Penerapan Algoritma Apriori Untuk Analisa Pola Penempatan Barang Berdasarkan Data Transaksi Penjualan
Abstract
Abstrak
Toko Berkah Baru merupakan toko penjualan berbagai barang-barang plastik dan lain-lain, toko ini memiliki kesulitan dalam penempatan barang, karena banyak jenis barang yang berada ditoko tersebut, menjadi kurang teraturnya posisi barang pada rak, yang mengakibatkan terkadang ada barang yang dicari oleh karyawan tapi malah tidak di temukan di bagian rak, yang berdampak pada kurang baik terhadap pelayanan kepada pembeli. Tujuan penelitian ini menerapkan teknik association data mining yaitu algoritma apriori yang dapat menganalisa transaksi penjualan dari data historis. Pengetahuan baru diperoleh berdasarkan hasil perhitungan algoritma yang diimplementasikan menggunakan aplikasi RapidMiner. Informasi yang didapat dari pengolahan yaitu mengetahui kecenderungan pembeli dalam melakukan pembelian barang yang digunakan untuk memberikan rekomendasi pengadaan barang dan kebijakan tata letak barang berdasarkan intensitas penjualan dalam rangka menunjang aktifitas transaksi penjualan barang. Dari hasil analisa terhadap 31 transaksi penjualan yang menggunakan nilai minimum support sebesar 6% dan minimum confidence sebesar 60% didapatkan rekomendasi tata letak barang terhadap klasifikasi penempatan barang yaitu kantong plastik → tambang, rodeo → sterofom, plastik 9x25 → karet dan plastik 11x30 → sedotan.
Kata Kunci: Apriori, Association Rules, Penempatan Barang
Abstract
The Berkah Baru shop is a shop selling various plastic goods and others, this shop has difficulty in placing goods, because many types of goods are in the shop, the position of goods on the shelves is not orderly, which results in sometimes there are items that employees are looking for. but not even found on the shelf, which has a negative impact on service to buyers. The purpose of this study is to apply association data mining technique, namely a priori algorithm that can analyze sales transactions from historical data. New knowledge is obtained based on the results of algorithm calculations implemented using the RapidMiner application. Information obtained from processing, namely knowing the tendency of buyers to make purchases of goods used to provide recommendations for procurement of goods and policies on layout of goods based on sales intensity in order to support the activity of selling goods. From the results of the analysis of 31 sales transactions using a minimum support value of 6% and a minimum confidence of 60%, a recommendation for the layout of goods on the classification of goods placement is obtained, namely plastic bag → mine, rodeo → sterofom, plastic 9x25 → rubber and plastic 11x30 → straw.
Keywords: Apriori, Association Rules, Placement of GoodsFull Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aditya, A., Marisa, F., & Purnomo, D. (2016). Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan di Toko Gudang BM. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 1(1), 1–5. https://doi.org/10.31328/jointecs.v1i1.408
Fajri, A. F. (2016). Implementasi Algoritma Apriori Dalam Menetukan Program Studi Yang Diambil Mahasiswa. Jurnal Iptek Terapan, 10(2), 81–85. https://doi.org/10.22216/jit.2016.v10i2.402
Gama, A. W. O., Putra, I. K. G. D., & Bayupati, I. P. A. (2016). Implementasi Algoritma Apriori Untuk Menemukan Frequent Itemset Dalam Keranjang Belanja. Teknologi Elektro, 15(2), 21–26. https://doi.org/10.24843/mite.1502.04
Manurung, E. mining tingkat pesanan inventaris kantor menggunakan algoritma apriori pada kepolisian daerah sumatera utara, Hasugian, P. S., Studi, P., Informatika, T., Apriori, A., & Algorithm, A. (2019). Data mining tingkat pesanan inventaris kantor menggunakan algoritma apriori pada kepolisian daerah sumatera utara. 4(2), 8–13.
Mardi, Y. (2017). Data Mining : Klasifikasi Menggunakan Algoritma C4.5. Jurnal Edik Informatika, 2(2), 213–219.
Nugraha, R. W., & Hadiansah, R. (2017). penerapan data mining pada data transaksi distribusi untuk menganalisa penempatan buku menggunakan algoritma apriori ( Studi Kasus PT . Duta Bandung ). JATI, 2, 29–36.
Saefudin, S., & Fernando, D. (2020). Penerapan Data Mining Rekomendasi Buku Menggunakan Algoritma Apriori. JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 7(1), 50. https://doi.org/10.30656/jsii.v7i1.1899
Sari, P., & Sinaga, B. (2018). Aplikasi Data Mining Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Penjualan Produk Terbesar Pada Cv. Sakura Photo. Jurnal Mantik Penusa, 22(1), 34–38. Retrieved from http://e-jurnal.pelitanusantara.ac.id/index.php/mantik/article/view/349
Thoriq Muhammad, A., & Nurhadiyono, B. (2014). Penerapan Data Mining Pada Data Transaksi Penjualan Untuk Mengatur Penempatan Barang. Universitas Dian Nuswantoro.
DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v8i2.9031
INDEXING
P-ISSN : 2355-990X E-ISSN: 2549-5178