Strategi Inovasi Bumdes Meningkatkan Potensi dan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat

Mukhrizal Effendi, Muhammad Taher Rambe, Rini Antika Ritonga, Riana Sitio

Abstract


Kabupaten Labuhanbatu Utara telah mengalokasikan dana Desa sejak tahun 2014 dengan harapan pembangunan semakin merata sampai ke tingkat desa. Terdapat 57 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang berstatus aktif sejak tahun 2018, namun berdasarkan jumlah tersebut posisi BUMDes rata-rata masih pada posisi cluster rintisan, dimana ditandai dengan sistem manajemen masih tradisional, SDM terbatas dan pemasaran yang belum memadai. Agar rakyat pedesaan dapat mengembangkan potensi, sehingga tidak dirugikan dan lebih diuntungkan, maka diperlukan arus balik dalam pemerataan sumber daya alam dan kebijakan. Permasalahan memilih dan menentukan jenis usaha yang akan dijalankan oleh BUMDes merupakan masalah yang harus dituntaskan. Penelitian menggunakan pendekatan campuran (mix methods) antara kualitatif dan kuantitatif dengan studi kasus sebagai strategi penelitian. Data di peroleh dari wawancara, observasi dan kuesioner. Analisis data deskriptif dengan menggabungkan analisis SWOT. Hasil menunjukkan bahwa BUMDes di Kecamatan Kualuh Selatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara tersebut secara umum sudah cukup baik, meskipun ada beberapa hal yang masih perlu dibenahi dalam hal pemilihan jenis usaha yang kurang sesuai kebutuhan masyarakat, belum memiliki sumber daya yang memadai. Peran kepala Desa dan Badan Perwakilan Desa (BPD) dan Direktur BUMDes sudah terjalin komunikasi yang baik. Keterlibatan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa sangat diperlukan untuk mensosialisasikan pendirian, rekrutmen pengelolaan BUMDes, penguatan kapasitas SDM dan pendampingan aktif BUMDes oleh SKPD terkait sebagai suatu rangkaian model.


Full Text:

PDF

References


Bafa, Hermina,.dkk. (2021). Pengaruh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Dan Profesionalisme Pengelolaan Aset Desa Terhadap Pendapatan Asli Desa Wunlah Kecamatan Wuarlabobar Kabupaten Kepulauan Tanimbar Provinsi Maluku. Invoice: Jurnal Ilmu Akuntansi. Vol. 3 No. 2.

Budiono, Puguh. (2015). Implementasi Kebijakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Di Bojonegoro (Studi di Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu dan Desa Kedungprimpen Kecamatan Kanor). Jurnal Politik Muda (JPM), Volume 4, Nomor 1, Januari-Maret 2015.

Candra, Feri Uliya. (2021). Eksistensi Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Tunggul Ulung Sebagai Sarana Penguatan Ekonomi Desa (Study di Desa Tunggul, Kecamatan Paciran Kabupaten lamongan). Jurnal Inovasi Penelitian, Vol 1 No. 9.

Dewi, Amelia Sri Kusuma. (2014). Peranan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (Pades) Serta Menumbuhkan Perekonomian Desa. Journal of Rural and Development, Vol. 5 No. 1.

Freeman. (1978). Technology and Economic Performance: Lessons from Japan; Metcalfe dalam Stoneman P. (ed), “Handbook of the Economics of Innovation and Technological Change.”

Lestari, Putri Ayu dan Aprina Nugrahesthy Sulistya Hapsari. (2019). Peran Pencapaian Tujuan Bumdes Mandiri Jaya Dalam Pengelolaan Dana Desa Sepakung Kabupaten Semarang. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, Vol. 4 No. 2.

Peraturan Pemerintah Nomor 72 tahun 2005 tentang Desa.

Rogers. E.M. (1983). Diffusion of Innovations. Third Edition. New York: The Free Press.

Porter, Michael, E. (2008). Strategi Bersaing. Tangerang: Kharisma Pulishing Group.

Sofyani, Hafiez,.dkk. (2019). Success Factors of Village-Owned Enterprises (BUMDes) Performance in Indonesia: An Exploratory Study. Journal of Accounting and Investment, vol. 20 no. 2.

Undang-undang Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Widiastuti, Harjanti.,dkk. (2019). Menakar Tata Kelola Badan Usaha Milik Desa Di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 22 No. 2.

Wulandari, Novrilia dan Intiyas Utami. (2020). Eksplorasi Mekanisme Pertanggungjawaban Badan Usaha Milik Desa. JEMAP: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, dan Perpajakan. Vol 3. No. 1.




DOI: https://doi.org/10.31294/widyacipta.v6i1.11479

Copyright (c) 2022 Rini Antika Ritonga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Terindex oleh:

 
  
 JournalStories Main logo 
 dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License