PENGGUNAAN KECERDASAN BUATAN UNTUK PENYELESAIAN TEKA-TEKI KUBUS MENGGUNAKAN OPEN SOURCE COMPUTER VISION LIBRARY

rusda wajhillah, saeful bahri

Abstract


Kubus rubik merupakan sebuah permainan teka-teki kombinatorial yang memiliki dimensi yang beragam mulai dari 3x3 4x4 dan seterusnya. Permainan ini memiliki tujuan utama yaitu menyusun warna-warna yang sama dari tiap sisinya. Penyelesaian kubus rubik pada umumnya dilakukan oleh manusia atau pemain itu sendiri, namun dengan kemajuan zaman dan perkembangan teknologi khusunya teknologi kecerdasan buatan memungkinkan penyelesaian kubus rubik dilakukan oleh mesin dalam hal ini perangkat lunak yang telah ditamamkan kecerdasan buatan. Dalam penelitian ini terbukti bahwa penyelesaian teka-teki kubus rubik dapat diselesaikan secara cepat dan efisien meski dilakukan oleh pemain yang belum pernah melakukan permainan ini sekalipun.

References


Agostinelli, F., McAleer, S., Shmakov, A., & Baldi , P. (2019). Solving the Rubik’s cube with deep reinforcement learning and search. California: NAtuRe MAchiNe iNtelligeNce.

Agung, H., Jessica, & Januar, R. (2019). Implementasi Algoritma Kociemba pada Rekomendasi Penyelesaian Langkah Permainan Rubik . JUSTIN: Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, 139-147.

Akkaya, I., Andrychowicz, M., Chociej, M., Litwin, M., McGrew, B., & Petron, A. (2019). SOLVINGRUBIK’SCUBE WITH AROBOTHAND. Open Ai.com.

Culjak, I., Abram, D., Pribanic, T., Dzapo, H., & Cifrek , M. (2012). A brief introduction to OpenCV. Zagreb: MIPRO .

Gunawan, C. R., Ihsan, A., & Munawir. (2018). Optimasi Penyelesaian Permainan Rubik’s Cube Menggunakan Algoritma IDA* dan Brute Force . Infomedia, 37-42.

Nugraha, D., & Winiarti, S. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pelacakan Pada Mata Kuliah Kecerdasan Buatan Berbasis Multimedia. Jurnal Sarjana Teknik Informatika, 738-748.




DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v8i2.9193

INDEXING

 

 

 

    P-ISSN : 2355-990X                       E-ISSN: 2549-5178

                     

 

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License