PENERAPAN ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK MENENTUKAN POLA PEMBELIAN KONSUMEN PADA AHASS CIBADAK
Abstract
Dalam sebuah perusahaan, memperoleh laba keuntungan dan keberlanjutan kehidupan perusahaan merupakan sebuah tujuan utama. Dalam mencapai tujuannya, penjualan menjadi salah satu fungsi pemasaran yang paling penting. Semakin lama data pada transaksi penjualan akan meningkat dan termasuk seiring meningkatnya permintaan konsumen yang harus diimbangi dengan teknologi sistem informasi untuk proses penjualan dan pelaporan hasil penjualannya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pola pembelian konsumen dengan salah satu algoritma asosiasi yaitu FP-Growth dengan data transaksi penjualan di PT. Selamat Lestari Mandiri Cibadak. Data transaksi penjualan memiliki 13 atribut dan 216 catatan. Berdasarkan penelitian yang diperoleh dari hasil penjualan suku cadang, terdapat beberapa item produk yang paling banyak dijual secara simultan serta bersamaan di PT. Selamat Lestari mandiri Cibadak. Dengan algoritma FP-Growth untuk menganalisa pola pembelian konsumen sangat bermanfaat bagi perusahaan, karena PT. Selamat Lestari Mandiri Cibadak akan mengetahui suku cadang mana yang banyak dibeli secara simultan serta bersamaan dan membantu dalam pemesanan suku cadang pada kantor pusat.
Full Text:
PDFReferences
Elwani. (2017). PENENTUAN ATURAN ASOSIASI PADA TRANSAKSI PEMINJAMAN BUKU MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH . Jurnal Informatika, Manajemen Dan Komputer, 15-25.
Fajrin, A. A., & Maulana, A. (2018). PENERAPAN DATA MINING UNTUK ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN DENGAN ALGORITMA FPGROWTH PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN SPARE PART MOTOR . Kumpulan jurnaL Ilmu Komputer (KLIK) , 27-36.
Fauzy, M., Saleh W, K. R., & Asror, I. (2016). PENERAPAN METODE ASSOCIATION RULE MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA SIMULASI PREDIKSI HUJAN WILAYAH KOTA BANDUNG . Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan , 221-227.
Firman, C. E. (2017). PENENTUAN POLA YANG SERING MUNCUL UNTUK PENJUALAN PUPUK MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH . Jurnal Informatika, Manajemen dan Komputer, 1-8.
Ghozali, M. I., Ehwan, R. Z., & Sugiharto, W. H. (2017). ANALISA POLA BELANJA MENGGUNAKAN ALGORITMA FP GROWTH, SELF ORGANIZING MAP (SOM) DAN K MEDOIDS . Jurnal Simetris, 317-326.
Gunadi, G., & Sensuse, D. I. (2012). PENERAPAN METODE DATA MINING MARKET BASKET ANALYSIS TERHADAP DATA PENJUALAN PRODUK BUKU DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI DAN FREQUENT PATTERN GROWTH (FP-GROWTH) : STUDI KASUS PERCETAKAN PT. GRAMEDIA . Jurnal TELEMATIKA MKOM, 118-132.
Idayani, R., Sutardi, & Muchlos, N. F. (2017). PERANCANGAN APLIKASI DATA WAREHOUSE MENGGUNAKAN METODE FP-GROWTH UNTUK MEMPREDIKSI PENJUALAN ALAT-ALAT KESEHATAN (STUDI KASUS : APOTEK KIMIA FARMA KOREM) . Semantik, 81-94.
Junaidi, A. (2019). Implementasi Algoritma Apriori dan FP-Growth Untuk Menentukan Persediaan Barang. Jurnal SISFOKOM, 61-67.
Kadafi, M. (2018). Penerapan Algoritma FP-GROWTH untuk Menemukan Pola Peminjaman Buku Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang . Jurnal Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi, 52-58.
Larose, D. T., & Larose, C. D. (2015). Data Mining and Predictive Analytics. Canada: Simultaneously.
Mahmudah, R. R., & Aribowo, E. (2014). PENGGUNAAN ALGORITMA FP-GROWTH UNTUK MENEMUKAN ATURAN ASOSIASI PADA DATA TRANSAKSI PENJUALAN OBAT DI APOTEK (Studi Kasus : APOTEK UAD) . Jurnal Sarjana Teknik Informatika , 130-129.
Rusdiaman, D., & Setiyono, A. (2018). ALGORITMA FP-GROWTH DALAM PENEMPATAN LOKASI BARANG DI GUDANG PT. XYZ . Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer, 63-70.
Singh, S. (2010). Advanced Sampling Theory with Applications. London: Kluwer Academic Publishers.
Sukrawan, P. G., Arifin, M., & Nurcahyawati, V. (2016). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PEMASARAN DAN PENJUALAN RUMAH PADA PT.SAMI KARYA BERBASIS WEB . Jsika, 1-5.
Suryono. (2019, April 02). Laporan Bagian Penjualan dan Sejarah Perusahaan. (Danil, Interviewer)
DOI: https://doi.org/10.31294/swabumi.v8i2.8077
INDEXING
P-ISSN : 2355-990X E-ISSN: 2549-5178