Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Pengawasan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan

Rani Kurniasari, Rosdiana Novita

Abstract


Manusia adalah salah satu faktor penting, karena manusia sebagai perencana tindakan dan pelaku untuk mencapai sebuah tujuan organisasi. Memiliki sumber daya manusia yang unggul sangat menguntungkan perusahaan, karena tujuan perusahaan dapat lebih mudah dicapai.  Motivasi bekerja karyawan menjadi dasar dalam penelitian ini. Salah satu perusahaan Garmen di Sukabumi menjadi objek pada penelitian ini.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan bagaimana gaya kepemimpinan dan pengawasan kerja berdampak pada motivasi karyawan. Pendekatan analisis kuantitatif digunakan dalam penelitian ini.  Rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 5% digunakan penulis dalam teknik pengambilan sampel, menghasilkan 75 responden.  Hasil uji validitas dan reliabilitas dengan SPSS 21 dinyatakan valid dan reliabel. Temuan penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh gaya kepemimpinan, serta dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh pengawasan kerja. Hasil koefisien determinasi dari hasil pengaruh gaya kepemimpinan dan pengawasan terhadap motivasi kerja menggambarkan besarnya kontribusi variabel yang diteliti. Penelitian ini juga melakukan uji simultan.  Hasil yang diperoleh yaitu motivasi kerja dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh gaya kepemimpinan dan pengawasan kerja secara bersamaan Oleh karena itu, memiliki gaya kepemimpinan dan pengawasan kerja yang membantu dan memadai akan meningkatkan motivasi karyawan.

 

Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Pengawasan, Motivasi Kerja


Full Text:

PDF

References


Amdoni, S. A., Bustami, H. Edwin & Putra, Ade Nurma Jaya. (2021). Pengaruh Pengawasan Terhadap Peningkatan Kedisplinan Kerja Pegawai Pada Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat. Jurnal Administrasi Nusantara Mahasiswa, 3(5), 12–25.

Dewi, N. S., Rosyafah, S., Noviandari, I., Manajemen, P., Ekonomi, F., & Bhayangkara, U. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja , Stres Kerja , Pengawasan terhadap Semangat Kerja Karyawan ( Studi pada CV . Bintang Tex Indonesia- Tulangan Sidoarjo ). 1(2), 40–48.

Hidayat, M. P. . (2020). Kepemimpinan Dan Pengawasan Pendidikan (ed.)). Yayasan Pendidikan dan Sosial.

Jannah, N. A., Sazly, S., & Kartawijaya, F. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi Kerja Pada Kantor Unit PTSP Kota Administrasi Jakarta Barat. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), 9–18.

listriana, Manisah Manisah, Yusro Hakimah. (2022). Pengaruh Pengawasan Dan Budaya Kerja Terhadap Motivasi Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Kota Palembang. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 7(2), 67–75.

Lolasari, Novelly Hutabarat, (2019). Pengaruh Pengawasan, Budaya kerja dan Remunerasi Terhadap Motivasi Kerja Pegawai. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(2), 20-28.

Mangkunegara. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya.

Rahayu, I. D., Musadieq, M. Al, & Prasetya, A. (2017). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Program Kesehatan Kerja terhadap Motivasi Kerja. Jurnal Administrasi Bisnis, 43(1), 1–9.

Rahmawan, A., & Masruroh, S. (2020). Pengaruh Motivasi, Pengawasan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Pasuruan. Journal Management and Bussiness, 2(1), 35–45.

Rizal, S. M., & Radiman. (2019). Pengaruh Motivasi, Pengawasan, dan Kepemimpinan Terhadap Disiplin Kerja Pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 117–128. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i1.3649

Rompas, G. A. C., Tewal, B., & Dotulong, L. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Pengawasan, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Perhubungan Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 1978–1987.

Sitorus, Raja Maruli Tua, M. iko. (2020a). Pengaruh Komunikasi Antarpribadi Pimpinan Terhadap Motivasi (M. Silviani, Dr. Irene (ed.)). Scopindo Media Pustaka.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryandono, Widodo. (2018). Tenaga Kerja Asing: Analisis Politik Hukum. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Syukur S. Mendrofa, Samalua Waoma, Jhon Firman Fau. (2021). Jurnal Ilmiah Mahasiwa Nias Selatan Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Motivasi

Kerja Pegawai Di Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten

Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Mahasiwa Nias Selatan, 4(2), 128-134.

Taruh, Ferdinatus, M. S. (2020). Motivasi Kerja (Meniti Suara Hati Menolak Perilaku Korupsi). CV. Budi Utama.

Wardan, Khusnul, M. P. (2020). Motivasi Kerja Guru Dalam Pembelajaran. CV. Media Sains Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.31294/widyacipta.v7i1.12987

Copyright (c) 2023 Rani Kurniasari, Rosdiana - Novita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindex oleh:

 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License