Pelaksanaan Personal Selling Dalam Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi

Adi Suparwo, Dwiza Riana, Ratna Deli Sari

Sari


ABSTRAK

Industri asuransi merupakan salah satu industri yang perkembanganya sangat ditentukan oleh upaya perusahaan dalam memasarkan produknya di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh personal selling terhadap keputusan pembelian polis asuransi produk Hario Siaga PT. MNC Life Assurance Cabang Bandung. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dan verifikatif. Penelitian ini dilakukan pada nasabah produk Hario Siaga PT. MNC Life Assurance Cabang Bandung dengan jumlah sampel yang berjumlah 80 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah metode nonprobability sampling dengan teknik sampel insidental. Analisis statistik data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Penelitian menunjukan bahwa variabel personal seliing berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini menandakan bahwa semakin baik personal selling yang dilakukan perusahaan mampu meningkatkan keputusan pembelian konsumen.

 

Kata kunci : Personal Selling, Keputusan Pembelian, Polis Asuransi

 

ABSTRACT

Insurance industry is one of the industries whose development is determined by the company's efforts in marketing its products in the community. The purpose of this study is to determine the effect of personal selling on the decision to purchase insurance policy products Hario Siaga PT. MNC Life Assurance Branch Bandung. In this research use descriptive research method and verifikatif. This research was conducted on customer product of Hario Siaga PT. MNC Life Assurance Branch Bandung with the number of samples totaling 80 people. Sampling technique used is nonprobability sampling method with incidental sample technique. Statistical analysis of data used in this study is a simple linear regression analysis. Research shows that the personal variable seliing have a positive and significant effect on the purchasing decision. This indicates that the better personal selling made the company able to improve consumer purchasing decisions.

 Keywords : Personal Selling, Buying Decision, Insurance Policy

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ade Sitorus, Sunday. (2014). Pengaruh Harga dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada CV SANFREMY PRATAMA Medan. Journal Informatika AMIK-LB. Vol. 2 No.2, pp. 91-100.

Assauri, Sofyan. (2004). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: PT. Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip. (2005). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Penerbit Erlangga.

Laksana, Fajar. (2008). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nimas Novi Dwi Arini. (2014). Tingkat Penetrasi Asuransi di Indonesia. Diambil dari: www.swa.co.id (28 Maret 2014).

Purnama Nuprilianti, Nanda. (2016). Pengaruh Personal Selling, Brand Image, Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Mobil. Journal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol. 5 No.1, pp. 1-18.

Riyanto, Agus. (2011). Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medica.

Rori, Brilian, Sem G. Oroh, dan Sendry Loindong. (2015). Analisis Branding Strategy, Servicescape Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Pada Dealer Yamaha Airmadidi. Jurnal EMBA. Vol. 3 No.2, pp. 1-11.

Saladin, Djaslim. (2007). Intisari Pemasaran dan Unsur-Unsur Pemasaran. Bandung: Cetakan Keempat, Linda Karya.

Setiadi, Dr. Nugroho J. (2010). Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan Dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV Andi.




DOI: https://doi.org/10.31311/jeco.v1i2.2258

##submission.license.cc.by4.footer##

ISSN: 2549-8932

DIPUBLIKASIKAN OLEH LPPM UNIVERSITAS BINA SARANA INFORMATIKA

JL. DEWI SARTIKA NO. 289, CAWANG, JAKARTA TIMUR TELP : 021-8010836, EXT. 202
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License