imange dimensions and Purcahase Intentions. Computer, 6(9), 1875-1879.




DOI: https://doi.org/10.31311/jeco.v4i1.351



ISSN: 2549-8932

DIPUBLIKASIKAN OLEH LPPM UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA

JL. DEWI SARTIKA NO. 289, CAWANG, JAKARTA TIMUR TELP : 021-8010836, EXT. 202
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License