ANALISIS KEEFEKTIFAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA MEMILIH PERGURUAN TINGGI KOTA SUKABUMI

Susilawati Susilawati

Sari


Abstract - The research has done in Sukabumi with the mean to be analysis and check the effectively promotion to know many variable which very effective and to know the impact of the promotion that been done by the private university in Sukabumi about the decision student to take the decision certainly which simultaneous and precision. Population take by the research is students to has been study in private University in Sukabumi, the method had and use to be analysis the data which become descriptive analysis and simultaneous examine and partial based the research examination of the effectiveness promotion with EPIC model, got the result that promotion with had be done in private university in Sukabumi enough effective variable emphaty, impact, and communication classified at effective. While persuasion variable include to linier scale enough effective. The result of dual linier regretion examination, simultaneous examination pointed that all of free variable influence significant to the bond variable. Partial examination pointed emphaty variable and communication influens significant to student disicion in choice private university in Sukabumi while persuasion variable in impact not influens significant free to the disicion in choice private university in Sukabum  the big influens with had research by emphaty variable, persuasion, Impact and communication to variable disision of students in choice private university in Sukabumi, the value R square cause below 5% under to 0 so the conclusion of ability variables independent limited to be describe many variation variable.

Key Words : Emphaty, Persuasion, impact, communication,

Abstrak - Penelitian ini dilakukan di Sukabumi, dengan tujuan menganalisa dan menguji efektifitas promosi, mengetahui variabel yang paling efektif serta untuk mengetahui pengaruh promosi yang dilakukan perguruan tinggi swasta di Sukabumi terhadap keputusan mahasiswa dalam menentukan pilihan, secara simultan dan parsial. Populasi pada penelitian ini adalah para mahasiswa yang berkuliah di PTS Sukabumi, Sampel diambil sebanyak dua ratus enam puluh enam orang. Metode yang digunakan dalam analisa data yaitu analisis deskriptif (tabulasi sederhana) dan uji simultan dan parsial (analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS windows versi 17). Berdasarkan hasil pengujian efektifitas promosi dengan EPIC Model, diperoleh hasil bahwa promosi yang diadakan di PTS Sukabumi cukup efektif (1,83), variabel emphaty, impact dan communication tergolong pada rentang skala cukup efektif(1,6 -2,4), sedangkan, variabel persuasion tergolong pada rentang skala tidak efektif(1,58).  Hasil pengujian regresi linear berganda, uji simultan (Uji F) menunjukkan bahwa seluruh variabel bebas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel terikat(5,78). Uji parsial (Uji t) menunjukkan Variabel Emphaty dan Communication berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih PTS(3,778 dan 2,18), sedangkan varabel Persuasion dan Impact tidak berpengatuh signifikan terhadap keputusan mahasiswa dalam memilih PTS (0,404 dan 1,375 < ttabel). Besarnya pengaruh yang ditimbulkan (R2) oleh variabel emphaty, persuasion, impact dan communication terhadap variabel keputusan mahasiswa dalam memilih PTS hanya berpengaruh sebesar 8%, sedangkan 92% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti. Karena nilai R Square dibawah 5% atau cenderung mendekati nilai 0 maka dapat disimpulkan kemampuan variabel-variabel independen  dalam menjelaskan variasi variabel amat terbatas.

Kata Kunci : Emphaty, Persuasion, Impact, Communication,

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alma, Buchari. 2004. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Edisi revisi. Bandung: Alfa beta

Dharmesta & Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi Kedua. Yogyakarta: Liberty.

Djaslim Saladin, 2003, Manajemen Pemasaran, Bandung: Linda Karya.

Kotler, P. 1999. Manajemen Pemasaran : Analisa Perncanaan, Implementasi, dan Kontrol (Bahasa Indonesia). Jakarta: PT. Prenhalindo,

. Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium. Jakarta: Prehalindo

Peter, Paul J, and Olson Jerry C. 2002. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran, Edisi keEmpat (Terjemahan). Jakarta: Erlangga,

Saladin, Djaslim. 2006. Manajemen Pemasaran. edisi Keempat, Bandung : Linda Karya

Setiadi, Nugroho, J. 2003. Perilaku Konsumen Bandung: Prenada Media

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jilid 2, Edisi kelima. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfa beta.

Umar, H. 2001. Strategic Management in Action. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.31311/jeco.v4i1.321



ISSN: 2549-8932

DIPUBLIKASIKAN OLEH LPPM UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA

JL. DEWI SARTIKA NO. 289, CAWANG, JAKARTA TIMUR TELP : 021-8010836, EXT. 202
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License