Pengaruh Penggunaan Media Daring dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pada Saat Pandemik Covid-19

Mujibul Hakim, Aria Mulyapradana

Abstract


Abstrak

Riset ini memiliki maksud untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media daring dan motivasi belajar terhadap kepuasan mahasiswa pada saat pandemik Covid-19. Adanya peristiwa pandemik ini berdampak ke semua sektor salah satunya adalah pendidikan, sebelum pandemik terjadi tatap muka menjadi media dalam interaksi belajar akan tetapi saat ini beralih ke sistem dalam jaringan (daring), kegiatan daring ini berlaku seluruh tingkat pendidikan. Adapun media pembelajaran dalam jaringan sudah diterapkan sejak awal pandemik menjadi alternative dalam menyampaikan materi belajar. Dari berbagai jenis media pembelajaran yang dilakukan selama pandemik ini google classroom menjadi pilihan utama yang dipilih oleh responden. Hasil riset menunjukan bahwa variabel penggunaan media daring dan motivasi belajar memiliki nilai positif berarti semakin baik pilihan dalam penggunaan media daring dan motivasi maka mahasiswa akan merasa puas. Hasil persamaan regresi dalam riset ini adalah Y1 = 0,543 X1 + 0,189 X2 dengan nilai Adjusted R Square sebesar 0,448. Objek riset ini adalah 125 mahasiswa dari Program Studi Teknologi Informatika ITS NU Pekalongan dan Program Studi Administrasi Perkantoran Politeknik Pusmanu adapun metode riset ini adalah kuantitaif deskriptif dengan menggunakan SPSS versi 19.0. Kesimpulan dari riset ini menyatakan bahwa menunjukan penggunaan media daring mempunyai pengaruh terhadap kepuasan mahasiswa dan motivasi belajar tidak terlalu berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa.

 

Kata kunci : Covid-19, Daring, Kepuasan, Mahasiswa, Motivasi Belaja

Full Text:

PDF

References


Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1584

Mujibul, M., & Hakim, R. F. (2019). Analisis Kinerja Karyawan Studi Kasus PT. Reycom Dokumen Solusi. Jurnal Dinamika Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.34001/jdeb.v16i1.953

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i4.156

Mulyapradana, A. (2017). Upaya Peningkatan Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pada Kantor Kecamatan Pekalongan Timur. Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen.

Mulyapradana, A., Anjarini, A. D., & Harnoto, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Tempo Cabang Tegal. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah). https://doi.org/10.36778/jesya.v3i1.115

Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut. Jurnal Aksara Public, 4(2), 155–165. https://aksarapublic.com/index.php/home/article/view/417

Pujadi, A. (2007). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa : Studi Kasus Pada Fakultas Ekonomi Universitas Bunda Mulia. Business Management Journal, 3(2), 40–51. https://doi.org/10.30813/bmj.v3i2.338

Romadon, R., & Maryam, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Medi Pembelajaran Lampu Otomatis Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Fisika Listrik. SILAMPARI JURNAL PENDIDIKAN ILMU FISIKA. https://doi.org/10.31540/sjpif.v1i2.797

Setiawan, S., & Mulyapradana, A. (2018). Peran Work Motivation Sebagai Variabel Intervening Pengaruh Reward Instrinsik, Supervision Of Work & Satisfacation Of Compensation Terhadap Employee Performance. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah). https://doi.org/10.36778/jesya.v2i1.26

Setiyani, R. (2010). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Dinamika Pendidikan, V(2), 117–133. https://doi.org/10.15294/dp.v5i2.4921

Suni Astini, N. K. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452

Winangun, I. M. A. (2020). Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Digital untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Media Pembelajaran SD. Jurnal Mitra Pendidikan.




DOI: https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i2.8853

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i2.8853.g4286

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License