Peningkatan Kinerja melalui Perbaikan Iklim Organisasi dan Penguatan Etos Kerja

Panji Pramuditha, Tjutju Yuniarsih, Hady Siti Hadijah

Abstract


Paradigma baik atau buruknya performa suatu perusahaan tidak terlepas dari kinerja sumber daya manusia sebagai motor penggeraknya. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan di suatu perusahaan seperti iklim organisasi yang menjadi ciri khas atau sebagai pembeda dari perusahaan lainnya dan etos kerja yang terdapat pada individu-individu karyawan. Pada penelitian ini akan membahas mengenai pengaruh iklim organisasi dan etos kerja terhadap kinerja karyawan baik secara parsial maupun secara simultan dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 80 responden pada suatu perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan pelat merah di Jawa Barat. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklim organisasi dan etos kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan baik secara parsial maupun simultan.


Full Text:

PDF

References


Christine Cherly Karundeng. 2013. Pengaruh Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Taspen (Persero) Cabang Manado. Jurnal Unsrat Vol. 2 No. 3.

Evan Karno P dan Ayu Desi l. 2016. Pengaruh Iklim Organisai & Kualitas Kehidupan Kerja terhadap Kinerja Pegawai Dinas Sosial Provinsi BaIi. E-JurnaI Manajemen Unud. VoI 5, No. 12, 2016: 7785-7809 ISSN 2302-8912.

Hadiansyah dan Yanwar. 2015. Pengaruh Etos Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. AE. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, Vol. 3 No. 2, September 2015.

Henry Simamora. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, STIE YKPN. Yogyakarta.

Herman Sjahruddin. 2019. Pengaruh Etos Kerja dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Organisasi dan Manajemen Issue 1 (Agustus, 2019).

Moch Irsan Firmansyah dan Raeny Dwi Santy#,2011.Pengaruh IklIm Organisasi dan Karakteristik Pekerjaan terhadap Kepuasan Kerja Pegawal di Iingkunan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabuml. Majalah lImiah Unikom. Vol 6 No. 2.

Ratna, Wijayanti. (2017). Pengaruh Iklim Organisasi, Etos Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Efektifitas Kinerja Organisasi Di Fakultas Ekonomi Unsiq Wonosobo. Jurnal. Fakultas Ekonomi Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ) Wonosobo. Jurnal PPKM II.

Reynald dan Doni. 2019. Pengaruh Pendidikan, Pengalaman Kerja, dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Pehgawai di KPN Batur. OCS AKBPSTIE.

Robbins, P.Stephen dan Timothy A. Judge. 2012. Perilaku Organisasi. Salemba Empat. Jakarta.

Sinamo, Jansen H. 2003. Etos Kerja Profesional di Era Digital Global, Ed 1. Jakarta: Institut Darma Mahardika.

Taurisa dan Ratnawati. 2012. Analisis Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Teradap Komitmen Organisasional Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi pada PT. SIdo Muncul Kaligawe Semarang). Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE) September 2020 Vol. 19 No. 2.

Timbuleng, Stela., Sumarauw, Jacky. 2015. Etos Kerja, Disiplin Krja, dan Komitmen Organisasi Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Manado. Jurnal EMBA Vol. 3 No. 2 Juni 2015.

Wirawan. 2007. Budaya dan Iklim Organisai, Teori apIikasi dan PeneIitian. Jakarta: Selemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.31294/widyacipta.v5i1.9378

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/widyacipta.v5i1.9378.g4590

Copyright (c) 2021 Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Index by:

   
  
  worldcat  
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License