Efek Kepemimpinan, Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja
Abstract
Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mendapatkan jawaban secara eksplanatif berkaitan dengan : (1) impak kepemimpinan dengan kinerja organisasi, (2) impak budaya organisasi dengan kinerja organisasi, dan (3) impak variabel kepuasan kerja karyawan dengan varaibel kinerja organisasi. (4) impak antara variabel kepeimpinan, budaya organisasi dan kepuasan kerja karyawan untuk memaksimalkan kinerja organisasi di Bank BNI Cabang Sukabumi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif yang sifatnya kausalitas. Data kemudian dikumpulkan dengan menggunakan metode angket atau kuisioner yang disebar untuk 76 orang sebagai sample menggunakan metode sensus, dan menggunakan teknik wawancara. Hasil penelitian kemudian menggunakan anilisis data untuk pengujian hipotesinya melaui uji T dan uji F yang menyatakan bahwa (1) adanya pengaruh searah atau positif antara variabel kepemimpinan dengan variabel kinerja organisasi.(2). adanya pengaruh searah atau positif antara antara budaya organisasi dengan kinerja organisasi, (3) adanya adanya pengaruh searah atau positif antara varaibel kepuasan kerja karyawan dengan kinerja organisasi .(4) adanya pengaruh searah atau positif secara bersama-sama atau secara simultan memaksimalkan atau meningkatkan Kinerga Organisasi (Y) sehingga secara otomatis akan makin menaikan provitabel BNI Cabang Sukabumi.
Full Text:
PDFReferences
Ali, N., Ali, S., Ahsan, A., Rahman, W., & Kakakhel, S. J. (2014). Effects of Leadership styles on job satisfaction, organizational citizenship behavior, commitment and turnover intention (empirical study of private sector schools’ teachers). Life Sci J, 11(4), 175–183.
Ariyawan, Y. W., & Rivai, A. (2018). Influence Of Leadership Style And Organizational Culture On Organizational Performance Through Job Satisfaction In PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. The International Journal of Engineering and Science (IJES), (2010), 21–37. https://doi.org/10.9790/1813-0710032137
Eliyana, A., & Ma’arif, S. (2019). Job satisfaction and organizational commitment effect in the transformational leadership towards employee performance | Elsevier Enhanced Reader. European Research on Management and Business Economics, 25(3), 144–150. Retrieved from https://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S2444883418300196?token=FC263694411E75D1B09AEE23177BCFB36D58ACC2C078A6CD03930612B1254E085F0D1BC85717AE3C94A107AC031C17B6
Furnham, A., Eracleous, A., & Chamorro-Premuzic, T. (2009). Personality, motivation and job satisfaction: Hertzberg meets the Big Five. Journal of Managerial Psychology, 24(8), 765–779. https://doi.org/10.1108/02683940910996789
Gio, P. U., & Caraka, R. E. (2018). Pedoman Dasar Mengolah Data Dengan Program Aplikasi Statistika Statcal. Medan, Indonesia: USU Press.
Kenny, S., & S, V. K. (2019). Munich Personal RePEc Archive Employee productivity and organizational performance : A theoretical perspective, (93294), 0–10.
Liu, Y., Aungsuroch, Y., & Yunibhand, J. (2016). Job satisfaction in nursing: A concept analysis study. International Nursing Review, 63(1), 84–91. https://doi.org/10.1111/inr.12215
Luque N & Salcedo C. (2020). COVID-19 Y LAS UNIDADES DE CUIDADOS INTENSIVOS EN EL PERÚ. REVISTA DE MEDICINA INTENSIVA Y CUIDADOS CRÍTICOS, 13(1), 5.
Santis, A. S., Neto, M. T. R., & Verwaal, E. (2018). Does cultural capital matter for individual job performance? A large-scale survey of the impact of cultural, social and psychological capital on individual performance in Brazil. International Journal of Productivity and Performance Management, 67(8), 1352–1370.
Simanjuntak, P. J. (2005). Manajemen dan evaluasi kinerja. Jakarta: FE UI.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Surji, K. (2015). Understanding Leadership and Factors that Influence Leaders’ Effectiveness. European Journal of Business and Management, 7(33), 3. https://doi.org/10.7176/ejbm/7-33-2015-03
DOI: https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i2.8319
Copyright (c) 2020 eva marsusanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Index by:
Published LPPM Universitas Bina Sarana Informatika with supported by Relawan Jurnal Indonesia
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450, Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License