Kajian Kepuasan Pengguna Aplikasi Hadirr Pada Samga Cipta Group Menggunakan Model Delone & Mclean

Elsa Liana, Jamal Maulana Hudin, Susilawati Susilawati, Renny Oktapiani, Agung Baitul Hikmah

Abstract


Teknologi komunikasi berbasis smartphone telah mengalami pertumbuhan pesat, hal ini disebabkan oleh berbagai fitur yang dimiliki oleh smartphone, seperti Global Positioning System (GPS) dan Location Based Service (LBS) yang memungkinkan pengiriman lokasi secara cepat dan akurat. Penggunaan WIFI Router (Hotspot) juga dimanfaatkan untuk mengirimkan MAC Address dari WIFI Router (Hotspot) dalam sistem absensi berbasis smartphone, terutama pada platform Android. Hal ini memberikan bantuan signifikan bagi divisi personalia dalam tugas dan fungsi pengelolaan manajemen karyawan, khususnya dalam mengelola masalah hak cuti. Untuk meningkatkan kualitas Aplikasi Hadirr, yaitu aplikasi absen mobile, diterapkan model kepuasan DeLone & McLean 2003 dengan memperhitungkan variabel kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas pelayanan untuk menilai kepuasan pengguna dalam menggunakan aplikasi Hadirr. Penelitian ini melibatkan 78 karyawan yang menggunakan aplikasi absen mobile Hadirr. Kuesioner disebarkan secara online melalui formulir kepada responden. Hasil pengujian menunjukkan bahwa hipotesa yang diajukan, yaitu korelasi positif dan signifikan antara Kualitas sistem dan Kepuasaan pengguna, dapat diterima secara empiris. Namun, Kualitas sistem menunjukkan korelasi negatif yang belum signifikan terhadap kepuasan pengguna.

 

Communication technology based on smartphones has experienced rapid growth, This is due to the various features that smartphones possess, such as the Global Positioning System (GPS) and Location-Based Service (LBS), which enable fast and accurate location tracking. The utilization of WiFi routers (hotspots) is also employed to transmit MAC addresses from WiFi routers (hotspots) within smartphone-based attendance systems, especially on the Android platform. This provides significant assistance to the personnel division in managing employee management tasks, particularly regarding leave entitlements. To enhance the quality of the Hadirr application, a mobile attendance app, the DeLone & McLean 2003 satisfaction model is applied, taking into account system quality, information quality, and service quality variables to assess user satisfaction in using the Hadirr application. This research involves 78 employees who use the Hadirr mobile attendance application. Questionnaires are distributed online through forms to respondents. Test results indicate that the proposed hypothesis, which posits a positive and significant correlation between system quality and user satisfaction, is empirically acceptable. However, system quality exhibits a negative and non-significant correlation with user satisfaction.


 

 



References


Amrial Khoir, S., & Yudhana, A. (2020). Implementasi GPS (Global Positioning System) Pada Presensi Berbasis Android DI BMT Insan Mandiri. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI, 4, 9–17. http://tunasbangsa.ac.id/ejurnal/index.php/jsakti

Berners, & C. 2022. (2022). Laporan Pengabdian Masyarakat.

Gusti Ngurah Darma Paramartha & Wayan Aditya Suranata. (2020). undhirab,+Journal+manager,+071+Ngurah+Darma+Paramartha. 06.

Panjaitan, M., Agustin, A., Herwin, H., & Anam, M. K. (2023). Aplikasi Absensi Kerja Lembur Karyawan Berbasis Cloud Computing Sebagai Software As A Service (SAAS).

Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.36341/rabit.v8i1.2964

Salmin, H. I. S. (2021). 6904-22067-1-PB.

Sitorus, L., & Silitonga, V. (2022). Aplikasi Absensi Berbasis Android Studi Kasus Universitas Katolik Santo Thomas dengan Metode Lock GPS.

Studi, P., Administrasi, I., Konsentrasi, P., & Pembangunan, A. (2022). Strategi Pengawasan Internal Dalam.

Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).

Saleha, S. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja, Etos Kerja Dan Budaya Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Bina Marga Propinsi Sulawesi Tengah. Katalogis, 4(3).

Wahyuni, N. (2019). Efektivitas pembelajaran dengan menggunakan metode praktik untuk mata pelajaran produktif jurusan administrasi perkantoran di smk nasional makassar (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar).

Fransisca, A., & Wijoyo, H. (2020). Implementasi Metta Sutta terhadap Metode Pembelajaran di Kelas Virya Sekolah Minggu Sariputta Buddies. Jurnal Ilmu Agama dan Pendidikan Agama Buddha, 2(1), 1-12.

