STRATEGI TAKTIK VALUE DAN KODE PROMOSI TERHADAP MOTIVASI PEMBELIAN MAKANAN SECARA ONLINE MELALUI GRAB

Ana Ramadha Yanti

Abstract


Selain mempermudah pemesanan transportasi dengan menggunakan grab, kini proses pemesanan makanan dengan menggunakan aplikasi grab telah banyak dilakukan, terutama dengan hadirnya diskon promosi yang sering diberikan oleh grab. Selama ini kebanyakan khususnya pengguna grabfood tentunya telah memahami berbagai promosi yang diberikan oleh grab. Jenis promosi yang terdapat dalam grabfood ada yang dalam bentuk potongan harga, pembelian khusus dengan pembayaran menggunakan OVO, penggunaan kode promosi dan bentu lainnya. Pada dasarnya promosi merupakan bagian dari strategi dengan tujuan untuk menarik minat pembeli. Pada penelitian ini kajian yang diteliti adalah promosi yang menggunakan kode promosi. Bentuk kode promosi digunakan pada dasarnya untuk memberikan potongan harga dari harga penjulalan. Namun mesti begitu tidak semua jenis makanan dapat menggunakan kode promosi, hanya makanan bertanda khusus yang menggunkan kode promosi. Untuk memastikan strategi taktik value dan kode promosi  terhadap motivasi pembelian makanan  secara online melalui grab. Penelitian ini menggunkan metode penelitian kuntittaif dengan menyebarkan kuesioner kepada pengguna grabfood. Hasil uji t parsial atau uji parsial permasing-masing variabel  menujukkan bahwa  dengan menggunakan SPSS menujukkan hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara strategi taktik value terhadap motivasi pembelian. Sementara itu untuk kode promosi berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap motivasi pembelian. Hasil uji F secara simultan menujukkan terdapat pengaruh antara strategi taktik value dan kode promosi  terhadap motivasi pembelian makanan  secara online melalui grab. Dengan dilakukannya penelitian ini diharapkan dapat membantu konsumen dalam berbelanja menggunakan kode promosi dari grab.


Full Text:

PDF

References


Cannon, J. P. (2009). Pemasaran Dasar. Jakarta: Salemba Empat.

Haslinda dan Jamaluddin M. (2016). Pengaruh Perencanaan Anggaran Dan Evaluasi Anggaran Terhadap Kinerja Organisasi Dengan Standar Biaya Sebagai Variabel Moderating Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo. Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban, Vol. II No.

Kurtajaya, H. (2002). Mark Plus on Strategy. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Manap, H. A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Mashadi, M. (2018). Akuntabilitas Ideal. Yogyakarta: Deepublish.

Nachrowi, Djalal Nachrowi dan Usman, H. (2004). Teknik Pengambilan Keputusan. Jakarta: Grasindo.

Payadnya, I Putu Ade Andre dan Jayantika, I. G. A. N. T. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik Dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish.

Rinaldo dan Hardi. (2016). 9 Jurus Jitu Pemasaran UKM WOW. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rukajat, A. (2018a). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Deepublish.

Rukajat, A. (2018b). Pendekatan Penelitian Kuantitatif Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish.

Subari Sri Mulyani Tri dan Ascarya. (2003). Kebijakan Sistem Pembayaran di Indonesia. Buku Kebanksentralan No.8. Jakarta: Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan (PPSK), Bank Indonesia.

Suryani dan Hendryadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Biding Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Prenadamedia Group.

Unaradjan, D. D. (2019). Unaradjan, Dominikus Dolet. Jakarta: Universitas Katolok Indonesia Atma Jaya.

www.grab.com. (2019).




DOI: https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i1.6720

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/widyacipta.v4i1.6720.g3859

 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika Jakarta

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License