Analisis Pengaruh Product Assortment dan Desain Kemasan Terhadap Minat Beli Pada UMKM Di Kota Bima

iryanti wahyuni, Sri Ernawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh product assortment dan desain kemasan terhadap minat beli pada UMKM di Kota Bima. Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei pada responden dengan menyebarkan kuesioner kepada konsumen pada UMKM di Kota Bima.Populasi penelitian ini adalah konsumen UMKM di Kota Bima yang jumlahnya tidak bisa diukur dengan pasti (unknown population).Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 responden menggunakan teknik purposive sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert, yang masing-masing telah diuji dan telah memenuhi persyaratan validitas dan reliabilitas.Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji signifikansi parsial (uji t). Hasil analisis regresi linier berganda dengan SPSS versi 20 menunjukan bahwa product assortment tidak mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada UMKM di Kota Bima, dan desain kemasan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada UMKM di Kota Bima.


Full Text:

PDF

References


Amirullah. (2013). Metodologi Penelitian Manajemen. Malang: Bayumedia.

Foster Bob, 2015. Pengaruh Product Assortment dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Impulse Buying Pengunjung Trans Studio Mall (TSM) Bandung. Sosiohumaniora, Volume 17 No. 1 Hal: 56 – 59

Fure, Hendra. 2013. Lokasi, Keberagaman Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli pada Pasar Tradisional Bersehari Calaca. Jurnal EMBA, 1(3), 273-283.

Girsang Julianti Putri & Widodo Arry, 2014. Pengaruh Store Atmosphere Dan Product Assortment Terhadap Minat Beli Pada The Secret Factory Outlet Bandung . IMAGE (Jurnal Riset Manajemen). Vol No 1

Hartono, Jogiyanto. (2010). Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman. Edisi Pertama. BPFE. Yogyakarta

Juniawan Fransiskus, Sujono, Hamidah & Sylfania, 2019. Pelatihan Desain Kemasan Bagi UKM Rumah Tangga di Bangka Barat. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2019 SINDIMAS 2019 STMIK Pontianak, 29 Juli 2019

Klimchuck, Marianne R., & Krasovec, Sandra A. 2012. Packaging Design: Successful Product Branding from Concept to Shelf, Second edition. New Jersey: Wiley

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2012. Marketing Management, Edisi 14, New Jersey: Prentice-Hall Published. Kotler, Philip and Kevin

Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kotler, Philip & Gerry Armstrong, (2014): Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Mufreni, 2016. Pengaruh desain produk, bentuk kemasan dan bahan kemasan terhadap minat beli konsumen (Studi kasus the hijau serbuk tocha)Jurnal Ekonomi Manajemen Vol 2 No 2 Hal 48-54

Sugiyanto, Karima Aisyatul & Yogananti F Auria, 2017. Peningkatan Ketrampilan Pembuatan Desain Kemasan serta Pemanfaatan Media Promosi dan Pemasaran Online Pada Kube Ash-Shidiqqy dan Pik Abdussalam Jepara. Tecno.Com Vol 16 No 1 Hal 9-16

Susetyarsi . 2013. Analisis Pengaruh Strategi Desain Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Skuter Matik Yamaha Merek Mio Fino Di Kota Semarang. Jurnal Stie Semarang, VOL 5, NO 1. ISSN : 2252-7826

Utami P & Silaningsih E, 2018 . Pengaruh Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Produk Olahan Makanan Ringan. Jurnal Sosial Humaniora Vol 9 No 2 Hal: 144-158.




DOI: https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i1.7815

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i1.7815.g3868

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License