Novita, S., Sari, M. W., & Pratiwi, N. (2023). Pengaruh Etos Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada SMK Negeri 3 Pariaman. Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), 3(1), 505-514.

Lubis, F. S., Rahima, A. P., Umam, M. I. H., & Rizki, M. (2019). Analisis Kepuasan Pelanggan dengan Metode Servqual dan Pendekatan Structural Equation Modelling (SEM) pada Perusahaan Jasa Pengiriman Barang di Wilayah Kota Pekanbaru. SITEKIN: Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, 17(1), 25-31.

WAHYUNI, A. S. (2022). Evaluasi Keberhasilan Penerapan E- Learning Uin Suska Riau Menggunakan Model Delone Dan Mclean Dengan Pendekatan Structural

Equation Modelling (SEM) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sutan Syarif Kasim Riau).

Marliana, R. R. (2020). Partial Least Square-Structural Equation Modeling Pada Hubungan Antara Tingkat Kepuasan Mahasiswa Dan Kualitas Google Classroom Berdasarkan Metode Webqual 4.0. Jurnal Matematika, Statistika Dan Komputasi, 16(2), 174-186.

Faizah, O. A. A., Suparti, S., & Hoyyi, A. (2021). Analisis Technology Acceptance Model Pada Aplikasi Platform Shopee Dengan Pendekatan Partial Least Square (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro). Jurnal Gaussian, 10(3), 423-434.

Sari, S. H. P. (2021). Pengaruh Faktor-Faktor Psikologi Terhadap Keputusan Investasi Saham Syariah Di Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(3), 1581-1593.

Padaris, N. B., & Rachmawati, I. (2022). Pengaruh Kontrol Perilaku Pada Kemudahan Dan Keamanan Transaksi Terhadap Kepercayaan Dalam Niat Beli Di Media Sosial Instagram The. eProceedings of Management, 9(4).

Suryanto, D. (2020). Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai dengan Kompensasi sebagai Variabel Intervening. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 1(2), 98-109.

Sampurna, P. A. (2022). Pengaruh kualitas layanan, digitalisasi perbankan, dan customer relationship management terhadap loyalitas nasabah: Studi pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Soetta Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Wijaya, B. S. (2019). Analisis Pengaruh Customer Relationshipmanagement Terhadap Customer Satisfaction Serta Customer Loyalty (Studi Pada Kafe Damgo Makassar). Agora, 7(1).

Primandaru, N. (2019). Pengaruh Entrepreneurial Education, Risk Tolerance Dan Self Efficacy Terhadap Entrepreneurial Intention Pada Mahasiswa. Jurnal Bisnis & Manajemen, 19(1), 11-24.

Abubakar, K. (2018). Pengaruh Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Dan Kualitas Aparatur Pemerintah Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Ternate. Jurnal Aktiva, 1(2), 36-44.

Giusti, G., Kustono, A. S., & Effendi, R. (2018). Pengaruh partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial dengan komitmen organisasi dan motivasi sebagai variabel intervening. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 121-128.

Agustinus Suradi. (2020). 3736-15482-2-PB.

Andre Giovano, Dr. A. S. W. SE. ,M. S. , Y. Y. SE. ,M. SA. ,Ak. ,CA. (2020).admbalance,+andre+giovano.

BundaMulia, U., Michelle Putri Kentjana, N., & Nainggolan, P. (2018). National Conference of Creative Industry: Sustainable Tourism Industry for Economic Development Pengaruh Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada PT. Bank Central Asia TBK.).

Hudin, J. M., Farlina, Y., & Pribadi, D. (2019). Pengukuran Tingkat Kesuksesan Sistem Informasi Ruang Mahasiswa Pada Universitas Bsi Psdku Sukabumi Dengan Model Delone Dan Mclean. Indonesian Journal of Business Intelligence (IJUBI), 2(2), 71. https://doi.org/10.21927/ijubi.v2i2.1106

Susanto, P. C., Pahala, Y., & Setyowati, T. M. (2021). Konektivitas Pelayaran Perintis Sebagai Bagian Sistem Distribusi Logistik Dalam Mendukung Keberhasilan Tol Laut. Jurnal Transportasi, Logistik, Dan Aviasi, 1(1), 97–109. https://doi.org/10.52909/jtla.v1i1.42

Tristiyanto, D. S. (2020). 2020-Implementasi Metode Webqual Dan Customer Satisfaction Index Untuk Mengevaluasi Website Perguruan Tinggi Negeri Di Bandar Lampung.




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v11i2.17328

INDEXING

 

 

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License