PENGARUH KUALITAS JASA PERBANKAN DENGAN MENGGUNAKAN INTERNET BANKING TERHADAP LOYALITAS NASABAH

Fanni Husnul Hanifa, S Hania Maria

Abstract


Abstract - This study aimed to analyze the influence of the quality of banking services using the Internet Banking on customer loyalty to the PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk Branch Dayeuh Kolot Bandung. The method used in the descriptive verification by using quantitative data. Population data on the number of customers acquired from users of Internet Banking PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk (2014) with a sample of customers of PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk (2014) Dayeuh Conservative branch Bandung as many as 100 people. Data processing using SPSS 19.0 software. Results This study suggests that the quality of banking services using the Internet Banking effect of 13.4% on customer loyalty to the PT. Bank Negara Indonesia (Persero).

 

Keywords: Service quality, customer loyalty

 

 

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas jasa perbankan dengan menggunakan Internet Banking terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero),Tbk Cabang Dayeuh Kolot Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam metode deskriptif verifikatif dengan menggunakan data kuantitatif. Populasi diperoleh dari data jumlah nasabah pengguna Internet Banking PT. Bank Negara Indonesia (Persero),Tbk (2014) dengan sampel nasabah PT. Bank Negara Indonesia (Persero),Tbk (2014) cabang Dayeuh Kolot Bandung sebanyak 100 orang. Pengolahan data menggunakan software SPSS 19.0. Hasil Penelitian ini menyatakan bahwa kualitas jasa perbankan dengan menggunakan Internet Banking berpengaruh sebesar 13,4% terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Negara Indonesia (Persero).

 

Kata Kunci : Kualitas Jasa, dan  Loyalitas Nasabah


References


Alma, Buchari (2011). Manajemen Pemasaran dan PemasaranJasa .Cetak Kedelapan Bandung :Alfabeta

Griffin, Jill (2009). Customer Loyality :Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta :Erlangga

Oliver, (2008). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung : CV. Alfabeta.

Saraswati, Nadia, (2013). Pengaruh Kualitas Jasa Internet Banking Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Mandiri (Persero),Tbk Area Makassar

Sugiyono, Prof. Dr.(2008). Statistika Untuk Penelitian .Bandung :Alfabeta.

Sugiyono, Prof. Dr. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Kedua belas. Bandung :Alfabeta.

Sugiyono. Prof. Dr.(2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Kesembilan. Bandung :Alfabeta.

Sugiyono. Prof. Dr. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &D.Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy, (2009). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Website :

www.bni.co.id

http://www.apjii.or.id

http://www.topbrand-award.com




DOI: https://doi.org/10.31294/jeco.v4i1.266

Copyright (c) 2016 Fanni Husnul Hanifa, S Hania Maria

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN: 2355-0295 || EISSN: 2549-8932

-----------------------

Indexed by:

   
 
 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License