Implementasi Algoritma Dijkstra Untuk Menentukan Jalur Terpendek Wilayah Pasar Minggu Dan STMIK Nusamandiri Jakarta

Supriadi Panggabean, Windu Gata, Arief Rama Syari, Siska Rahmadan, Tetra Widianto

Abstract


Banyaknya urbanisasi penduduk membuat wilayah Jakarta menjadi sangat padat. Kepadatan tersebut sangat berpengaruh dengan kemacetan lalu lintas di Jakarta. Banyak cara yang sudah dilaksanakan oleh pemerintah DKI Jakarta untuk mengatasi masalah kemacetan. Akan tetapi, kemacetan tetap saja masih terjadi. Maka sebagai pengguna jalan harus mencari cara untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satu cara yang efektif untuk digunakan adalah mencari rute alternatif terpendek yang dilalui dengan menggunakan Algoritma Dijkstra. Pemanfaatan Algoritma Dijkstra dapat digunakanan untuk menyelesaikan masalah ini karena Algoritma Dijkstra memberikan output berupa jalur terpendek dan tercepat dari dari titik awal menuju titik tujuan. Hasil pencarian rute terpendek antara kawasan Pasar Minggu dengan rute STMIK Nusa Mandiri Kramat Jakarta telah ditemukan yaitu rute ketiga dengan jarak tempuh 14,8 km.

Kata Kunci: Algoritma Dijkstra, implementasi, Rute terpendek.


References


Andayani, S., & Perwitasari, E. W. (2014). Penentuan Rute Terpendek Pengambilan Sampah di Kota Merauke Menggunakan Algoritma Dijkstra. Aeminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan (SEMANTIK).

Dewi, L. J. E. (2010). Pencarian Rute Terpendek Tempat Wisata Di Bali Dengan Menggunakan Algoritma Dijkstra. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2010 (SNATI 2010).

Dwi, Saputra, R., &Ardana. (2016). Penerapan Algoritma Dijkstra pada Aplikasi PencarianRute Bus Trans Semarang. Skripsi JurusanI lmuKomputer, Fakultas Sains Dan Matematika, Universitas Diponegoro.

Fitria, & Triansyah, A. (2013). Implementasi Algoritma Dijkstra Dalam Aplikasi Untuk Menentukan Lintasan Terpendek Jalan Darat Antar Kota Di Sumatera Bagian Selatan. Jurnal Sistem Informasi (JIS).

Lestari, S. L., Ardiansyah, A., Giovani, A. P., & Dwijayanti, D. (2020). A Dijkstra Algorithm Implementation In Determining Shortest Route To Mosque In Residential Citra Indah City. Jurnal Pilar Nusa Mandiri. https://doi.org/10.33480/pilar.v16i1.1 199

Munir, R. (2016). Algoritma Dan Pemrograman Dalam Bahasa Pascal, C, Dan C++ Edisi Keenam. Informatika. Bandung.

Novandi, R. A. D. (2013). Perbandingan Algoritma Dijkstra dan Algoritma Floyd-Warshalldalam Penentuan Lintasan Terpendek( Single Pair Shortest Path ). IF2251 Strategi Algoritmik.

Primadasa, Y. (2015). Pencarian Rute Terpendek Menggunakan Algoritma Dijkstra Pada Sig Berbasis Web Untuk Distribusi Minuman. JurnalKomTekInfoIlmuKomputer.

Satyanuraga, D. (2015). PenerapanTeori Graf Dalam Rencana Tata Ruang Kota. Makalah IF2120 Matematika Diskrit – Sem. I Tahun.

Wibowo, A. G., &Wicaksono, A. P. (2012). Rancang Bangun Aplikasi untuk Menentukan Jalur Terpendek RumahSakit di Purbalingga dengan Metode Algoritma Dijkstra. Juita.




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v9i1.9574

INDEXING

 

 

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License